Manager
sering melakukan kesalahan yang sama. Para manager selalu memulai
kegiatan-kegiatan dan membuat keputusan-keputusan tanpa menetapkan suatu
kerangka tujuannya terlebih dahulu, diman hal ini sangat penting untuk
mengarahkan pembuatan keputusan dalam organisasi. Tujuan itu sendiri adalah
hasil akhir atau segala sesuatu yang akan dicapai dan harus di raih. Setiap
tujuan kegiatan-kegiatan tersebut dapat juga disebut sebagai sasaran atau
target.
Sebelum
kita menentukan tujuan dalan suatu organisasi, kita harus menetapkan misi
organisasi terlebih dahulu. Misi adalah suatu pernyataan umum dan abadi akan
maksud organisasi, misi organisasi adalah maksud khusus dan mendasar yang
membedakan suatu organisasi dengan organisasi lain.
Setelah
menetapkan misi organisasi baru kita menetapkan tujuan organisasi. Tujuan
organisasi adalah suatu pernyataan yuang kuat tentang keadaan yang diingankan
dimana organisasi tersebut bermaskud untuk
merealisasikannya menjadi kenyataan.
Fungsi
Tujuan dalam Organisasi
Konsep
tujuan organisasi di pandang secara luas mempunyai beberapa fungsi penting yang
bervariasi menurut waktu dan keadaan. Berbagai fungsi tujuan antara lain sebagi
berikut :
1. Patokan Bagi Kegiatan
bagi kegiatan-kegiatan yang ada dalam organisasi, melalui penggambaran
hasil-hasil di waktu yang akan datang. Fungsi tujuan memberikan arah dan
pemusatan kegiatan organisasi mengenai apa yang harus dan tidak harus dilakukan
2. Sumber Legitimasi
dengan meningkatkan kemampuan kegiatan-kegiatan yang dilakukan, berguna untuk meningkatkan kemampuan organisasi untuk
mendapatkansumber daya dan dukungan dari lingkungan di sekitarnya
4. Sumber Motivasi untuk mendorong anggota lainnya dalam melaksanakan tugasnya, misalnya dengan memberikan intensif bagi anggota yang melaksanakan
tugasnya dengan baik, menghasilkan produk di atas standar dan lain sebagainya
yang akhirnya dapat mendorong para anggota lainnya.
5. Dasar Rasional Pengorganisasian, tujuan
organisasi merupakan suatu dasar perancangan organisasi yang saling berinteraksi dalam kegiatan-kegiatan
untuk mencapai tujuan.
Fungsi perumusan strategi dalam organisasi sering juga
mengguna istilah “grand strategy”, diantaranya adalah perumusan visi, misi,
tujuan (objective), kebijakan (policy), dan strategi, serta perencanaan tentang
bagaimana pengorganisasian (organization planning) seluruh kegiatan dalam
menjalankan strategi tersebut.
Organization Planning memberikan arahan kepada setiap awak
organisasi, kemana organisasi akan dibawa di masa yang akan datang. Ditinjau
secara hirarki, fungsi ini berada pada tingkatan tertinggi. Prosesnya
memerlukan pemahaman yang mendalam serta analisis yang cermat dan cerdas
tentang berbagai perkembangan kondisi lingkungan strategis, seperti
perkembangan teknologi, ekonomi sosial budaya, politik, bahkan bagi beberapa
organisasi diperlukan kajian tentang sejarah di masa silam. Permasalahan yang
dihadapi sangat kompleks dan dinamis, sehingga penuh ketidakpastian, namun
harus dapat dikenali secara cerdas untuk mengurangi tingkat ketidakpastian
tadi. Untuk itu diperlukan personil yang memiliki daya abstraksi kuat,
kemampuan yang solid dalam melakukan analisis terhadap perkembangan lingkungan
strategik, serta melakukan sintesa terhadap perkembangan iptek. Tujuan utama
dari penyelengaraan ini adalah tercapainya tujuan secara efektif. (FITRIANI MUSLIMAH)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar