Piranti Lunak
yang User Friendly merupakan Piranti
lunak yang sederhana dan penggunanya intuitif sehingga mudah digunakan pengguna
(User Friendly).
Aplikasi yang User Friendly bukan berarti semua orang
dapat menggunakannya, namun lebih kepada fakta bahwa aplikasi tersebut dibuat
dengan seksama sehingga berbagai bakat
& keahlian yang dimiliki oleh pengguna yang luas dapat diakomodasi.
Beberapa perangkat lunak
aplikasi dasar diantaranya adalah Browser, Pengolah Kata,
Lembar kerja, Pengolah
Grafik, Game, Sistem manajemen, dll.
Saat ini
sangat banyak perangkat lunak aplikasi yang diluncurkan dan diperbarui. Semakin
lama pengguna perangkat lunak aplikasi akan semakin mudah (User Friendly). Sebagai contoh Piranti Lunak yang User Friendly yaitu Zahir Accounting.
ZAHIR ACCOUNTING
Pengenalan Zahir Accounting V.5.1.11
Zahir Accounting adalah software
akuntansi sederhana dan user friendly yang
digunakan untuk membuat Laporan keuangan, mempunyai fasilitas Integrated &
berdaya saing tinggi dilengkapi dengan analisa laporan. Zahir Accounting dapat
digunakan untuk setiap jenis
usaha atau industri seperti
perdagangan dan distribusi, ritel,
jasa, kontraktor, manufaktur, dan organisasi profit maupun non profit. Mengelola persediaan dengan mudah. Seluruh laporan keuangan dibuat otomatis,
dilengkapi analisa dan grafik interaktif untuk pengambilan keputusan bisnis.
Zahir
Versi 5.1.11 secara inovatif menggabungkan software akuntansi financial dengan
software manajemen financial (Sebagai Decision Support System). Mudah digunakan
tanpa harus mempelajari teori akuntansi dan dapat membantu mengambil keputusan
bisnis dengan cepat dan akurat.
Berikut
ini Jurnal Transaksi yang terdapat dalam Zahir Accounting V.5.1.11 :
1)
Jurnal Penjualan untuk menginput
transaksi penjualan baik secara tunai maupun kredit.
2)
Jurnal Pembelian untuk menginput
transaksi pembelian baik secara tunai maupun kredit.
3)
Jurnal Kas Masuk untuk menginput
transaksi penerimaaan kas.
4)
Jurnal Kas Keluar untuk menginput
transaksi pengeluaran kas.
5)
Jurnal Pembayaran Piutang untuk menginput
transaksi penerimaan kas yang berasal
dari pembayaran piutang dari Customer.
6)
Jurnal Pembayaran Hutang untuk menginput
transaksi pengeluaran kas yang digunakan untuk pembayaran hutang kepada
Supplier.
7)
Jurnal Pengembalian
Kelebihan Pembayaran Piutang untuk menginput transaksi pengembalian
kelebihan pembayaran piutang.
8)
Jurnal Penerimaan
Kelebihan Pembayaran Hutang
untuk menginput transaksi penerimaan kelebihan pembayaran hutang yang
dibayarkan kepada supplier.
9)
Jurnal Penyesuaian
Persediaan untuk
menginput transaksi penyesuaian persediaan, seperti: Penggunaan Bahan Baku
menjadi Harga Pokok Penjualan.
10)
Jurnal Pemindahan Barang untuk menginput
transaksi pemindahan persediaan, seperti : Transaksi penggunaan bahan baku
menjadi bahan jadi.
11)
Jurnal Umum untuk menginput
transaksi yang tidak memiliki jurnal tersendiri. Seperti : Transaksi Adjusting
12)
Transfer Kas untuk membuat jurnal
pemindahan kas dari satu akun kas ke akun kas lainnya dengan menggunakan jurnal
umum.
13)
Stock Opname untuk membuat jurnal
penyesuaian persediaan saat melakukan penghitungan saldo persediaan tiap akhir
bulan.
Modul dan Fasilitas
yang ada di Zahir Accounting V.5.1.11 :
I.
Modul Data
Digunakan
untuk membuat data master di suatu data kerja Zahir Accounting.
M
|
Fasilitas yang ada di
Modul Data
II.
Modul Buku Besar
Digunakan
untuk melakukan transaksi jurnal umum, membuat daftar akun, dan membuka buku
besar per akun. Untuk menampilkannnya Klik Buku Besar.
Fasilitas yang ada di
Modul Buku Besar
III.
Modul Penjualan
Digunakan
untuk mencatat transaksi pengeluaran barang/jasa untuk customer. Untuk
menampilkannya Klik Penjualan.
Fasilitas
yang ada di Modul Penjualan
IV.
Modul
Pembelian
Digunakan
untuk mencatat penerimaan barang /jasa dari supplier/vendor, baik secara tunai
maupun kredit. Untuk menampilkannya klik Pembelian.
V.
Modul
Kas dan Bank
Digunakan
untuk transaksi yang berkaitan dengan rekening kas /bank. Seperti transfer
antar rekening kas/bank. Untuk menampilkanya klik kas & Bank.
VI.
Modul
Persediaan
Digunakan
untuk mengelola persediaan sebagai aktiva perusahaan. Untuk menampilkanya klik
Persediaan.
Proses
Persediaan juga berkaitan dengan penerimaan barang yang ada di modul pembelian
dan pengiriman barang yang ada di modul penjualan. Setiap ada penjualan yang
akan menyebabkan barang keluar, secara otomatis Zahir akan membentuk Jurnal
Penyesuaian persediaan berdasarkan metode yang digunakan.
VII.
Modul
Laporan
Digunakan
Untuk melihat Semua laporan hasil penginputan modul-modul sebelumnya . Untuk
menampilkanya Klik Modul Laporan.
Fasilitas
yang ada di modul Laporan.
Berikut ini langkah-langkah quick setup untuk
perusahaan dagang :
I. Setup Awal dan Pengisian Saldo Awal
Untuk
perusahaan dagang, yang pertama-tama dilakukan adalah :
- Buat satuan barang yang anda gunakan melalui modul Data-data>Satuan Pengukuran>Baru
- Siapkan data master barang, input data tersebut melalui modul Data-data>Data Produk>Baru
- Siapkan data master alamat (Pelanggan, Supplier, Karyawan dan Rekan), input melalui modul Data-data>Data Alamat>Baru
- Siapkan rincian Saldo Awal Akun (Harta + Kewajiban = Modal). Mis : Modal 10jt, 8jt untuk pembelian barang dagang, aktiva tetap dll, kemudian sisanya dialokasikan di bank/kas. Input melalui modul Setting>Saldo Awal>Saldo Awal Akun
- Siapkan rincian Saldo Awal Barang (jika sebelumnya anda sdh memiliki stok barang). Input melalui Setting>Saldo Awal>Saldo Awal Persediaan.
- Siapkan rincian Saldo Awal Piutang (jika sebelumnya anda sdh memiliki piutang pelanggan). Input melalui Setting>Saldo Awal>Saldo Awal Piutang.
- Siapkan rincian Saldo Awal Hutang (jika sebelumnya anda sdh memiliki hutang kpd supplier). Input melalui Setting>Saldo Awal>Saldo Awal Hutang.
Jika
langkah-langkah diatas telah dijalankan, periksa kembali hasil inputan awal
anda. Jika Saldo Awal (Saldo Awal Persediaan, Piutang dan Hutang) telah
digunakan dlm transaksi, maka Saldo Awal sudah tidak dapat diedit kembali.
II. Input
Transaksi
Zahir
Accounting telah menyediakan modul-modul penginputan secara terpisah.
- Input Penjualan & Pembayaran Piutang. Klik modul Penjualan>Input Penjualan atau Klik modul Penjualan>Pembayaran Piutang
- Input Pembelian & Pembayaran Hutang. Klik modul Pembelian>Input Pembelian atau Klik modul Pembelian>Pembayaran Hutang
- Pengeluaran Operasional (Biaya Bensin, Transport, Listrik, Sewa Gedung dll). Klik modul Kas & Bank> Kas Keluar/Kas Masuk
- Penyesuaian Barang (hilang atau rusak). Klik Persediaan>Pemakaian/Penyesuaian Barang.
- Stok Opname. Klik Persediaan>Stok Opname
III. Laporan
Untuk
melihat laporan data awal yg telah anda input, klik Laporan. Pilih laporan yg
anda inginkan. Seperti Laporan :
- Neraca. Klik Laporan>Laporan Keuangan>Balance Sheet – Standard
- Kartu Stok. Klik Laporan>Barang/Persediaan>Inventory Ledger By Location
- Kartu Piutang. Klik Laporan>Piutang Usaha>Customer Balance Default Currency
- Kartu Hutang. Klik Laporan>Hutang Usaha>Vendor Balance Default Currency
- (Siti Nurjanah / 1111 3899 / 11.2A.14)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar