Kamis, 17 Mei 2012

Yuk... Berpikir Positif


BERPIKIR POSITIF = HARUS !!!

Sikap mencerminkan kepribadian seseorang, dan pikiran memberi peran yang besar terhadap sikap seseorang. Sikap positif  membantu dalam  mengatasi masalah kehidupan sehari-hari. Sebuah pikiran yang positif dapat membantu untuk mengatasi situasi stres dan dapat mengubah hidup menjadi jauh lebih baik.
Berpikir positif, ajakan yang tak lagi asing di telinga kita. Terlebih saat kita mengikuti seminar-seminar motivasi. Saat teman, sahabat, keluarga, senior menasihati kita saat kita sedang dalam masalah.
Sebenarnya, apa itu berpikir positif, dan mengapa kalimat itu begitu sering digunakan?
Berpikir positif merupakan sikap mental yang melibatkan proses memasukan pikiran-pikiran, kata-kata, dan gambaran-gambaran yang konstruktif (membangun) bagi perkembangan pikiran anda. Pikiran positif menghadirkan kebahagiaan, sukacita, kesehatan, serta kesuksesan dalam setiap situasi dan tindakan anda. Apapun yang pikiran anda harapkan, pikiran positif akan mewujudkannya
Ajakan  untuk berpikir positif sangat bermanfaat dan diterima banyak pihak, seperti yang dapat dilihat dari banyaknya jumlah buku, seminar, kuliah, dan kursus mengenai berpikir positif. Manfaat dari berpikir positif diantaranya :
1. Mengatasi stres : Berpikir positif membantu mengganti pikiran pesimis menjadi optimis, mengurangi kecemasan dan mengurangi stres.
2. Menjadi lebih sehat : Pikiran kita secara langsung mempengaruhi tubuh dan bagaimana cara bekerjanya. Ketika berpikir positif, akan membawa kita pada ketenangan, kepercayaan dan kedamaian. Dan ini berarti Anda tidak mengalami gangguan saat tidur, tidak merasakan ketegangan otot, kecemasan, dan kelelahan.
3. Percaya diri : Dengan berpikir positif, maka Anda lebih percaya diri dan tidak untuk mencoba menjadi orang lain. Kita berjalan tegak dan suara kita lebih berwibawa.
4. Bisa mengambil keputusan yang benar.
5. Meningkatkan fokus : Menggunakan pikiran positif membantu Anda lebih fokus saat menghadapi masalah.
6. Bisa mengatur waktu lebih baik : Dengan meningkatnya fokus serta kemampuan membuat keputusan yang lebih baik, Anda akan lebih terorganisir.
7. Lebih sukses dalam hidup : Sikap positif tak hanya bisa meningkatkan fokus Anda dan lebih bisa mengatur waktu dengan baik tetapi mengarahkan Anda pada kebahagian dan keberhasilan saat mengubah hidup Anda.
8. Memiliki banyak teman : Ketika berpikir positif, Anda akan menarik perhatian orang-orang dan ketika orang-orang tersebut dekat dengan Anda mereka akan merasa nyaman.
9. Menjadi pemberani :  Menjadi pemikir positif menghilangkan rasa takut.
10. Hidup lebih bahagiaJika Anda memiliki semangat berpikir positif, Anda selalu berorientasi hidup bahagia, damai, tawa, kesehatan yang baik dan kesuksesan finansial.

Jika kita memiliki pikiran yang positif, pikiran tersebut akan menghasilkan perasaan-perasaan yang positif, gambaran-gambaran yang konstruktif, semangat untuk selalu optimis dan kita akan melihat dalam mata pikiran kita apa yang kita inginkan. Hal ini akan memberikan pencerahan, lebih banyak kekuatan, dan kebahagiaan. Diri anda juga akan memancarkan kebaikan, kebahagiaan, dan kesuksesan

Kemudian, apa hubungan berpikir positif dengan berwirausaha?
Memupuk kebiasaan berpikir positif merupakan hal penting dalam menumbuhkan jiwa wirausaha. Sebagaimana diketahui bahwa tak seorangpun pebisnis sukses di dunia ini yang tidak pernah gagal. Disamping profesional, memiliki etos kerja dan dedikasi yang tinggi, mereka juga selalu mampu bangkit ketika mengalami kegagalan. Bila kita selalu dapat berpikir positif, tentu saja kita juga mampu menjadikan setiap kegagalan sebagai motivasi untuk terus bergerak maju.
Ada banyak manfaat dari berpikir positif. Jadi, tunggu apa lagi? Ubah pola pikir negatif kita sekarang juga demi hidup kita yang lebih baik. (Enitya Banyu Bening/12121341/ 12.1C.24)
Sumber :
3. Buku “MANAJEMEN WIRAUSAHA” Bp. Ais Zakiyudin

Tidak ada komentar: