Selasa, 15 Mei 2012
DATA DAN INFORMASI
Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berujut suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupunsuatu konsep.
Informasi merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Dalam hal ini, data bisa dianggap sebagai obyek dan informasi adalah suatu subyek yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi juga bisa disebut sebagai hasil pengolahan ataupun pemrosesan data.
Data bisa merupakan jam kerja bagi karyawan perusahaan. Data ini kemudian perlu diproses dan diubah menjadi informasi.
Jika jam kerja setiap karyawan kemudian dikalikan dengan nilai per-jam, maka akan dihasilkan suatu nilai tertentu. Jika gambaran penghasilan setiap karyawan kemudian dijumlahkan, akan menghasilkan rekapitulasi gaji yang harus dibayar oleh perusahaan. Penggajian merupakan informasi bagi pemilik perusahaan. Informasi merupakan hasil proses dari data yang ada, atau bisa diartikan sebagai data yang mempunyai arti. Informasi akan membuka segala sesuatu yang belum diketahui
Data : fakta berupa angka, teks, dokumen,
gambar, bagan, dan suara yang mewakili
deskripsi verbal tertentu. Data dikumpulkan
untuk maksud dokumentasi.
Informasi: data yang telah diolah
(diurutkan, dipadatkan, disaring, dicuplik,dsb)
sehingga memiliki arti dan nilai yang
lebih tinggi bagi seorang individu atau
kelompok tertentu.
Informasi diperlukan untuk membuat keputusan, untuk manajemen organisasi.
SYARAT KUALITAS INFORMASI
(Parker, 1989)
1. Ketersediaan (availability)
2. Mudah dipahami
(comprehensibility)
3. Relevan
4. Bermanfaat
5. Tepat waktu (timeliness)
6. Keandalan (reliability)
7. Akurat
8. Konsisten.
FENOMENA ABAD INFORMASI
• Informasi sangat menentukan
kinerja organisasi (swasta
maupun publik)
• Teknologi digital (komputer)
adalah keharusan
• Tuntutan kualitas SDM yang
lebih tinggi
• Pembagian kerja berbasis TI
• Desain organisasi lebih datar,
mengakomodasi aliran informasi.
EMPAT UNSUR
PENGEMBANGAN ORGANISASI
Manusia / perilaku
• Struktur
• Teknologi
• Tugas (task).
Nama : Ririn Yuliawati
Kelas : 11.2c.14
Nim : 11110881
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar