Rabu, 16 Mei 2012

Pilihan Paling Riil Adalah Berwirausaha

Nama          : Johan Abdullah
Kelas          : 11.4A.14
Nim            : 11103830
Jurusan       : Komputerisasi Akuntansi


Latar belakang mengapa kita perlu berwirausaha adalah agar mampu menatap masa depan yang lebih baik.Dengan berwirausaha diharapkan seseorang mampu mandiri,membuka lapangan kerja bagi orang lain dan menjadi bos bagi usahanya.Dengan kata lain,lebih baik membayar gaji daripada menjadi orang gajian.
Untuk itu,perlu diciptakan suatu iklim yang dapat mengubah pola pikir,baik mental maupun motivasi dari orang tua,dosen dan mahasiswa agar kelak anak-anak mereka dibiasakan untuk lapangan pekerjaan daripada mencari pekerjaan.Salah satu caranya adalah mengubah mental dan motivasi yang sudah demikian melekat tertanam disetiap insan Indonesia.
Akan tetapi,saat ini menjadi pengusaha atau berwirausaha menjadi trend masa depan dan sudah menjadi pilihan hidup banyak orang.Hal ini dikarenakan menjadi pengusaha dianggap lebih prospektif untuk meraih kebebasan waktu dan keuangan.Namun,berwirausaha juga memerlukan pengetahuan,kecakapan,serta pengalaman yang mulai dipupuk sejak dini.
Hal yang menjadi kendala seseorang untuk memulai suati usaha adalah adanya ketahutan akan rugi atau bangkrut.Tidak sedikit orang yang merasa tidak memiliki masa depan yang pasti jika berwirausaha.Bahkan,sebagian orang yang sudah memiliki jiwa wirausaha merasa bingung darimana harus memulai usaha.
Adapun faktor-faktor yang memicu seseorang ingin berwirausaha adalah:
-         Tidak adanya kepastian pendapatan,
-         Resiko kehilangan seluruh investasi jika berwirausaha,
-         Kerja lama dan kerja keras yang tidak menghasilkan kepuasan,
-         Kualitas hidup yang rendah,
-         Adanya tingkat stress yang tinggi,dan
-         Keputusasaan dalam bekerja.
Adapun alas an mengapa setiap orang memilih menjadi wirausaha yang sukses adalah:
-         Untuk menentukan nasibnya sendiri.
Memiliki perusahaan sendiri memberikan kebebasan dan peluang bagi para wirausahawan untuk mencapai apa yang penting baginya.Para wirausahawan ingin ‘mencoba memenangkan’hidup mereka dan mereka menggunakan bisnis mereka untuk mewujudkan keinginan itu.
-         Untuk melakukan perubahan
Semakin banyak wirausahawan yang memulai bisnis karena mereka melihat peluang untuk membuat perubahan yang menurut mereka penting.
-         Untuk mencapai potensi sepenuhnya.
Bagi para wirausahawan,tidak banyak perbedaan antara bekerja dan bermain.Bisnis-bisnis yangdimiliki para wirausahawan merupakan alat untuk mengungkapkan dan mengaktualisasi diri.Mereka mengetahui bahwa satu-satunya batasan terhadap keberhasilan mereka adalah segala hal yang ditentukan oleh kreativitas,antusiasme dan visi mereka sendiri.
-         Untuk meraih keuntungan yang menakjubkan.
Walaupun uang bukan daya dorong utama bagi kebanyakan wirausahawan.Keuntungan bisnis merupakan factor motivasi yang penting untuk mendirikan perusahaan.


Sumber :
- Kashmir,S.E.Kewirausahaan.Edisi kedua.Jakarta:Rajawali Pers,2009.
- Zimerer,Thomas W."Essential Of Entrepreneur And Small Bussines Managament".Pearson Education,Mei 2008,hlm.11-20
- Zakiyudin,Ais.2011.Manajemen Wirausaha.Jakarta:Mitra Wacana Media


Tidak ada komentar: