Menurut Kotler (2000 : 4) “pemasaran adalah sebagai suatu proses
sosial dan manajerial dimana seseorang atau kelompok memperoleh apa yang mereka
butuhkan dan usahakan melalui penciptaan, pertukaran yang dapat memenuhi
kebutuhan, keinginan dan permintaan seseorang atau kelompok”. Sedangkan
menurut Sofyan Assauri (2004 : 5) “pemasaran adalah kegiatan manusia yang
diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran”.
Dan menurut William J. Stanton dalam Basu Swasta (1998:179),” pemasaran adalah
suatu sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan,
menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa untuk
memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial”. Selain
itu menurut Philip Kotler (2001), “pemasaran adalah kegiatan manusia yang
bertujuan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia melalui proses pertukaran”.
Menurut W.Y Staton “Pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang
berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan
mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan
kebutuhan pembeli aktual maupun potensial”. Pemasaran berhubungan dengan mengidentifikasi dan memenuhi
kebutuhan manusia dan masyarakat. Salah satu definisi yang paling pendek
mengenai pemasaran adalah “memenuhi kebutuhan secara menguntungkan.
Pengertian
tersebut dapat memberikan gambaran bahwa pemasaran merupakan proses pertemuan
antara individu dan kelomok dimana masing¬masing pihak ingin mendapatkan apa
yang mereka butuhkan atau iginkan melalui proses menciptakan, menawarkan, dan
pertukaran. Selain itu, pemasaran sebagai suatu sistem dari kegiatan yang
saling berhubungan satu dan yang lainnya, yang ditujukan untuk merencanakan,
menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang atau jasa kepada
pembeli secara individual maupun kelompok pembeli. Kegiatan tersebut beroperasi
dalam suatu lingkungan yang dibatasi sumber dari perusahaan,
peraturan¬peraturan, maupun konsekuensi sosial perusahaan.
Dalam menjalankan kegiatan pemasarannya suatu
perusahaan melakukan pengkoordinasian agar tujuan dan sasaran yang diharapkan
dalam bidang pemasaran khususnya dan perusahaan umumnya dapat tercapai secara
etektif dan efisien. Pemasaran merupakan setiap aktifitas dalam rangka mengenalkan
produk dan menjualnya pada pasar tertentu.(Inayu/11103870/11.4A.14)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar