TUGAS INDIVIDU SIM BSI KARAWANG...!!! ^_^
“KANTOR MAYA”
(VIRTUAL
OFFICE)
Disusun Oleh:
POPY PURNAMASARI WAHID SUYITNO
12.3A.14
Akademik Manajemen Informatika Komputer
Rabu, 16
Mei 2012
Latar
Belakang “Kantor Maya”
Begitu
ketat persaingan didunia bisnis maka tak heran jika banyak pembisnis yang
berlomba memutar otak demi sesuap nasi ataupun sebongkah berlian. Jika ditinjau
dari pencapaiannya, beraneka ragam. Saking kebanyakan cara, Maka kita sebagai
pembisnis harus pandai-pandai memilih dan memilah mana yang tepat untuk kalangan pebisnis baik yang kategori pemula maupun
yang sudah profesional. Kemacetan di jalanan terutama dikota besar seperti
jakarta, bandung, bali, dll. Dan tingginya biaya untuk kebutuhan bisnis membuat para pembisnis beralih menggunakan
Media internet sebagai batu loncatan peluang bisnis yang praktis, simple,
efektif, efesien, mobile, dan murah meriah, serta berbagai keuntungan dapat
dicapai dengan maksimal mungkin. Perkembangan via internet ini semakin laris
dan populer diseluruh dunia karena Cukup seperangkat komputer dan jaringan
internet. Dan untuk melaksanakannya tidak harus berada pada satu tempat yang
statis. Bisa dimana saja selama jaringan internet masih dapat menjangkau.
Banyak yang menggunakan cara seperti ini dan menyebutnya dengan sebutan virtual
office. Trend praktik virtual office terutama di kota-kota besar
terus berkembang dan bahkan sudah menjadi gaya hidup, dimana hal ini juga
terjadi karena tuntutan pekerjaan yang mengharuskan seseorang untuk
bekerja cepat tanpa harus terikat ruang dan waktu.
“KANTOR MAYA”
(VIRTUAL
OFFICE)
Pengertian Kantor Maya:
Virtual office atau sering
juga disebut sebagai kantor maya adalah otomasi proses bisnis yang sebelumnya secara manual (document
–driven) menjadi otomatis (electronic-driven) sehingga dokumen yang
dipergunakan dalam proses bisnis adalah dokumen dalam bentuk elektronik, bukan hard
copy. Kantor virtual
adalah istilah untuk layanan kantor bersama, yang biasanya mencakup alamat bisnis,
layanan mail & kurir, layanan telepon, layanan resepsionis, layanan faks,
layanan menjawab, web hosting layanan, dan fasilitas pertemuan & konferensi.
Kemampuan otomasi kantor menghubungkan
orang secara elektronik telah membuka cara baru melakukan pekerjaan kantor
Pekerjaan
kantor dapat dilakukan di lokasi geografis mana pun selama tempat kerja itu
terhubung dengan lokasi tetap perusahaan melalui sejenis komunikasi elektronik
selamatempat. adanya input->proses komputer->output
adanya END USER COMPUTING (EUC) adalah pengembangan seluruh atau sebagian sistem berbasis komputer oleh pemakai user.
adanya END USER COMPUTING (EUC) adalah pengembangan seluruh atau sebagian sistem berbasis komputer oleh pemakai user.
Keuntungan
Kantor Maya
1.PenguranganPenguranganbiayabiayafasilitasfasilitas
2.PenguranganPenguranganbiayabiayaperalatanperalatan
3.JaringanJaringankomunikasikomunikasiformalformal
4.PenguranganPenguranganpenghentianpenghentianpekerjaanpekerjaan
5.KontribusiKontribusisosialsosial
Kerugian Kantor Maya
1.Rasa tidaktidakmemilikimemiliki
2.TakutTakutkehilangankehilanganpekerjaanpekerjaan
3.SemangatSemangatkerjakerjarendahrendah
4.KeteganganKetegangankeluarga
Strategi Kantor Maya (Linda T. Risse)
1.SediakanSediakansumberdayasumberdayakomputerkomputer
2.SediakanSediakanaksesakseskekesumberdayasumberdayakomputerkomputer
3.SediakanSediakanperlengkapanperlengkapannon non
komputerkomputer
4.SediakanSediakanfasilitasfasilitasforwardingforwardingtelepontelepon
5.GunakanGunakankonferensikonferensitelepontelepon
6.JadwalkanJadwalkanpertemuanpertemuanrutinrutin
7.LakukanLakukanrutinitasrutinitaskerjakerja
ORGANISASI MAYA
Gagasan
kantor maya yang dikembangkan untuk diterapkan secara keseluruhan
Operasi di seluruh perusahaan dirancang sehingga tidak
terikat pada lokasi fisik.
APLIKASI OTOMATISASI KANTOR
Pengolahan Kata (WordProcessing)
Penggunaan
alat elektronik yang secara otomatis melaksanakan banyak tugas tugas yang
diperlukan umtuk menyiapkan dokumen yang diketik atau dicetak tugas-
Surat Elektronik (Electronic Mail Mail)
Surat Elektronik (Electronic Mail Mail)
Penggunaan
jaringan komputer yang memungkinkan para pemakai mengirim , menyimpan , dan
menerima pesan pesan dengan menggunakan terminal komputer dan alat penyimpanan
mengirim, menyimpan, pesan-
Voice
Mail
Serupa
dengan surat elektronik kecuali bahwa pesan dikirim mengucapkannya
ke dalam telepon daripada mengetiknya dengan
Kalender
Elektronik (Electronic Calendaring)
Penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan
mengambil kalender pertemuan manajer.
Konferensi Audio
Penggunaan
peralatan komunikasi suara untuk membuat suatu hubungan audio di antara orang
orang yang tersebar secara geografis dengan tujuan melaksanakan konferensi
orang-
Konferensi
Video
Penggunaan
peralatan televisi untuk menghubungkan para peserta konferensi yang tersebar
secara geografis
Terdapat
3 konfigurasi konferensi video :
a.Video satusatuaraharahdandanaudio audio
satusatuaraharah
b.Video satusatuaraharahdandanaudio audio duaduaaraharah
b.Video satusatuaraharahdandanaudio audio duaduaaraharah
c.Video dandanaudio audio duaduaaraharah
Konferensi
Video Desktop : peralatan video dan audio ditempelkan pada tiap workstation
dalam jaringan , memungkinkan komunikasi gambar dan suara dua arah jaringan,
Konferensi
Komputer
Penggunaan jaringan komputer yang memungkinkan para anggota
dengan karakteristik bersama bertukar informasi mengenai suatu topik tertentu
Teleconferencing
: mencakup tiga bentuk konferensi elektronik audio video, dan
komputer bentukkonferensi – Transmisi Faksimili
Penggunaan
peralatan khusus yang dapat membaca gambaran dokumen pada satu ujung saluran
komunikasi dan membuat salinannya di yang lain ujung
Vidiotex
Vidiotex
Penggunaan
komputer untuk menampilkan pada layar CRT materi narasi dan grafik yang
tersimpan
Pencitraan
(imaging)
Penggunaan
pengenal karakter secara optik optical character recognition ) untuk
mengubah catatan catatan kertas atau microfilm menjadi format digital untuk
disimpan di dalam alat penyimpanan sekunder (recognition) catatan-
Desktop
Publishing
Penggunaan komputer untuk menyiapkan output tercetak
yang kualitasnya sangat mirip dengan yang dihasilkan oleh typesetter.
DAFTAR PUSTAKA
- Zakiyudin, Ais. 2011. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.
- Syamsuardi,S.Si. 2004. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Penerbit Erlangga.- Modul BSI
www.Google.com
www.yahoo.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar