Jumat, 18 Mei 2012

Pengelolaan Sumber Daya Manusia


PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA


Konsep Pengelolaan Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia merupakan  faktor sentral dan utama dalam suatu organisasi, apapun bentuk dan tujuan organsasi tersebut. Setiap organisasi dirancang dengan berbagai visi untuk kepentingan manusia dan dalam pelaksanaan misinya dikelola dan diurus oleh manusia. Manajemen sumber daya manusia merupakan sebuah fungsi manajemen yang menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan,pegawai,buruh,manajer dan tenaga kerja lainya untuk menunjang aktifitas organisasi atau perusahaan dalam rangka mencapai tujuan yang ditetapkan. Bagian unit yang biasanya mengelola sumber daya manusia adalah Departemen Sumber Daya Manusia atau dalam bahasa Inggris “ Human Resource Departement (HRD)”.
( Ais Zakiyudin,2011:65 ).

Pengelolaan Sumber Daya Manusia sering disebut dengan istilah: “personal management”;”personal administrasion”;’human resources administration’.(Umi Sukamti,1989:40. Beberapa istilah tersebut dalam bidang pendidikan merupakan salah satu substansi dari manajemen pendidikan. Berikut merupakan beberapa pandangan dari para pakar pengelola SDM sebagai berikut ;

Edwin B.Flippo(1984) menyatakan bahwa pengelolaan sumber daya manusia merupakan proses perencanaan,pengorganisasian,pengarahan dan pengendalian dari pengadaan tenaga kerja,pengembangan,kompensasi,integritas,pemeliharaan dan pemutusan hubungan kerja dengan maksud agar tercapai tujuan atau sasaran perorangan,organisasi dan masyarakat.

Haneman (1989:2) menyatakan bahwa:”personal or human resources management is a set of organization wide function or activities that are designed to influence the activitiesness if employees in the organization”.

Wayne dan  Elias (1981:3) menyatakan bahwa:”human resources management is the attraction,selection,retention,development and utilization of human resources in order to achieve both individual and organization abjectives”.

Garis besarnya adalah bahwa, Sumber Daya Manusia merupakan  factor paling potensial,faktor yang paling berpengaruh dalam penyediaan keunggulan kompetitif bagi suatu perusahaan atau organisasi. Hal ini sangat berkaitan dengan bagaimana mengelola semua  sumber daya yang ada secara efektif dan efisien sehingga tujuan atau sasaran perusahan dapat dicapai dengan baik.
(sumber:”manajemen wirausaha,Ais Zakiyudin:2011”,” Pengelolaan Sumber Daya     Manusia,Nanang Nuryanta:2008).
Nama   :  Faozul Ibat
Kls       :  11.4A.14 / KA.BSI Karawang
Nim      :  11103852       (29)

1 komentar:

adm mhs mengatakan...

mudah-mudahan bermanfaat....
"{^_^}"