Selasa, 19 Juni 2012

Alat Pengendalian Manajemen

Alat-alat pengendalian manajemen ada tiga macam. Diantaranya yaitu:
1. Akuntansi dan anggaran perusahaan
2. Statistik
3. Computer dan pengolahan data
Dalam tulisan ini saya akan membahas alat pengendalian manajemen yaitu statistik . masalah-masalah ekonomi dapat dipelajari dengan baik melalui prosedur statistik. Statistik memegang peranan penting dalam bidang bisnis. Dengan bantuan statistik, para manajer dapat menafsirkan bermacam-macam data yang sering bahkan selalu dihadapinya. Seperti data upah, harga, penjualan, produksi, laba, rugi dan sebagainya.
Statistik adalah pengumpulan, penganalisaan, penafsiran, dan presentasi informasi dalam bentuk angka.
Seperti akuntansi statistik juga dapat dikatakan sebagai bahasa bisnis. Setiap manajer perusahaan paling tidak mengetahui konsep dasar dan istilah-istilah yang digunakan dalam akuntansi.
Fungsi statistik bagi perusahaan
Statistik dapat membantu manajemen dalam pengambilan keputusan . manfaat yang dapat diambil manajemen dari statistik ialah:
• Penghematan waktu
• Megabaikan pekrjaan yang tidak perlu
• Dapat mengartikan sejumlah besar data
• Untuk membuat ramalan
Statistic dapat digunakan secra efektif dalam setiap bagian yang terdapat pada perusahaan. Bidang-bidang bisnis yang memerlukan teknik statistik diantaranya yaitu:
v Bidang personalia
Dengan statistik, manajer personalia dapat mengetahui upah rata-rata dari seluruh karyawan perusahaan, dapat mengukur hasil ujian karyawan dan merumuskan suatu penilaian untuk promosi karyawan
v Bidang pemasaran
Manajer pemasaran dapt mengetahui apakah konsumen menyukai produk baru yang dikembangkannya (dengan melalui survey). Dengan statistik tersebut ,dapt diadakn penilaian tentang survey penjualan, studi penawaran dan permintaan, dan daerah penjualan baru.
v Bidang produksi
Statistik dapat dipakai oleh manajer produksi untuk memeriksa ribuan suku cadang dengan hanya mengambil beberapa sampel saja. Selain itu juga dapat dilakukan pengawasan kualitas dan studi waktu.
v Bidang akuntansi
Statistik dapat digunakan untuk menghitung penyusutan aktiva tetap secara matematis, dan mempersiapkan sejumlah persediaan agar dapat selalu menyesuaikan dengan perubahan situasi (misalnya perubahan harga).
v Bidang keuangan
Di bidang keuangan, statistik dapat dipakai untuk menghitung rasio-rasio dan tingkay bunga, serta dipakai untuk meramalkan perkembangan ekonomi >>
JONI ZULKARNAEN/12118396/12.2A.14

Tidak ada komentar: