Tujuan
Manajemen Sumber Daya Manusia Di Perusahaan
Dengan memahami fungsi
manajemen, maka akan memudahkan pula untuk memahami fungsi SDM, yang
selanjutnya akan memudahkan kita dalam mengindentifikasikan tujuan manajemen SDM.
Tujuan yang hendak diklarifikasikan adalah manfaat apa yang akan kita peroleh
dengan penerapan manajemen SDM dalam suatu perusahaan. Tujuan manajemen SDM
ialah meningkatkan kontribusi produktif orang-orang yang ada dalam perusahaan
melalui sejumlah cara-cara yang bertanggung jawab secara strategi, etis dan
sosial. Manajemen SDM mendorong para manajer dan tiap karyawan untuk melaksanakan
strategi-strategi yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Untuk mendukung
para pimpinan yang menge-oprasikan departemen-departemen atau unit-unit
organisasi dalam perusahaan sehingga manajemen SDM harus memiliki sasaran.
- Sasaran Manajemen SDM.
Kalangan manajer dan
departemen SDM berusaha untuk mencapai tujuan mereka dengan memenuhi
sasaran-sasarannya. Sasaran merupakan titik puncak dan tindakan-tindakan apa
yang dievaluasi. Terkadang sasaran dipikirkan secara seksama dan diekpresikan
dalam bentuk tulisan. Sering sasaran tidak dinyatakan secara formal. Sasaran
manajemen SDM, yaitu :
1) Sasaran Perusahaan.
2) Sasaran Fungsional.
3) Sasaran Sosial.
4) Sasaran Pribadi Karyawan.
- Aktivitas Manajemen SDM.
Untuk mencapai tujuan dan
sasarannya, departemen SDM membantu para pimpinan memperoleh,
mengembangkan, memanfaatkan, mengevaluasi, dan mempertahankan, jumlah
dan jenis hak karyawan.
1) Kunci Aktivitas SDM.
Aktivitas SDM merupakan
tindakan-tindakan yang diambil untuk memberikan dan mempertahankan gugus kerja
yang memadai bagi perusahaan.
2) Tanggung jawab atas
aktivitas manajemen SDM berada dipundak masing-masing manajer.
Berdasarkan uraian di atas
maka tujuan akhir yang ingin dicapai manajemen SDM pada dasarnya adalah :
•Peningkatan efisiensi.
•Peningkatan efektifitas.
•Peningkatan produktivitas.
•Rendahnya tingkat
perpindahan pegawai.
•Rendahnya tingkat absensi.
•Tinggingnya kepuasan kerja
pegawai.
•Tingginya kualitas pelayanan.
•Rendahnya komplain dari
pelanggan.
•Meningkatnya bisnis
perusahaan.
Untuk mencapai tujuan akhir
tersebut secara bertahap perlu dicapai tujuan-tujuan perantara yaitu
diperolehnya :
a)
SDM yang memenuhi syarat dan dapat menyesuaikan denganperusahaan melalui
:
•Perencanaan SDM.
•Rekrutmen.
•Seleksi.
•Induksi.
b) SDM yang memenuhi syarat
dengan keterampilan, keahlian, dan pengetahuan yang sesuai dengan perkembangan
melalui :
•Pelatihan dan pengembangan.
•Pengembangan karier.
c) SDM yang memenuhi syarat
bekerja sebaik mungkin melalui :
•Motivasi.
•Penilaian karya.
•Pemberian ”hadiah” dan
”hukuman”.
d) SDM yang memenuhi syarat
yang berdedikasi terhadap perusahaan yang luas terhadap pekerjaan melalui:
•Kesejahteraan (kompensasi).
•Lingkungan kerja yang sehat
dan aman.
•Hubungan insutrial yang
baik.
sumber :(http://www.ekomarwanto.com/2011/10/ringkasan-manajemen-sumber-daya-manusia.html)
sumber :(http://www.ekomarwanto.com/2011/10/ringkasan-manajemen-sumber-daya-manusia.html)
Nama : Risani Rachmi
NIM : 11101631
Kelas : 11.4A.24
Tidak ada komentar:
Posting Komentar