Rabu, 30 Mei 2012

Manajemen Menurut T.H.Handoko


1)T. H. Handoko (1995)
mengemukakan bahwa: “Manajemen adalah proses perencanaan,pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha paraanggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasilainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan”.

Elemen Fungsi

a.Perencanaan (planning)

adalah pemilihan atau penetapan tujuan organisasidan penentuan strategi, kebijaksanaan, proyek, program, prosedur, metode,sistem, anggaran dan standar yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan.

 b.Pengorganisasian(organizing )

T. Hani Handoko mengemukakan tiga langkah dalam proses pengorganisasian, yaitu : (a) pemerincian seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan untuk mencapai tujuan organisasi;(b) pembagian beban pekerjaan total menjadi kegiatan-kegiatan yang logik dapatdilaksanakan oleh satu orang; dan (c) pengadaan dan pengembangan suatu mekanismeuntuk mengkoordinasikan pekerjaan para anggota menjadi kesatuan yang terpadu danharmonis.

c.Penyusunan Personalia

berarti perekrutan sumber daya – sumber daya manusia dalamorganisasi ( bawahan ) atau staffing dalam suatu organisasi.

d.Pengarahan

berarti bahwa para manajer mengarahkan, memimpin dan mengaruhi para bawahan. Manajer tidak melakukan semua kegiatan sendiri, tetapi menyelesaikan tugas – tugas esensial melalui orang – orang lain.

e.Pengawasan

berarti manajer berupaya untuk menjamin bahwa organisasi bergerak kearahtujuan – tujuannya. Bila beberapa bagian organisasi ada pada jalur yang salah, manajer harus membetulkannya.Dengan kata lain “Pengawasan manajemen adalah suatu usaha sistematik untuk menetapkan standar pelaksanaan dengan tujuan – tujuan perencanaan, merancanakan
informasi umpan balik, membandingkan kegiatan nyata dengan standar yang telahditetapkan sebelumnya, menentukan dan mengukur”Proses pengawasan memiliki lima tahapan, yaitu :(a) penetapan standar pelaksanaan(b) penentuan pengukuran pelaksanaan kegiatan(c) pengukuran pelaksanaan kegiatan nyata(d) pembandingan pelaksanaan kegiatan dengan standar dan penganalisaan penyimpangan- penyimpangan(e) pengambilan tindakan koreksi, bila diperlukan.
Elemen Sasaran
Anggota Sasaran ( bawahan ) berarti anggota atau sumber daya – sumber daya yang ada dalamorganisasi itu sendiri. Biasanya di bawahi manajer atau pemimpin dalam organisasi itu sendiri.
Elemen Tujuan
Tujuan Organisasi berarti atasan atau manajer berusaha untuk merencanakan, mengorganisir,merekrut staff atau anggota, mengarahkan dan mengawasi anggota organisasi atau bawahanuntuk mencapai suatu tujuan organisasi tersebut

Menurut
TH Handoko
:manajemen melibatkan pencapaian ³tujuan ± tujuan organisasi yangtelah ditetapkan ³(state goals)artinya bekerja dengan orang ± orang untuk menentukan,mngintpretasikan dan mencapai tujuan ± tujuan organisasi dengan

P ««««PLANNING««««.PERENCANAAN

O ««««ORGANIZING«««..PENGORGANISASIAN

S ««««.STAFFING«««««..PENYUSUNAN PERSONALIA

D ««««.DIRECTING««««..PENGARAHAN

C«««««CONTROLLING««.PENGAWASAN

L«««««.LEADING«««««.KEPEMIMPINAN

(CEPY APRIANTO/12113530/12.2F.14)

Tidak ada komentar: