Minggu, 20 Mei 2012

Tujuan Manajemen SDM Di Perusahaan


Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia Di Perusahaan

Dengan memahami fungsi manajemen, maka akan memudahkan pula untuk memahami fungsi SDM, yang selanjutnya akan memudahkan kita dalam mengindentifikasikan tujuan manajemen SDM. Tujuan yang hendak diklarifikasikan adalah manfaat apa yang akan kita peroleh dengan penerapan manajemen SDM dalam suatu perusahaan. Tujuan manajemen SDM ialah meningkatkan kontribusi produktif orang-orang yang ada dalam perusahaan melalui sejumlah cara-cara yang bertanggung jawab secara strategi, etis dan sosial. Manajemen SDM mendorong para manajer dan tiap karyawan untuk melaksanakan strategi-strategi yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Untuk mendukung para pimpinan yang menge-oprasikan departemen-departemen atau unit-unit organisasi dalam perusahaan sehingga manajemen SDM harus memiliki sasaran.

  1. Sasaran Manajemen SDM.
Kalangan manajer dan departemen SDM berusaha untuk mencapai tujuan mereka dengan memenuhi sasaran-sasarannya. Sasaran merupakan titik puncak dan tindakan-tindakan apa yang dievaluasi. Terkadang sasaran dipikirkan secara seksama dan diekpresikan dalam bentuk tulisan. Sering sasaran tidak dinyatakan secara formal. Sasaran manajemen SDM, yaitu :
1) Sasaran Perusahaan.
2) Sasaran Fungsional.
3) Sasaran Sosial.
4) Sasaran Pribadi Karyawan.

  1. Aktivitas Manajemen SDM.
Untuk mencapai tujuan dan sasarannya, departemen SDM membantu para pimpinan memperoleh, mengembangkan, memanfaatkan, mengevaluasi, dan mempertahankan, jumlah dan jenis hak karyawan.

1) Kunci Aktivitas SDM.
Aktivitas SDM merupakan tindakan-tindakan yang diambil untuk memberikan dan mempertahankan gugus kerja yang memadai bagi perusahaan.

2) Tanggung jawab atas aktivitas manajemen SDM berada dipundak masing-masing manajer.
Berdasarkan uraian di atas maka tujuan akhir yang ingin dicapai manajemen SDM pada dasarnya adalah :
•Peningkatan efisiensi.
•Peningkatan efektifitas.
•Peningkatan produktivitas.
•Rendahnya tingkat perpindahan pegawai.
•Rendahnya tingkat absensi.
•Tinggingnya kepuasan kerja pegawai.
•Tingginya kualitas pelayanan.
•Rendahnya komplain dari pelanggan.
•Meningkatnya bisnis perusahaan.

Untuk mencapai tujuan akhir tersebut secara bertahap perlu dicapai tujuan-tujuan perantara yaitu diperolehnya :

a)     SDM yang memenuhi syarat dan dapat menyesuaikan denganperusahaan melalui :
•Perencanaan SDM.
•Rekrutmen.
•Seleksi.
•Induksi.

b) SDM yang memenuhi syarat dengan keterampilan, keahlian, dan pengetahuan yang sesuai dengan perkembangan melalui :
•Pelatihan dan pengembangan.
•Pengembangan karier. 

c) SDM yang memenuhi syarat bekerja sebaik mungkin melalui :
•Motivasi.
•Penilaian karya.
•Pemberian ”hadiah” dan ”hukuman”.

d) SDM yang memenuhi syarat yang berdedikasi terhadap perusahaan yang luas terhadap pekerjaan melalui:
•Kesejahteraan (kompensasi).
•Lingkungan kerja yang sehat dan aman.
•Hubungan insutrial yang baik.

sumber :(http://www.ekomarwanto.com/2011/10/ringkasan-manajemen-sumber-daya-manusia.html)



Nama        : Risani Rachmi
NIM           : 11101631
Kelas        : 11.4A.24

Tidak ada komentar: