Jumat, 18 Mei 2012


KOMPETENSI WIRAUSAHA
Seorang yang ingin berwirausaha haruslah memiliki persyaratan-persyaratan tertentu sebagai modal dasar agar ia dapat disebut sebagai seorang wirausahawan diantaranya adalah :
1.      Memiliki ide yang  jelas dan fokus terhadap tujuan
2.      Kemauan dan komitmen yang tidak mudah tergoyahkan
3.      Selalu berani untuk memulai sesuatu
Sedangkan mengenai kecukupan modal, tenaga dan pemikiran merupakan variabel yang bersifat relatif tergantung ide dan komitmen wirausaha tersebut.
Menurut Casson sebagaimana dikutip oleh Yuyun Wirasasmita (1993:3) mengenai beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan, yaitu :
·         Self knowledge. Yaitu memiliki pengetahuan tentang usaha yang akan dilakukan atau ditekuninya.
·         Imagination. Yaitu memiliki imajinasi, ide dan perspektif serta tidak mengendalikan pada sukses di masa yang lalu.
·       Practical skill. Yaitu memiliki pengetahuan praktis, misalnya pengetahuan teknik, desain,prosesing, pembukuan, administrasi dan pemasaran.
·         Search skill. Yaitu kemampuan untuk menemukan, berkreasi dan berimajinasi.
·         Foresight. Yaitu berpandangan jauh ke depan.
·         Compution skill. Yaitu kemampuan berhitung dan kemampuan memprediksi keadaan masa yang akan datang.
·         Communication skill. Yaitu kemampuan untuk berkomunikasi, bergaul dan berhubungan dengan orang lain.
Norman M.Scarborough (1993) mengungkapkan bahwa kompetensi kewirausahaan yang diperlukan sebagai syarat-syarat bisnis, meliputi :
1.      Proaktif. Selalu ada inisiatif dan tegas dalam melaksanakan tugas.
2.      Berorientasi pada prestasi atau kemajuan.
3.      Komitmen terhadap perusahaan atau orang lain.
Sedangkan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang wirausahaan menurut Dan & Bradstreet Business Credit Service (1993:1) adalah :
1.      Knowing Your Business, yaitu harus mengetahui usaha apa yang akan dilakukan.
2.      Knowing The Basic Business Management, yaitu mengetahui dasar-dasarr pengelolaan bisnis.
3. Having The Proper Attitude, yaitu memiliki sikap yang sempurna terhadap usaha yang dilakukannya.
4.      Having Adequate Capital, yaitu memiliki modalyang cukup.
5.   Managing Finances Effetivelly, yaitu memiliki kemampuan mengatur atau mengelola keuangan secara efektif dan efisien.
6.      Managing Time Effectivelly, yaitu kemampuan mengatur waktu seefisien mungkin.
7.  Managinng people, yaitu kemampuan merencanakan, mengatur, mengarahkan, menggerakkan (memotivasi dan mengendalikan orang-orang dalam menjalankan perusahaan.
8.   Satisfying customer by Providing High Quality Product, yaitu memberi kepuasan kepada pelanggan dengan cara memyediakan barang dan jasa yang bermutu, bermanfaat dan memuaskan.
9.   Knowing How to Competence, yaitu mengetahui strategi/cara bersaing. Wirausaha harus dapat mengungkap kekuatan (strenght),  kelemahan (weaks), peluang (opportunty), dan ancaman (threat), dirinya dan pesaing. Dia harus menggunakan analisis SWOT sebaik terhadap dirinya dan terhadap pesaing.
10.  Copying  with Regulation and Paperwork. Yait membuat aturan atau pedoman yang jelas dan tertulis.
Menurut Kuriloff, John M Jr dan Douglas Cloud (1993:8) ada 4 kemampuan utama yang diperlukan untuk mencapai pengalaman yang seimbang agar kewirausahaan berhasil, diantaranya adalah :
1.  Technical Competence, yaitu memiliki kompetensi dalam bidang rancang bangun (know-how) sesuai bentuk usaha yang dipilih.
2.    Marketing competence, yaitu memiliki kompetensi dalam menemukan pasar yang cocok, mengidentifikasi pelanggan dan menjaga kelangsungan hidup perusahaan.
3.     Financial kompetence, yaitu memiliki kompetensi dalam bidang keuangan, mengatur pembelian, penjualan, pembukuan dan perhitungan rugi/laba.
4. Human relation competence yaitu kompetensi dalam mengembangkan hubungan personal, seperti kemampuan berelasi dan menjalin kemitraan antar perusahaan.

Sumber   :Manajemen wirausaha, Aiz Zakiyudin

Nama   : Ita Uswatun Hasanah
NIM    : 11103767
Kelas   : 11.4A.14

Tidak ada komentar: