Sabtu, 16 Juni 2012

“PIRANTI LUNAK YANG USER FRIENDLY”

Piranti Lunak yang User Friendly merupakan Piranti lunak yang sederhana dan penggunanya intuitif sehingga mudah digunakan pengguna (User Friendly).
Aplikasi yang User Friendly bukan berarti semua orang dapat menggunakannya, namun lebih kepada fakta bahwa aplikasi tersebut dibuat dengan seksama sehingga berbagai bakat  & keahlian yang dimiliki oleh pengguna yang luas dapat diakomodasi.
Beberapa perangkat lunak aplikasi dasar diantaranya adalah Browser, Pengolah Kata,
Lembar kerja, Pengolah Grafik, Game, Sistem manajemen, dll.
Saat ini sangat banyak perangkat lunak aplikasi yang diluncurkan dan diperbarui. Semakin lama pengguna perangkat lunak aplikasi akan semakin mudah (User Friendly). Sebagai contoh Piranti Lunak yang User Friendly yaitu Zahir Accounting.

ZAHIR ACCOUNTING
Pengenalan Zahir Accounting V.5.1.11
Zahir Accounting adalah software akuntansi sederhana dan user friendly yang digunakan untuk membuat Laporan keuangan, mempunyai fasilitas Integrated & berdaya saing tinggi dilengkapi dengan analisa laporan. Zahir Accounting dapat digunakan untuk setiap jenis usaha atau industri seperti perdagangan dan distribusi, ritel, jasa, kontraktor, manufaktur, dan organisasi profit maupun non profit. Mengelola persediaan dengan mudah. Seluruh laporan keuangan dibuat otomatis, dilengkapi analisa dan grafik interaktif untuk pengambilan keputusan bisnis.
  Zahir Versi 5.1.11 secara inovatif menggabungkan software akuntansi financial dengan software manajemen financial (Sebagai Decision Support System). Mudah digunakan tanpa harus mempelajari teori akuntansi dan dapat membantu mengambil keputusan bisnis dengan cepat dan akurat.
Berikut ini Jurnal Transaksi yang terdapat dalam Zahir Accounting V.5.1.11 :
1)      Jurnal Penjualan untuk menginput transaksi penjualan baik secara tunai maupun kredit.
2)      Jurnal Pembelian untuk menginput transaksi pembelian baik secara tunai maupun kredit.
3)      Jurnal Kas Masuk untuk menginput transaksi penerimaaan kas.
4)      Jurnal Kas Keluar untuk menginput transaksi pengeluaran kas.
5)      Jurnal Pembayaran Piutang untuk menginput transaksi penerimaan  kas yang berasal dari pembayaran piutang dari Customer.
6)      Jurnal Pembayaran Hutang untuk menginput transaksi pengeluaran kas yang digunakan untuk pembayaran hutang kepada Supplier.
7)      Jurnal Pengembalian Kelebihan Pembayaran Piutang  untuk menginput transaksi pengembalian kelebihan pembayaran piutang.
8)      Jurnal Penerimaan Kelebihan Pembayaran Hutang untuk menginput transaksi penerimaan kelebihan pembayaran hutang yang dibayarkan kepada supplier.
9)      Jurnal Penyesuaian Persediaan untuk menginput transaksi penyesuaian persediaan, seperti: Penggunaan Bahan Baku menjadi Harga Pokok Penjualan.
10)  Jurnal Pemindahan Barang untuk menginput transaksi pemindahan persediaan, seperti : Transaksi penggunaan bahan baku menjadi bahan jadi.
11)  Jurnal Umum untuk menginput transaksi yang tidak memiliki jurnal tersendiri. Seperti : Transaksi Adjusting
12)  Transfer Kas untuk membuat jurnal pemindahan kas dari satu akun kas ke akun kas lainnya dengan menggunakan jurnal umum.
13)  Stock Opname untuk membuat jurnal penyesuaian persediaan saat melakukan penghitungan saldo persediaan tiap akhir bulan.
Modul dan Fasilitas yang ada di Zahir Accounting V.5.1.11 :
                                                   I.            Modul Data
Digunakan untuk membuat data master di suatu data kerja Zahir Accounting.



M
Fasilitas yang ada di Modul Data
                                                II.            Modul Buku Besar
Digunakan untuk melakukan transaksi jurnal umum, membuat daftar akun, dan membuka buku besar per akun. Untuk menampilkannnya Klik Buku Besar.


Fasilitas yang ada di Modul Buku Besar

                                             III.            Modul Penjualan
Digunakan untuk mencatat transaksi pengeluaran barang/jasa untuk customer. Untuk menampilkannya Klik Penjualan.
Fasilitas yang ada di Modul Penjualan
                                              IV.            Modul Pembelian
Digunakan untuk mencatat penerimaan barang /jasa dari supplier/vendor, baik secara tunai maupun kredit. Untuk menampilkannya klik Pembelian.


                                                V.            Modul Kas dan Bank
Digunakan untuk transaksi yang berkaitan dengan rekening kas /bank. Seperti transfer antar rekening kas/bank. Untuk menampilkanya klik kas & Bank.


                                              VI.            Modul Persediaan
Digunakan untuk mengelola persediaan sebagai aktiva perusahaan. Untuk menampilkanya klik Persediaan.

Proses Persediaan juga berkaitan dengan penerimaan barang yang ada di modul pembelian dan pengiriman barang yang ada di modul penjualan. Setiap ada penjualan yang akan menyebabkan barang keluar, secara otomatis Zahir akan membentuk Jurnal Penyesuaian persediaan berdasarkan metode yang digunakan.
                                           VII.            Modul Laporan
Digunakan Untuk melihat Semua laporan hasil penginputan modul-modul sebelumnya . Untuk menampilkanya Klik Modul Laporan.

Fasilitas yang ada di modul Laporan.
Berikut ini langkah-langkah quick setup untuk perusahaan dagang :
I. Setup Awal dan Pengisian Saldo Awal
Untuk perusahaan dagang, yang pertama-tama dilakukan adalah :
  1. Buat satuan barang yang anda gunakan melalui modul  Data-data>Satuan Pengukuran>Baru
  2. Siapkan data master barang, input data tersebut melalui modul Data-data>Data Produk>Baru
  3. Siapkan data master alamat (Pelanggan, Supplier, Karyawan dan Rekan), input melalui modul Data-data>Data Alamat>Baru
  4. Siapkan rincian Saldo Awal Akun (Harta + Kewajiban = Modal). Mis : Modal 10jt, 8jt untuk pembelian barang dagang, aktiva tetap dll, kemudian sisanya dialokasikan di bank/kas. Input melalui modul Setting>Saldo Awal>Saldo Awal Akun
  5. Siapkan rincian Saldo Awal Barang (jika sebelumnya anda sdh memiliki stok barang). Input melalui Setting>Saldo Awal>Saldo Awal Persediaan.
  6. Siapkan rincian Saldo Awal Piutang (jika sebelumnya anda sdh memiliki piutang pelanggan). Input melalui Setting>Saldo Awal>Saldo Awal Piutang.
  7. Siapkan rincian Saldo Awal Hutang (jika sebelumnya anda sdh memiliki hutang kpd supplier). Input melalui Setting>Saldo Awal>Saldo Awal Hutang.
Jika langkah-langkah diatas telah dijalankan, periksa kembali hasil inputan awal anda. Jika Saldo Awal (Saldo Awal Persediaan, Piutang dan Hutang) telah digunakan dlm transaksi, maka Saldo Awal sudah tidak dapat diedit kembali.
II. Input Transaksi
Zahir Accounting telah menyediakan modul-modul penginputan secara terpisah.
  1. Input Penjualan & Pembayaran Piutang. Klik modul Penjualan>Input Penjualan atau Klik modul Penjualan>Pembayaran Piutang
  2. Input Pembelian & Pembayaran Hutang. Klik modul Pembelian>Input Pembelian atau Klik modul Pembelian>Pembayaran Hutang
  3. Pengeluaran Operasional (Biaya Bensin, Transport, Listrik, Sewa Gedung dll). Klik modul Kas & Bank> Kas Keluar/Kas Masuk
  4. Penyesuaian Barang (hilang atau rusak). Klik Persediaan>Pemakaian/Penyesuaian Barang.
  5. Stok Opname. Klik Persediaan>Stok Opname
III. Laporan
Untuk melihat laporan data awal yg telah anda input, klik Laporan. Pilih laporan yg anda inginkan. Seperti Laporan :
  1. Neraca. Klik Laporan>Laporan Keuangan>Balance Sheet – Standard
  2. Kartu Stok. Klik Laporan>Barang/Persediaan>Inventory Ledger By Location
  3. Kartu Piutang. Klik Laporan>Piutang Usaha>Customer Balance Default Currency
  4. Kartu Hutang. Klik Laporan>Hutang Usaha>Vendor Balance Default Currency 
  5. (Siti Nurjanah / 1111 3899 / 11.2A.14)

Tidak ada komentar: