Merencanakan Anggaran Bisnis
Anggaran
merupakan alat penting untuk perencanaan dan pengendalian jangka pendek yang
efektif dalam organisasi. Suatu anggaran beroperasi biasanya meliputi waktu
satu tahun dan menyatakan pendapatan dan beban yang direncanakan untuk tahun
ini. Biasanya anggaran bisnis ini sering digunakan oleh orang-orang dengan
sebaik mungkin dan sumber daya yang terbaik dengan kualifikasi yang terbaik
yang sesuai dengna karakter perusahaan itu sendiri, dalam hal ini kita harus
terlebih dulu memahami hal-hal yang masuk kedalam rencana anggaran kita.
Dasar-dasar yang harus dimasukan kedalam rencana anggaran kita anggaran untuk
mencapai tujuan dan petunjuk untuk memeriksa dan petunjuk untuk memeriksa dan
mengkomunikasikan rencana tersebut.
1.
Organisasi
Departemen Anggaran dan Komite
Anggaran
Departemen anggaran biasanya melapor
ke kontroler korporat, menangani arus informasi dari sistem pengendalian
manajemen. Komite anggaran terdiri dari anggota-anggota manajemen senior,
seperti Chief Executive Officer (CEO), Chief Operating Officer (COO), dan Chief
Financial Officer (CFO). Komite tersebut meninjau dan menyetujui atau
menyesuaikan masing-masing anggaran.
2.
Penerbitan Pedoman
Langkah pertama dalam proses
penyusunan anggaran adalah mengembangkan pedoman yang mengatur penyusunan
anggaran, untuk disebarkan ke semua manajer. Pedoman ini adalah yang dinyatakan
secara implisit dalam rencana strategis dan dimodifikasi sesuai dengan
perkembangan yang telah terjadi semenjak disetujui, khususnya kinerja
perusahaan sampai tanggal tersebut dan prediksi terakhir.
3.
Usulan Awal Anggaran
Menggunakan pedoman tersebut,
manajer pusat tanggung jawab, dibantu dengan stafnya, mengembangkan permintaan
anggaran, Karena sebagian besar pusat tanggung jawab akan memulai tahun
anggaran dengan fasilitas, karyawan, dan sumber daya lain yang sama seperti
yang mereka miliki saat ini, maka anggaran ini didasarkan pada tingkatan yang
ada, yang dikemudian dimodifikasi sesuai dengan pedoman.
4.
Negosiasi
Pembuat anggaran mendiskusikan
usulan anggaran dengan atasannya. Ini merupakan inti dari proses tersebut.
Alasan cenderung untuk menilai validitas dari tiap penyesuaian
5.
Tinjauan dan Persetujuan
Usulan anggaran diajukan melalui
beberapa tingkatan yang berjenjang dalam organisasi. Ketika usulan tersebut
mencapai puncak dari unit bisnis, analis mengumpulkan potongan-potongan
tersebut bersama-sama dan memeriksa totalnya. Sebagian, analisis mempelajari
konsistensi-misalnya, Persetujuan terakhir direkomendasikan oleh komite
anggaran kepada CEO. CEO juga menyerahkan anggaran yang telah disetujui
kepada dewan direksi untuk disahkan. Hal ini terjadi pada bulan Desember, tepat
sebelum awal tahun anggaran.
Sumber : ( manajemen biaya ‘Ais
Zakiyudin’ dan ‘blog : Ayu Wasini’ )
(" nama : Monalisa, 11103842, 11.4A.14")
Tidak ada komentar:
Posting Komentar