1)T. H. Handoko (1995)
mengemukakan bahwa: “Manajemen adalah proses perencanaan,pengorganisasian,
pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha paraanggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber
daya organisasilainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan”.
Elemen Fungsi
a.Perencanaan (planning)
adalah
pemilihan atau penetapan tujuan organisasidan
penentuan strategi, kebijaksanaan, proyek, program, prosedur, metode,sistem, anggaran dan standar yang dibutuhkan
untuk mencapai tujuan.
b.Pengorganisasian(organizing )
T. Hani Handoko mengemukakan tiga langkah dalam proses pengorganisasian,
yaitu : (a) pemerincian
seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan untuk mencapai tujuan organisasi;(b) pembagian beban pekerjaan total menjadi kegiatan-kegiatan
yang logik dapatdilaksanakan oleh
satu orang; dan (c) pengadaan dan pengembangan suatu mekanismeuntuk mengkoordinasikan pekerjaan para anggota
menjadi kesatuan yang terpadu danharmonis.
c.Penyusunan Personalia
berarti perekrutan sumber daya – sumber daya manusia dalamorganisasi ( bawahan ) atau staffing
dalam suatu organisasi.
d.Pengarahan
berarti bahwa para manajer mengarahkan, memimpin dan mengaruhi
para bawahan. Manajer tidak melakukan semua kegiatan sendiri, tetapi
menyelesaikan tugas – tugas esensial melalui orang – orang lain.
e.Pengawasan
berarti
manajer berupaya untuk menjamin bahwa organisasi bergerak kearahtujuan – tujuannya. Bila beberapa bagian
organisasi ada pada jalur yang salah, manajer harus membetulkannya.Dengan kata lain “Pengawasan manajemen adalah
suatu usaha sistematik untuk menetapkan
standar pelaksanaan dengan tujuan – tujuan perencanaan, merancanakan
informasi umpan balik, membandingkan kegiatan nyata dengan standar yang
telahditetapkan
sebelumnya, menentukan dan mengukur”Proses pengawasan memiliki lima tahapan,
yaitu :(a) penetapan standar pelaksanaan(b) penentuan pengukuran pelaksanaan
kegiatan(c) pengukuran pelaksanaan kegiatan nyata(d) pembandingan pelaksanaan
kegiatan dengan standar dan penganalisaan penyimpangan- penyimpangan(e)
pengambilan tindakan koreksi, bila diperlukan.
Elemen Sasaran
Anggota
Sasaran ( bawahan ) berarti anggota atau sumber daya – sumber daya yang ada
dalamorganisasi itu sendiri. Biasanya di bawahi manajer atau pemimpin dalam
organisasi itu sendiri.
Elemen Tujuan
Tujuan Organisasi berarti atasan atau manajer berusaha untuk merencanakan,
mengorganisir,merekrut staff atau anggota, mengarahkan dan mengawasi anggota
organisasi atau bawahanuntuk
mencapai suatu tujuan organisasi tersebut
Menurut
TH Handoko
:manajemen
melibatkan pencapaian ³tujuan ± tujuan organisasi yangtelah ditetapkan ³(state
goals)artinya bekerja dengan orang ± orang
untuk menentukan,mngintpretasikan dan mencapai tujuan ± tujuan organisasi
dengan
P ««««PLANNING««««.PERENCANAAN
O ««««ORGANIZING«««..PENGORGANISASIAN
S ««««.STAFFING«««««..PENYUSUNAN PERSONALIA
D ««««.DIRECTING««««..PENGARAHAN
C«««««CONTROLLING««.PENGAWASAN
L«««««.LEADING«««««.KEPEMIMPINAN
(CEPY APRIANTO/12113530/12.2F.14)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar