Minggu, 27 Mei 2012

Untuk Apa Sistem Informasi Diperlukan?


Sistem informasi manajemen atau yang sering kita sebut SIM sangat dibutuhkan sekarang ini,banyak perusahaan (organisasi) bertumbuh besar dan dengan struktur yang sangat komplek akan semakin rumit pula dalam pendistribusian informasi.
Untuk memperbaiki aliran informasi itulah diperlukan sebuah sistem informasi manajeman yang mengatur semua informasi yang ada. 
SIM dapat sangat membantu memperkuat organisasi, tapi dapat juga sebaliknya. Dalam mengelola informasi , terutama pada masa sekarang ini, kita dibantu oleh komputer,karena pengolahan informasi harus cepat,teliti dan professional.  Sistem informasi tidak selalu melibatkan komputer. Persoalannya bukan mengenai dipakai atau tidaknya komputer, tetapi dititikberatkan pada bagaimana berbagai proses yang berlangsung akan dikomputerisasikan. Sehingga timbulah sistem informasi berbasis komputer. Sistem informasi berbasis komputer adalah sistem informasi yang lat bantunya menggunakan komputer untuk efektivitas sistem atau organisasi. Pada sistem informasi berbasis komputer, subyek utama dari sistem tetaplah manusia yang mengetahui dengan tepat kebutuhan informasi, dan mengambil keputusan, bukanlah komputernya, yang hanya sebagai subsistemnya saja.
Beberapa manfaat atau fungsi sistem informasi antara lain adalah sebagai berikut :
1.       Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya prantara sistem informasi.
2.      Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
3.      Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
4.      Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
5.      Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
6.      Mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru.
7.      Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.
8.      Organisasi menggunakan sistem informasi untuk mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.
9.      Bank menggunakan sistem informasi untuk mengolah cek-cek nasabah dan membuat berbagai laporan rekening koran dan transaksi yang terjadi.
10.    Pencarian data
11.     Penginformasian data kepada user (dapat berupa report text, dalam bentuk tabel, atau dalam bentuk grafik)
12.    Penyimpanan data (Ikah Mudrikah/11.2C.14/11111403)

Tidak ada komentar: