Minggu, 20 Mei 2012

ANATOMI ENTERPRENEUR


   Banyak faktor yang mempengaruhi seseorang untuk menjadi seseorang menjadi enterpreneur.Bukan karena tingkat pendidikan mereka yang tinggi, tapi karena mengapa seseorang bisa menciptakan peluang dan menindaklanjutinya dengan upaya eksploitasi peluang sehingga menciptakan keuntungan yang menjanjinkan bagi dirinya. Shane mengelompokkan karakter psikologi yang mengapa seseorang lebih bisa  memanfaatkan peluang yaitu Kepribadian , motivasi,evaluasi diri, sifat sifat kognitif...
    
    Enterpreneur adalah jiwa mandiri. Dimana seorang enterpreneur memiliki keunggulan berpikir. Keunggulan dalam berpikir di sisi terfokus pada sisi sikap kreatif, dan cara berpikir mereka yang  inovatif..
      Enterpreneur adalah pribadi yang terus membawa keuntungan bagi banyak orang. Ia akan selalu memberikan keuntungan dan dapat dinikmti oleh semua orang dan membuktikan diri sebagai The life giving leader.
      Entrepreneur bukanlah orang-orang yang memilih semua usaha disegala bidang. Mereka mempelajarinya, mereka mengamatinya dari dekat, mencari informasi dan data-data yang ingin mereka ketahui lalu bergerak dengan intuisi serta pengetahuannya itu untuk membangun usaha. Dalam bidang yang telah dipilihnya seorang entrepreneur  memiliki keyakinan diri yang sangat kuat bahwa mereka akan berhasil.

       Karakteristik seorang entrepreneur adalah:

1.   Tidak mudah menyerah. Adanya hambatan dan masalah justru membuat mereka merasa lebih tertantang untuk menguasainya.
2.   Berani mencoba sesuatu yang baru, melakukan revolusi perubahan yang dapat membuka sumber pasok bagi suatu produk dan jasa.
3.   Mampu melihat peluang bisnis yang tidak dilihat atau tidak diperhitungkan oleh orang lain, serta memiliki visi untuk menciptakan sesuatu yang baru
4.   Dapat menjadi inovator, dengan mengubah keadaan yang tidak/kurang menyenangkan menjadi keadaan seperti yang diinginkan
5.   Berani mengambil risiko. Baik risiko yang bersifat finansial (rugi) maupun mental (gagal)  

      Proses kewirausahaan meliputi semua fungsi, aktivitas dan tindakan yang berhubungan dengan perolehan peluang dan penciptaan organisasi usaha Untuk itu menumbuhkan jiwa enterpreneur dalam diri kita Seseorang harus memiliki kebiasaan dalam melakukan sesuatu yang memang bukan kebiasaanya. Dalam jiwa kita jiwa enterpreneur mereka melakukan keberanian dalam memutuskan dan mengatur bisnisnya.Enterpreneur selalu ingin berinovasi dengan strateginya. Banyak contoh prinsip enterpreneur yang inovatif seperti Out of The Box yang digunakan..
       Pemilik jiwa Entrepreneurship adalah manusia yang memiliki pemikiran jauh ke depan. Ia akan selalu hidup berdampingan secara interdependen dengan sesamanya. Jiwa interdependen akan membawa kejayaan kepada orang per orang sesuai fitrah, harkat dan martabat manusia yang diciptakan untuk saling memiliki saling ketergantungan, dan mampu memanfaatkan setiap apapun yang ada di dunia.

     "Berbuat baiklah ketika kamu tau darimana rezekimu datang"(Aburirizal Bakrie,"Seminar Prinsip Out of The Box",2009)


Nama   : ENRI CHANDRA LIMBONG
Nim     : 12121748
Kelas   : 12.1A.14




Tidak ada komentar: