Jumat, 18 Mei 2012

Fungsi Manajemen SDM Bagi Kemajuan Usaha Kita


Fungsi Manajemen SDM Bagi Kemajuan Usaha Kita

Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam sebuah perusahaan maupun organisasi apapun. Oleh karena itu, sumber daya manusia harus dikelola dengan baik agar segala proses maupun aktivitas yang ada dalam perusahaan maupun suatu organisasi dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Pengelolaan inilah yang dikenal dengan manajemen sumber daya manusia.

          Manajemen sumber daya manusia berarti mengatur, mengurus sumber daya manusia berdasarkan visi, misi, dan tujuan perusahaan agar tujuan organisasi dapat dicapai secara optimal. (Ais Zakiyudin, 2011:69)
Adapun fungsi dari manajemen sumber daya manusia bagi kemajuan usaha kita antara lain :
1.  Untuk mencari sumber-sumber tenaga kerja yang berkualitas secara efektif dan efisien agar tenaga kerja-tenaga kerja yang masuk kedalam perusahaan kita adalah benar-benar sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan kita baik dalam hal kualitas maupun kuantitasnya.
2.   Untuk pengembangan tenaga kerja yang telah dimiliki oleh perusahaan kita agar mereka dapat mengikuti perubahan-perubahan yang terjadi di perusahaan dan untuk meningkatkan kualitas diri.
3.  Untuk menyelaraskan tujuan perusahaan dengan tujuan individual para pegawai demi mengahasilkan produktivtas yang tinggi dalam mencapai tujuan perusahaan.
4.  Untuk memelihara sumber daya manusia yang ada di perusahaan kita melalui pemberian kompensasi yang sesuai maupun melalui pemberian pelayanan-pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan pegawai agar pegawai merasa nyaman sehingga meningkatkan konsentrasi bekerja dan menghasilkan produktivitas yang sesuai dengan yang diinginkan perusahaan.

       Dari penjelasan di atas dapat kita lihat bahwa manajemen sumber daya manusia sangatlah dibutuhkan bagi kemajuan usaha kita, karena disamping dengan modal yang cukup dalam sebuah usaha juga sangat dibutuhkan pengaturan terhadap sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan itu sendiri. Karena sumber daya manusia adalah kunci pengendali dalam sukses atau tidaknya sebuah perusahaan.

(sumber : Manajemen Wirausaha, oleh Ais Zakiyudin : 2011)

Nama   : Kartika Kusumawati Suryadi (32)
NIM    : 11103861
Kelas    : 11.4A.14

Tidak ada komentar: