Sabtu, 26 Mei 2012

Perencanaan Anggaran Bisnis

Perencanaan : Cara untuk penetapan tujuan serta bagaimana cara untuk mencapai tujuan.Rencana operasional kegiatan yang titetapkan untuk waktu jangka pendek : operasional harian
Rencana stratejik yang titetapkan untuk waktu jangka panjang : stratejik
pengembangan usaha
Perencanaan bisnis :
Dokumen tertulis yang menerangkan tentang bisnis yang akan dijalankan, dan bagaimana rencana pemasaran, produksi, SDM, keuangan serta analisis resiko dan hasil.
Pengguna :
1. Inverstor atau Bank
profittabilitas
2. Konsultan
pengembangan produk
3. Suplier
4. Konsumen
ekspektasi produk
Factor –faktor yang perlu diperhatikan dalam membuat perencanaan bisnis :
1. Tujuan usaha
komitmen kesungguhan
2. Komitmen dalam m
enjalankan usaha
3. Batasan waktu
Manfaat perencanaan bisnis :
1. Dapat mendekati asumsi kebenaran
2. Membandingkan hasil dengan rencana
3. Alat komunikasi untuk meyakinkan pihak lain
4. Wirausaha dapat berfikir kritis dan objektif
Informasi yang dibutuhkan dalam membuat perencanaan bisnis :
1. Informasi keuangan
Modal usaha
sendiri dan pinjaman
2. Informasi pasar
Melihat besarnya permintaan, bagaimana saluran distribusi, konsumen potensial
3. Informasi produksi
Bahan baku, teknologi dan SDM
Sumber ide dalam membentuk usaha :
1. Budaya individu
life style
2. Rekan kerja
teman yang kreatif atau punya keahlian
3. Keluarga
bisnis keluarga
4. Guru atau penelitian
5. Pemasaran (permintaan dan ditribusi barang)
6. Keuanga
n menentukan ide
7. Pemerintah
PP, kebijakan
Tahapan perencanaan usaha dan pengembangan produk :
1. Ide atau gagasan
2. Konsep
perencanaan bisnis
3. Pengembangan produk
4. Uji pemasaran
launching mengunakan alat promosi
5. Komersialisasi
penjualan
Proses pengembangan usaha dilakukan dengan :
1. Akuisisi, dilakukan dengan memperhatikan :
- Evaluasi perusahaan
- Kerjasama yang dilakukan
- Aspek hukum
- Kemampuan manajemen
- Sengketa pengambilalihan
Marketing Plan :
Rencana pemasaran menggambarkan bagian-bagian penting dari rencana bisnis untuk usaha baru yang terpusat pada kegiatan-kegiatan pelaksanaan usaha dan hubungannya dengan marketing mix.
Rencana pemasaran merupakan strategi utama yang akan dijalankan dalam tiga tahun pertama suatu usaha baru, dan rencana pemasaran harus diduking oleh riset pasar dan analisis lingkungan.
(YUDI FEBRIYANTO/12120507/12.1B.14)

Tidak ada komentar: