Sabtu, 19 Mei 2012

Membentuk Mental & Jiwa Wirausaha : DONT FORGET ... DUIT !!!


Menjalankan ONEVISIONET : Sistem Langganan Pulsa hanyalah ikhtiar semata, hasil akhirnya kita serahkan kepada Allah SWT. Namun demikian kita harus mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan agar dalam menjalani ONEVISIONET : Sistem Langganan Pulsa mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Menjalankan ONEVISIONET : Sistem Langganan Pulsa tidak bisa lepas dari membentuk mental dan jiwa wirausaha, sehingga dasar-dasarnya harus diketahui dan dijalani.

Perbedaan kerja keras dan kerja cerdas

Pernah dengar cerita manusia pipa? Perbedaan yang signifikan adalah dalam penggunaan akal, kerja cerdas memanfaatkan potensi akalnya untuk optimalisasi kerja, sedangkan kerja keras menggunakan potensi kekuatan ototnya, hasilnya kerja cerdas lebih optimal dan lebih bisa dinikmati hasil kerjanya.

Bagaimana kita bisa menjalani kerja cerdas?

DONT FORGET …….. DUIT

D : DEDICATE [mempersembahkan, mengabdikan]

Dalam mengerjakan segala sesuatu kita harus memiliki niat yang kuat, untuk siapa kita akan persembahkan kerja kita itu, untuk diri sendiri? Untuk keluarga? Untuk sesama manusia? untuk agama Allah? Hal ini diperlukan untuk memperkuat semangat dan daya juang. Orang yang mendedikasikan karyanya untuk diri sendiri pasti akan lain daya juangnya jika dibandingkan dengan mendedikasikan untuk keluarga, sesama manusia terlebih kepada Tuhannya.

O : OPTIMISM [harapan baik]

Allah menuruti prasangka hamba-Nya, harapan yang baik adalah do`a, apa yang tidak mungkin di dunia ini jika Allah sudah berkehendak. Kita diperintahkan untuk meminta kepada Allah, dan Allah pasti mengabulkan. Itu janji Allah. Kita tinggal meminta dan itu GRATIS !!.

N : NET [jejaring]

Manusia adalah makhluk sosial, tentunya berinteraksi dengan sesamanya. Dalam dunia usaha relasi adalah salah satu modal dari beberapa modal yang diperlukan. Menguasai jalur distribusi merupakan langkah strategis yang selalu dikembangkan oleh pelaku usaha. Silaturohim adalah pintu gerbang dalam membangun jaringan. Ingat ilustrasi manusia pipa dalam membangun jaringan.

T : TARGET [sasaran]

Menentukan target atau sasaran dalam usaha mutlak diperlukan, tujuannya adalah agar terfokus dan terarah, dengan demikian proses menuju keberhasilan bisa diukur. Untuk menentukan target sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan kita. Yang perlu diperhatikan bahwa target itu adalah merupakan keinginan kita, tentunya dibuat dan ditentukan sebelum target itu terjadi. Artinya pencapaian target adalah tidak lepas dari izin Allah. Berhasil atau tidaknya masih ditangan Allah. Hal ini penting diketahui agar seandainya target tidak tercapai tidaklah berputus asa, sebaliknya jika atas izin Allah target sesuai rencana tidak menjadi takabur.

F : FACT [fakta]

Fakta atau kenyataan yang ada adalah sesuatu yang sudah menjadi ketentuan Allah, kita sekarang tidak memiliki modal financial yang besar adalah sebuah fakta. Kita tidak mempunyai keahlian adalah fakta, kita belum mempunyai penghasilan yang cukup juga merupakan fakta. Bagaimana mengolah fakta dan kenyataan yang ada pada diri kita adalah langkah yang bijaksana. Sebaliknya kalau kita tenggelam dan meratapi keadaan dan kenyataan yang tidak memuaskan kita adalah langkah menuju kehancuran. Mulailah dari yang ada, jangan memulai dari yang tidak ada pada diri kita. Inilah salah satu rahasia kerja cerdas. Kenali diri, evaluasi diri, revolusi diri.

O : ORIENTATION [arah tujuan]

Orientasi diperlukan dalam menyiapkan strategi apa yang akan digunakan dalam mencapai tujuan. Agar rencana dapat diterapkan tanpa khawatir tidak mencapai sasaran. Visi dan misi adalah rel yang baik, aturan syari`ah adalah pagar yang kokoh agar orientasi bisa diterapkan.

R : Re-NEW [mengulang, memperbaharui]

Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, pengalaman adalah guru yang baik, jangan berhenti melangkah. Hal penting diperhatikan disini adalah semua kejadian yang menimpa diri kita pasti ada hikmahnya, pahami kejadiannya, ambil pelajarannya, gunakan untuk melangkah maju. Untuk berjalan 10 km hakikinya hanya mengulang langkah kakinya kiri kanan berulang-ulang. Kita berumur 43 tahun kita jalani dari hari ke hari.

Lakukan dan lakukan, ulangi dan ulangi, coba lagi coba lagi, yakinlah Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Mohonlah pertolongan Allah, pasti mendapat pertolongan, YAKINLAH !!!

G : GROWTH [pertumbuhan,perkembangan]

Pertumbuhan dan perkembangan sebuah usaha sangatlah didambakan oleh pelaku usaha. Ibarat sebuah tanaman ataupun seorang bayi, perlu perawatan, perhatian dan kasih sayang. Sebuah usaha agar bisa tumbuh berkembang juga memerlukan perhatian khusus, fokus, total.
Shodaqoh adalah pupuk dan gizi yang baik buat pertumbuhan usaha kita.

E : EFFICIENT [berdaya guna]

Menggunakan waktu, tenaga, pikiran dan modal yang sekecil-kecilnya untuk mendapatkan hasil yang sebesar-besarnya. Ini juga merupakan aplikasi dari kerja cerdas. Hargai waktu, gunakan kesempatan, setelah selesai suatu urusan kerjakanlah dengan sungguh sungguh urusan yang lain.

T : TRICK [cara, seluk beluk]

Cara dan seluk beluk sebuah usaha harus diketahui terlebih dahulu sebelum menjalanjan usaha tersebut. Dengan kata lain kita harus mengetahui ilmunya. Tanpa mengetahui ilmunya sebuah usaha akan menjadi sia-sia. Pelajari baik-baik, pahami benar, lakukan sesuai caranya. Kesalahan adalah manusiawi, orang yang mengetahui kebodohan dan kelemahannya adalah orang pintar. Gunakan cara cerdas untuk mengetahuinya. Amati, tirukan, modifikasi. Iqro`.

Setelah kita membahas tentang DONT FORGET agar lebih siap menjalankan ONEVISIONET : Sistem Langganan Pulsa kita akan membahas masalah DUIT.

D U I T

D : DO’A

Jadikan doa sebagai andalan kita. Dengan berdoa kita memiliki optimisme, harapan, solusi, mengakui kelemahan, kesalahan dan kesombongan kita. Bukankah kita masih memiliki Allah? Berdo`a adalah gratis, yang perlu diperhatikan adalah, tata cara berdo`a dan apa yang kita panjatkan, harus jelas, yakin terkabul, ikhlaskan doa kita.

U : USAHA

Usaha adalah ikhtiar, kita harus total dan bersungguh sungguh melakukannya, dengan cara yang benar.

I : ISTIQOMAH

Lakukan dan lakukan, ulangi dan ulangi, kita harus tahan banting, bagaikan karang di tengah lautan, bagaikan gunung yang menjulang, bertahanlah, tetaplah pada jalannya, jangan berhenti, keberhasilan sudah dekat.

T : TAWAKAL

Bertawakallah kepada Allah, apa yang sudah kita do`akan, apa yang sudah kita usahakan, apa yang sudah kita istiqomahkan, serahkan semua kepada Allah……

Meskipun demikian, perlu dipahami bahwa menjalankan usaha selain mengejar "profit" sesungguhnya bisa bermakna lebih luas bagi hidup. Bukan sekedar mengejar profit berupa keuntungan material, namun mengejar profit berupa keuntungan nilai-nilai yang bermakna bagi kepuasan spiritual. Ada makna ibadah yang nilainya lebih tinggi dari sekedar mendapatkan keuntungan berupa uang belaka.

Kalau orang menjalankan usaha hanya berorientasi pada keuntungan materi sebesar-besarnya sebagai tujuan utamanya, maka biasanya mudah terjebak dalam bisnis yang serakah, melakukan penyimpangan, melanggar tatanan kehidupan. Kalaupun usahanya berhasil, belum tentu menjadi berkah bagi dirinya, belum tentu menjadikan kebahagiaan sejati bagi dirinya. Insya Allah ini menjadi bagian esensi berbisnis dengan hati. ONEVISIONET : Sistem Langganan Pulsa bisa menjadi salah satu bagian implementasi hal tersebut ….
(Radin Diani Putri/11103769/11.4A.14)
Sumber                : http://www.onevisionet.com/2011/03/dont-forget-duit.html

Tidak ada komentar: