Minggu, 27 Mei 2012

Pengertian Sistem

Sistem adalah suatu kesatuan prosedur atau komponen yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya bekerja sama sesuai dengan aturan yang di terapkan sehingga membentu suatu tujuan yang sama.Dimana dalam sebuah sistem  terjadi satu bagian saja yang tidak bekerja atau rusak maka suatu tujuan bisa terjadi kesalahan hasilnya atau outputnya.
sedangkan menurut Gordon B.Davis sistem itu adalah seperangkat unsur-unsur yang terdiri dari manusia,alat,konsep dan prosedur yang di himpun menjadi satu untuk maksud dan tujuan bersama.
Pendapat lain pun di kemukakan oleh Raymond Mc.Leod bahwa sistem ialah sekelompok elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan.
Jadi apabila kita mengambil contoh dari sistem, maka kita dapat mengamati sebuah perangkat elekronik misalnya televisi. Jika satu komponen elektronik ada yang tidak berfungsi maka hasil keluaran siaran dan gambar yang di hasilkan tidak sesuai dengan yang di inginkan dan berbeda.
Bila kita membuat suatu program aplikasi maka sistem bekerja pun harus terstruktur dengan jelas sesuai algoritma sistem yang berlaku.jika kita membuat program dengan sistem  pengulangan yang keliru maka hasil keluarannya pun eror.
Dan suatu sistem mempunyai karakteristik sistem yang di sebut karakterristik sistem, yaitu:
- Mempunyai komponen yang saling terinteraksi dan bekerja sama.
- Memiliki Boundary atau batasan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem lainnya.
- Adanya Enviroments yaitu di luar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem.
- Memiliki Interface / penghubung anatar subsistem.
- Input / masukan ke dalam sistem.
- Output / keluaran yang di olah dan di klasifikasikan menjadi keluaran.
- Proses yaitu suatu sistem yang dapat mempunyai pengolah yang akan masukan menjadi keluaran.
- Objective and Goal / sasaran dan tujuan , suatu sistem juga mempunyai tujuan dan sasaran.Sasaran dari sistem sangat menentukan masukan ynag dibutuhkan sistem dari keluaran yang di hasilkan sistem.
Jadi sistem itu harus memiliki Input ==> Proses ==> Output.
(WIDYASTUTI  PRATIWI/1111277/11.2A.14)

Tidak ada komentar: