Senin, 02 Juni 2014

Manajemen Menurut HB.Siswanto



Manajemen adalah seni dan ilmu dalam perencanaan, pengorganisasian, pemotivasi dan pengendalian terhadap orang dan mekanisme kerja untuk mencapai tujuan tertentu. Perencanaan adalah proses dasar  untuk memilih dan menentukan jangkauanya dalam memperoleh pencapaiannya.makna umumnya suatu perencanaan adalah suatu aktivitas yang berusaha memaksimumkan kegiatannya kedalam suatu sistem, sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.terdapat tiga karesteristik perencanaan minimum:
1. perencanaan menyangkut masa yang akan datang.
2. tindakan di masa yang akan datang dan akan diambil oleh perencana.
3. masa yang akan dating.

Batasan tentang perencanaan adalah menghubungkan fakta serta membuat dugaan tentan masa yang akan datang ,menggambarkan dan merumuskan kegiatan yang dianggap perlu untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Pengorganisasian adalah  membagi suatu pekerjaan yang sudah direncanakan untuk diselesaikan oleh anggotanya,hubungan antar pekerjaan yang efektif dintara mereka dan pemberian lingkungan  dan fasilitas pekerjaan yang wajar sehingga mereka bekerja secara efisien.

Terdapat  empat ciri yang mempengaruhi efektivitas organisasi:
1.persepsi
2.sikap
3.kepribadian
4.belajar

Pemotivasi adalah suatu sikap seseorang yang diberikan energi ,mendorong kegiatan dan mengarahkan atau menyalurkan perilaku ke arah tercapainya kebutuhan  yang memberikan kepuasan atau mengurangi ketidakseimbangan. Motivasi dapat dirumuskan sebagai berikut .
1.setiap perasaan atau kehendak dan keinginanan sehingga individu tersebut terdorong untuk melakukan perilaku dan tindakan.
2.pengaruh kekuatan yang menimbulkan individu tersebut melakukan tindakan.
3.suatu kejadian yang mengakibatkan individu tersebut merubah perilakunya.
4.suatu proses yang menentukan gerakan atau perilaku individu  kepada tujuan.

Pengendalian  merupakan peranan terpenting yakni untuk mengevaluasi apakah tujuan dapat tercapai dan apabila tidak tercapai dicari factor penyebabnya.dengan demikian,dapat dilakukan  tindakan perbaikan. Pengendalian manajemen adalah suatu usaha  sistematik untuk menetapkan standart kinerja dengan sasaran perencanaan,untuk mendisain system umpan balik informasi,membandingkan kinerja actual dengan standar yang telah ditentukan,menentukan apakah terdapat penyimpangan. SYAHRUL KHOIRUDIN

Tidak ada komentar: