Rabu, 30 Mei 2012

Peranti Lunak yang User Friendly


        Peranti lunak yang user friendly adalah peranti lunak yang sederhana dan penggunaannya seringkali dikatakan mudah digunakan pengguna (user friendly). Istilah ini mungkin dapat memiliki suatu konotasi negatif dimana secara tidak langsung dapat diartikan bahwa aplikasi ini telah dibuat dengan begitu sederhana sehingga semua orang dapat mempergunakannya. Peranti lunak juga dapat diartikan sebagai sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan fungsi tertentu yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.


Macam-macam peranti lunak, misalnya:
1.Peranti Lunak Sistem
     Peranti lunak sistem(system software) atau yang dsebut juga peranti lunak sistem operasi, menjalankan tugas-tugas mendasar yang dibutuhkan oleh seluruh pengguna dari satu komputer tertentu.
2.Peranti Lunak Aplikasi 
      Para prfesional sistem informasi membuat peranti lunak siap pakai dan peranti lunak aplikasi sesuai pesanan. Dengan Meningkatnya pengetahuan para pengguna komputer maka meningkatnya pula jumlah aplikas yang ditulis sendiri oleh para pengguna akhir.  
Contoh peranti lunak, misalnya : pengolah kata (seperti Microsoft Word), pengolah angka (seperti Microsoft Excel), peranti lunak untuk mengelola data statistik (seperti SPSS), dll.
     Peranti lunak ini berisi program-program yang dirancang untuk membuat pengguna lebih produktif / membantu pengguna dengan tugas-tugas personal. Peranti lunak memiliki berbagai kegunaan, yaitu : Membuat aktivitas bisnis menjadi lebih efisien, mebantu proyek grafis multimedia, membantu tugas-tugas rumahan, personal, dan pendidikan, serta memfasilitasi komunikasi.
Keunggulan dari peranti lunak : 
1. Perangkat lunak menjalankan hampir seluruh pekerjaan yang kita bebankan pada komputer.
2. Pengguna komputer menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berinteraksi dengan perangkat lunak aplikasi.
3. Beberapa perangkat lunak dasar diantaranya: browser, pengolah kata, lembar kerja, pengolah grafik, dll.
4. Saat ini banyak perangkat lunak aplikasi yang diluncurkan dan diperbarui. Semakin lama penguna perangkat lunak akan semakin mudah (user friendly).

(Ayu Amilia/11111794/11.2A.14)

Tidak ada komentar: