Minggu, 20 Mei 2012

Peranan keluarga dalam menumbuhkan jiwa wirausaha


Tanggung jawab keluarga yang memainkan peranan penting dalam menghasilkan keputusan untuk memulai usaha sendiri, dan keluarga sangat menunjang dalam memulai usaha karena ada berbagai faktor penting di dalamnya.
Wirausaha merupakan suatu usaha yang dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan membutuhkan banyak kreativitas rasa tanggung  jawab dan kreativitas dapat ditumbuhkan sedini mungkin sejak anak mulai berinteraksi dengan orang dewasa.
Orang tua adalah pihak yang bertanggung jawab penuh dalam proses ini. Anak harus diajarkan untuk memotivasi diri untuk bekerja keras, diberi kesempatan untuk bertanggung jawab atas apa yang dilakukan.
Menumbuhkan jiwa wirausaha tidak dapat dilakukan hana dalam waktu yang relatif singkat, terburu-buru apalagi tanpa perencnaan yang baik dan matang. Karena disamping menumbuhkan jiwa wirausaha bagi orang yang sudah dewasa, ternyata akan lebih efektif apabila jiwa wirausaha sudah ditanamkan sejak usia dini, dan orang tua atau keluargalah yang berperan penting dalam hal ini.
Jika orang tua atau keluarga mengajarkan jiwa wirausaha sejak dini dengan cara yang menyenangkan dan di sukai anak-anak tersebut, maka akan tumbuh semangat untuk berwirausaha dalam jiwa anak tersebut, peran keluarga salah satu faktor penting penunjang wirausaha.
Untuk menjadi seorang wirausaha harus lah cerdas, memiliki mental yang baik, memiliki jiwa pantang mundur, kreatif, rajin, memiliki semangat, pandai menyelesaikan masalah, dalam menumbuhkan tersebut orang tualah yang harus berperan penting dalam melaksanakannya dan mengajarkannya sejak dini agar terbiasa dan bisa menjadi wirausah sukses.

Nama : Dewi Fitriyani
NIM   : 12121052

Kelas : 12 1.A 14

Tidak ada komentar: