Nama : Sri Ani
Kelas : 11.4a.14
Nim : 11103815 / Entreprenuer
PERANAN
LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA
Sekolah
merupakan tempat kita menimba ilmu secara formal, dari sekolah juga kita diajarkan
untuk bisa menjadi seorang siswa yang mempunyai jiwa yang berdedikasi tinggi. Selain
dari lingkungan, sekolah mempunyai peranan penting dalam menumbuhkan
pembentukan karakter atau kepribadian seorang siswa lewat peranan dari seorang
guru.Pada lingukangan sekolah guru mempunyai peranan penting dalam membuat anak
agar bisa menjadi seorang yang mempunyai jiwa Entreprenuer / wirausaha. Maka dari itu, seorang guru harus kreatif
dalam mengajar dan memberikan arahan kepada para siswa.
Memberikan kesempatan untuk para
siswa mempunyai pemikiran yang inovatif dan berfikir alternatif. Memberikan
pendidikan bagi siswa adalah hal yang paling utama dan rumah merupakan sekolah
utama, dan orang tua merupakan guru utama bagi anak. Memberikan pendidikan
Entreprenuer semenjak dini itu sangat dianjurkan, karena bisa mengajari siswa
untuk menjadi mandiri semenjak dini. Membangun sifat keterbukaan antara orang
tua dan anak,karena biasanya anak itu tidak memiliki sifat terbuka dengan orang
tua, berbicara dari hati ke hati hal yang penting dan sebagai orang tua harus
menghargai setiap hal yang telah dilakukan anak.
Menumbuhkan sifat wirausaha pada
diri anak memerlukan latihan secara bertahap. Latihan wirausaha ini bukanlan
sesuatu yang rumit,bisa berbentuk sederhana dan merupakan bagian dari
keseharian anak, seperti halnya :
1. Mengajarkan
anak untuk bertanggung jawab
Ketika anak melakukan suatu kesalahan
kepada teman, anjurkan untuk meminta maaf dan mengajarkan untuk saling
menyayangi satu sama lain. Dan memberi pengertian bahwa kebersamaan itu indah
2. Mengajarkan
anak untuk mampu mengelola uang
Berikan pengarahan kepada anak tentang
penggunaan uang, uang hanya boleh digunakan untuk keperluan yang dibutuhkan
saja, sehingga anak akan menjauhi sikap konsumtif.
3. Mengajarkan
anak untuk berbisnis
Sejak dini jiwa wirausah harus
ditanamkan. Inti dari wirausaha adalah bagaimana menanamkan cara untuk berusaha
memecahkan permasalahan dan bertanggung jawab penuh atas setiap apa yang dilakukannya.Memberi pelajaran
kepada anak bagaimana mengargai hasil keringat sendiri, dengan cara menabung
uang hasil kerjanya. Ide untuk memasukkan aspek kewirausahaan di sekolah dan
perguruan tinggi merupaka hal yang tidak bisa ditawar lagi, sebab kemampuan
wirausaha membuat seseorang bisa mandiri, bahkan bisa menciptkan lapangan
kerja.
Dengan menjadikan kewirausahaan ini
sebagai bagian dari pembelajaran, membantu para guru untuk mengintegrasikan
beberapa mata pelajaran dan membuat pembelajaran dikelas bermakna.Ada beberapa kegiatan
yang bisa dilakukan dalam menanamkan jiwa wirausaha di sekolah, antara lain:
a. Merencanakan
sebuah acara dimana siswa bisa belajar berdagang dan berbisnis
b. Produk
yang dijual sedapat mungkin yang sesuai dengan minat konsumen yang datang
c. Mata
dagangannya bisa makanan, alat tulis, mainan atau apa saja tentunya dengan
persetujuan guru
d. Membuat
siswa menggunakan keteramnpilan matematiknya dengan belajar membuat jadwal atau
menghitung takaran saat menjual produknya
e. Di
kelas besar kita juga bisa memasukkan pelajaran membuat riwayat hidup atau
membuat lamaran kerja
Jiwa
dan semangat kewirausahaan memainkan peranan penting dalam dunia bisnisn dan
ekonomi dewasa ini, Apalagi belakangan ini elemenen pemerintahan dan
intelektual sangat menekankan pentinya jiwa kewirausahaan di kalangan
mahasiswa. Semangat kewirausahaan perlu dibangun sejak dini sebagai pondasi di
masa depan agar lapangan kerja semakin terbuka lebar dengan iklim bisnis yang
penuh dengan inovasi.
Memberi
bekal Kewirausahaan pada Mahasiswa
Jiwa Kewirausahaan yang dibangun sekarang ini akan
dirasakan manfaatnya pada masa mendatang, dengan semangat yang dipersiapkan
ini, mahasiswa diharapkan dapat menciptakan sendiri lapangan kerjanya.Semangat
untuk menciptakan ini harus dilengkapi pula dengan inovasi-inovasi yang
bermanfaat, sehingga nantinya dunia usaha akan dapat bersaing dan memberikan
iklim investasi yang baik untuk investor.Kemasan pelajaran kewirausahaan juga
harus menarik minat peserta didik, sehingga mereka merasa senang
mempelajarinya, tidak ada paksaan dalam kondisi hati yang senang.
Belajar
Kewirausahaan kepada para Praktisi
Hal utama yang
perlu dikemukakan adalah bagaimana para pengusaha itu berhasil dengan memulai
usaha dari nol besar. Bukan hanya memamerkan kekayaan atau hasil usahanya,seorang
pengusaha sukses itu paling tidak akan merangsang anak untuk meniru atau
meneladaninya. Jika memungkinkan, anak juga diikutkan dalam kegiatan magangg
kerja suatu usaha. Dengan tujuan selain memperkenalkan anak pada kondisi usaha
riil, mereka juga bisa melihat langsung praktek dari teori-teori yang telah
diperolehnya.
Pada akhirnya kewirausahaan
merupakan pondasi ampuh bagi bangsa untuk menghadapi krisis global, maupun
peningkatan angka pengangguran. Pendidikan kewirausahaan yang ditanamkan melalui
keluarga dan pendidikan formal telah
berjalan efektif, sebesar apapun krisis keuangan akan dihadapi dengan kepala
dingin. Karena masyarakat telah terbiasa
memecahkan problem dengan strategi cepat dan tepat.
Berwirausaha
Pilihan paling Riil
Menjadi pengusaha atau berwirausaha
menjadi trend masa depan dan sudah menjadi pilihan hidup banyak orang. Hal ini
dikarenakan menjadi pengusaha dianggap lebih prospektif untuk meraih kebebasan
waktu dan keuangan. Namu berwirausaha juga memerlukan pengetahuan, kecakapan,serta
pengalaman, yang harus dimulai sejak dini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar