Istilah
manajemen, terjemahannya dalam bahasa Indonesia hingga saat ini belum ada
keseragaman.Selanjutnya, bila kita mempelajari literatur manajemen, maka akan
ditemukan bahwa istilah manajemen mengandung 3 pengertian yaitu:
1.Manmen
sebagai suatu proses.
2.Manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang
melakukan aktivitas manajemen.
3.Manajemen sebagai suatu seni (Art) dan sebagai suatu
ilmu pengetahuan (Science)Menurut pengertian yang pertama, yakni
manajemen sebagai suatu proses, berbeda-beda definisi yang diberikan oleh para
ahli. Untuk memperlihatkan tata warna definisi manajemen menurut pengertian yang
pertama itu, dikemukakan tiga buah definisi.Dalam Encylopedia of the Social
Sience dikatakan bahwa manajemen adalah suatu proses dengan mana pelaksanaan
suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.Selanjutnya,
Menurut Hilman
mengatakan
bahwa manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang
lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama.Menurut
pengertian yang kedua, manajemen adalah kolektivitas orang-orang yang melakukan
aktivitas manajemen. Jadi dengan kata lain, segenap orang-orang yang melakukan
aktivitas manajemen dalam suatu badan tertentu disebut manajemen.Menurut
pengertian yang ketiga, manajemen adalah seni (Art) atau suatu ilmu
pnegetahuan. Mengenai ini pun sesungguhnya belum ada keseragaman pendapat,
segolongan mengatakan bahwa manajemenadalah seni dan segolongan yang lain
mengatakan bahwa manajemen adalah ilmu. Sesungguhnyakedua pendapat itu sama
mengandung kebenarannya.<1>Menurut G.R. Terry manajemen adalah suatu
proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu
kelompok orang-orang ke arah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud
yang nyata. Manajemen juga adalah suatu ilmu pengetahuan maupun seni. Seni
adalah suatu pengetahuan bagaimana mencapai hasil yang diinginkan atau
dalm kata lain seni adalah kecakapanyang diperoleh dari pengalaman, pengamatan
dan pelajaran serta kemampuan untuk menggunakan pengetahuan manajemen.
Menurut
Mary Parker Follet
manajemen
adalah suatu seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain.
Definisi dari mary ini mengandung perhatian pada kenyataan bahwa para
manajer mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara mengatur orang-orang
lain untuk melaksanakan apa saja yang pelu dalam pekerjaan itu, bukan dengan
cara melaksanakan pekerjaan itu oleh dirinya sendiri.Itulah manajemen, tetapi
menurut Stoner bukan hanya itu saja. Masih banyak lagi sehingga tak ada satu definisi
saja yang dapat diterima secara universal. Menurut James A.F.Stoner, manajemen
adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan
pengendalian upaya anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya
organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Dari
perencaan merupakan penetapan jawaban kepada enam pertanyaan berikut :
Stoner
Planning
adalah proses menetapkan sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai sasaran
tadi.Organizing
Organizing
(organisasi)
adalah dua orang atau lebih yang bekerja sama dalam cara yang
terstruktur untuk mencapai sasaran spesifik atau sejumlah sasaran.
Leading
Pekerjaan
leading meliputi tiga kegiatan yaitu :
•Mengambil
keputusan
•Mengadakan
komunikasi agar ada saling pengertian antara manajer dan bawahan.
•Memeberi
semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak.Memilih
orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya, serta memperbaiki pengetahuan dan
sikap-sikap bawahan agar mereka terampil dalam usaha mencapai tujuan yang
ditetapkan.
Directing/Commanding (MARTHA 11111437 /
11.2C.14)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar