Rabu, 16 Mei 2012

TUGAS INDIVIDU SIM POPY PURNAMASARI WS

KANTOR MAYA
TUGAS INDIVIDU SIM BSI KARAWANG...!!! ^_^
“KANTOR MAYA”
(VIRTUAL OFFICE)
Disusun Oleh:
POPY PURNAMASARI WAHID SUYITNO
12.3A.14
           Akademik Manajemen Informatika Komputer
Rabu, 16 Mei 2012                     

Latar Belakang “Kantor Maya”
Begitu ketat persaingan didunia bisnis maka tak heran jika banyak pembisnis yang berlomba memutar otak demi sesuap nasi ataupun sebongkah berlian. Jika ditinjau dari pencapaiannya, beraneka ragam. Saking kebanyakan cara, Maka kita sebagai pembisnis harus pandai-pandai memilih dan memilah mana yang tepat untuk kalangan pebisnis baik yang kategori pemula maupun yang sudah profesional. Kemacetan di jalanan terutama dikota besar seperti jakarta, bandung, bali, dll. Dan tingginya biaya untuk kebutuhan bisnis  membuat para pembisnis beralih menggunakan Media internet sebagai batu loncatan peluang bisnis yang praktis, simple, efektif, efesien, mobile, dan murah meriah, serta berbagai keuntungan dapat dicapai dengan maksimal mungkin. Perkembangan via internet ini semakin laris dan populer diseluruh dunia karena Cukup seperangkat komputer dan jaringan internet. Dan untuk melaksanakannya tidak harus berada pada satu tempat yang statis. Bisa dimana saja selama jaringan internet masih dapat menjangkau. Banyak yang menggunakan cara seperti ini  dan menyebutnya dengan sebutan virtual office. Trend praktik virtual office terutama di kota-kota besar terus berkembang dan bahkan sudah menjadi gaya hidup, dimana hal ini juga terjadi karena tuntutan pekerjaan yang mengharuskan seseorang untuk bekerja cepat tanpa harus terikat ruang dan waktu.


“KANTOR MAYA”
(VIRTUAL OFFICE)
Pengertian Kantor Maya:
Virtual office atau sering juga disebut sebagai kantor maya adalah otomasi proses bisnis yang sebelumnya secara manual (document –driven) menjadi otomatis (electronic-driven) sehingga dokumen yang dipergunakan dalam proses bisnis adalah dokumen dalam bentuk elektronik, bukan hard copy. Kantor virtual adalah istilah untuk layanan kantor bersama, yang biasanya mencakup alamat bisnis, layanan mail & kurir, layanan telepon, layanan resepsionis, layanan faks, layanan menjawab, web hosting layanan, dan fasilitas pertemuan & konferensi.

Kemampuan otomasi kantor menghubungkan orang secara elektronik telah membuka cara baru melakukan pekerjaan kantor
Pekerjaan kantor dapat dilakukan di lokasi geografis mana pun selama tempat kerja itu terhubung dengan lokasi tetap perusahaan melalui sejenis komunikasi elektronik selamatempat. adanya input->proses komputer->output
adanya END USER COMPUTING (EUC) adalah pengembangan seluruh atau sebagian sistem berbasis komputer oleh pemakai user.

                  Keuntungan Kantor Maya
1.PenguranganPenguranganbiayabiayafasilitasfasilitas
2.PenguranganPenguranganbiayabiayaperalatanperalatan
3.JaringanJaringankomunikasikomunikasiformalformal
4.PenguranganPenguranganpenghentianpenghentianpekerjaanpekerjaan
5.KontribusiKontribusisosialsosial

                           Kerugian Kantor Maya
1.Rasa tidaktidakmemilikimemiliki
2.TakutTakutkehilangankehilanganpekerjaanpekerjaan
3.SemangatSemangatkerjakerjarendahrendah
4.KeteganganKetegangankeluarga

Strategi Kantor Maya (Linda T. Risse)
1.SediakanSediakansumberdayasumberdayakomputerkomputer
2.SediakanSediakanaksesakseskekesumberdayasumberdayakomputerkomputer
3.SediakanSediakanperlengkapanperlengkapannon non komputerkomputer
4.SediakanSediakanfasilitasfasilitasforwardingforwardingtelepontelepon
5.GunakanGunakankonferensikonferensitelepontelepon
6.JadwalkanJadwalkanpertemuanpertemuanrutinrutin
7.LakukanLakukanrutinitasrutinitaskerjakerja

ORGANISASI MAYA
Gagasan kantor maya yang dikembangkan untuk diterapkan secara keseluruhan
Operasi di seluruh perusahaan dirancang sehingga tidak terikat pada lokasi fisik.

APLIKASI OTOMATISASI KANTOR

 Pengolahan Kata (WordProcessing)
Penggunaan alat elektronik yang secara otomatis melaksanakan banyak tugas tugas yang diperlukan umtuk menyiapkan dokumen yang diketik atau dicetak tugas- 
Surat Elektronik (Electronic Mail Mail)
Penggunaan jaringan komputer yang memungkinkan para pemakai mengirim , menyimpan , dan menerima pesan pesan dengan menggunakan terminal komputer dan alat penyimpanan mengirim, menyimpan, pesan-
          Voice Mail
Serupa dengan surat elektronik kecuali bahwa pesan dikirim mengucapkannya ke dalam telepon daripada mengetiknya dengan
Kalender Elektronik (Electronic Calendaring)
Penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan mengambil kalender pertemuan manajer.
Konferensi Audio
Penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat suatu hubungan audio di antara orang orang yang tersebar secara geografis dengan tujuan melaksanakan konferensi orang-
Konferensi Video
Penggunaan peralatan televisi untuk menghubungkan para peserta konferensi yang tersebar secara geografis
Terdapat 3 konfigurasi konferensi video :
a.Video satusatuaraharahdandanaudio audio satusatuaraharah 
b.Video satusatuaraharahdandanaudio audio duaduaaraharah
c.Video dandanaudio audio duaduaaraharah

Konferensi Video Desktop : peralatan video dan audio ditempelkan pada tiap workstation dalam jaringan , memungkinkan komunikasi gambar dan suara dua arah jaringan,
Konferensi Komputer
Penggunaan jaringan komputer yang memungkinkan para anggota dengan karakteristik bersama bertukar informasi mengenai suatu topik tertentu

Teleconferencing : mencakup tiga bentuk konferensi elektronik audio video, dan komputer bentukkonferensi Transmisi Faksimili
Penggunaan peralatan khusus yang dapat membaca gambaran dokumen pada satu ujung saluran komunikasi dan membuat salinannya di yang lain ujung 
Vidiotex
Penggunaan komputer untuk menampilkan pada layar CRT materi narasi dan grafik yang tersimpan
Pencitraan (imaging)
Penggunaan pengenal karakter secara optik optical character recognition ) untuk mengubah catatan catatan kertas atau microfilm menjadi format digital untuk disimpan di dalam alat penyimpanan sekunder (recognition) catatan-
Desktop Publishing
Penggunaan komputer untuk menyiapkan output tercetak yang kualitasnya sangat mirip dengan yang dihasilkan oleh typesetter.
                                       DAFTAR PUSTAKA

 - Zakiyudin, Ais. 2011. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.
- Syamsuardi,S.Si. 2004. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Penerbit Erlangga.
- Modul BSI 


www.Google.com
www.yahoo.com

Tidak ada komentar: