Setiap
perusahaan memiliki manajemen yang memegang berbagai peranan penting yang
menentukan keberhasilan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan untuk
diwujudkan bersama. Ada banyak peran yang harus dimainkan / diperankan para
manajer secara seimbang sehingga diperlukan orang-orang yang tepat untuk
menjalankan peran-peran tersebut.
Manajemen yang
baik haruslah berperan sesuai dengan situasi dan kondisi pada perusahaan atau
organisasi. Manajemen yang tidak bisa menjalankan peran sesuai tuntutan
perusahaan dapat membawa kegagalan.
Berikut ini
adalah Peranan Manajemen yang harus diperankan para Manajer
1. Peran Interpersonal
Yaitu hubungan
antara manajer dengan orang yang ada di sekelilingnya, meliputi ;
- Figurehead(Pemimpin
Simbol) : Sebagai simbol dalam
acara-acara perusahaan.
- Leader (Pemimpin)
: Menjadi pemimpin yag memberi motivasi para karyawan / bawahan serta mengatasi
permasalahan yang muncul.
- Liaison (Penghubung)
: Menjadi penghubung dengan pihak internal maupun eksternal.
2. Peran Informasi
Adalah peran
dalam mengatur informasi yang dimiliki baik yang berasal dari dalam maupun luar
organisasi, meliputi ;
- Monitor (Pemantau)
: Mengawasi, memantau, mengikuti, mengumpulkan dan merekam kejadian atau
peristiwa yang terjadi baik didapat secara langsung maupun tidak langsung.
- Disseminator
(Penyebar) : Menyampaikan informasi kepada pihak bawahan
- Spokeperson
(Juru Bicara) : Meneruskan informasi kepada pihak lain yang berada di luar
organisasi yang bersangkutan.
3. Peran Pengambil Keputusan
Adalah peran dalam membuat keputusan baik yang ditentukan sendiri
maupun yang dihasilkan bersama pihak lain, meliputi ;
- Entrepreneur (Kewirausahaan) : Membuat ide dan kreasi yang kreatif
dan inovatif untuk meningkatkan kinerja unit kerja.
- Disturbance Handler (Penyelesai Permasalahan) : Mencari jalan keluar
dan solusi terbaik dari setiap persoalan yang timbul dan gangguan-gangguan yang
ada.
- Resource Allicator (Pengalokasi Sumber Daya) : Menentukan siapa yang
menerima sumber daya serta besar sumber dayanya.
- Negotiator (Negosiator) : Melakukan merundingkan dengan pihak dalam
dan luar untuk kepentingan unit kerja atau perusahaan dan juga sebagai
perantara untuk menghadapi berbagai macam orang dan kelompok-kelompok orang.
Selain itu juga yang harus di ingat bahwa semua manajer paling tidak
melakukan 5 fungsi manajemen yaitu merancang, mengorganisasi, memerintah,
mengkoordinasi dan mengendalikan. (12114122 /EKA YANTI /12.2A.14)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar