Minggu, 20 Mei 2012

PILIHAN PALING RIIL ADALAH BERWIRAUSAHA
Jiwa wirausaha merupakan sesuatu yang langka dan tidak dimiliki semua orang. Berwirausaha memerlukan keberanian dan tekad yang kuat serta halangan yang tidak mudah. Harus ada semangat dan komitmen yang kuat serta siap bersusah payah di awal untuk menuai kebahagiaan di akhir. Kemauan tekad yang kuat merupakan modal utama dalam membangun sebuah usaha.
Ada beberapa alasan mengapa entrepreneur menjadi pilihan paling riil adalah :
1.      MERDEKA SACARA FINANSIAL
2.      MERDEKA WAKTU
3.      MEWUJUDKAN CITA-CITA HIDUP
    Kewirausahaan dapat membuka lapangan pekerjaan yang  membantu perekonomian negri,mengatasi kemiskinan dan pengangguran,serta membangun kesejahteraan dalam suatu generasi. Menurut david McClelland,suatu Negara akan menjadi makmur,sekurang-kurangnya memiliki 2  persen entrepreneur. Sebagai perbandingan amerika serikat pada tahun 2007 memiliki 11,5 persen entrepreneur. Singapura pada tahun 2005 memiliki 7,5 persen entrepreneur.  Sementara Indonesia hanya memiliki 0,18 persen atau sekitar 400.000 entrepreneur. Oleh karena itu perlu di tingkatkan jiwa entrepreneur dalam Negara kita.
Sebenarnya berwirausaha itu tidak sulit. Hanyalah masalah pengambilan keputusan. Yang perlu diperhatikan dalam berwirausaha adalah perubahan mental. Selain secara mental berubah,gaya hidup dan cara pandang terhadap masa depan pun akan mengalami perubahan. Beberapa hal yang bisa didapatkan ketika menjadi wirausaha adalah:
1.      Kebebasan Finansial
2.      Kemandirian
3.      Galeri kreativitas
4.      Popularitas
Memang menjadi wirausaha memang menjanjikan banyak hal. Kekayaan dan kebebasan adalah segelintir nikmat menjadi wirausaha. Di luar itu, banyak nikmat lain yang bisa dicapai oleh wirausaha.
Berikut 10 kenikmatan menjadi wirausaha yang mandiri:
1.Kerja keras. Kerja keras itu nikmat. Karena hasil yang didapat merupakan buah dari keringat tangan sendiri
2.Atur waktu. Waktu merupakan aset penting bagi wirausahawan. Oleh karena itu, pengelolaan waktu yang baik sangat vital bagi wirausahawan.
3.Menikmati resiko. Resiko adalah tantangan yang dinikmati sebagai wirausaha.
4.Belajar melayani. Pelayanan adalah salah satu kunci keberhasilan sebuah usaha. Sebagai wirausaha, anda dituntut mampu melayani orang lain sebaik-baiknya.
5.Belajar melihat dari sisi berbeda. Sebagai pengusaha mandiri, bukan sebatas melihat dari sisi pengusaha seperti menghitung sisi biaya atau cost, namun juga tak bisa mengabaikan sisi konsumen seperti bagaimana mereka memandang produk anda, seberapa baik jasa/produk anda mampu melayani konsumen.
6.Menginspirasi.Semangat wirausaha menghidupkan harapan bahwa hari esok lebih baik dari hari ini. Bukan hanya bagi orang lain, menjadi wirausaha juga bisa menginspirasi diri sendiri.
7.Berbagi. Menjadi wirausaha yang mandiri berarti anda lebih punya kesempatan untuk berbagi dengan orang-orang yang tak seberuntung anda. Penghasilan besar yang anda dapatkan merupakan titipan yang harus juga diberikan pada orang-orang yang membutuhkan.        
8.Ikut menyejahterakan orang lain. Menjadi wirausaha berarti membuka lapangan kerja baru.
9.Penghasilan sesuai keinginan. Dengan memilih jalan wirausaha, artinya anda sudah menetapkan diri untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan. Tak ada slip gaji, tapi penghasilan yang anda terima merupakan hasil dari kerja keras dan nikmat Tuhan.
10.Atur strategi.Strategi bisnis harus di atur.  strategi bisnis untuk melakukan ini-itu agar bisnisnya bertambah menjulang.
Nama: CATUR EKO WAHYUDI
KELAS:12.1C.24
NIM:12121894

SUMBER: JOKO SUSILO.COM

Tidak ada komentar: