Selasa, 29 Mei 2012

Fungsi Tujuan dalam Organisasi

Manager sering melakukan kesalahan yang sama. Para manager selalu memulai kegiatan-kegiatan dan membuat keputusan-keputusan tanpa menetapkan suatu kerangka tujuannya terlebih dahulu, diman hal ini sangat penting untuk mengarahkan pembuatan keputusan dalam organisasi. Tujuan itu sendiri adalah hasil akhir atau segala sesuatu yang akan dicapai dan harus di raih. Setiap tujuan kegiatan-kegiatan tersebut dapat juga disebut sebagai sasaran atau target.
Sebelum kita menentukan tujuan dalan suatu organisasi, kita harus menetapkan misi organisasi terlebih dahulu. Misi adalah suatu pernyataan umum dan abadi akan maksud organisasi, misi organisasi adalah maksud khusus dan mendasar yang membedakan suatu organisasi dengan organisasi lain.
Setelah menetapkan misi organisasi baru kita menetapkan tujuan organisasi. Tujuan organisasi adalah suatu pernyataan yuang kuat tentang keadaan yang diingankan dimana organisasi tersebut bermaskud untuk  merealisasikannya menjadi kenyataan.

Fungsi Tujuan dalam Organisasi
Konsep tujuan organisasi di pandang secara luas mempunyai beberapa fungsi penting yang bervariasi menurut waktu dan keadaan. Berbagai fungsi tujuan antara lain sebagi berikut :
1.   Patokan Bagi Kegiatan bagi kegiatan-kegiatan yang ada dalam organisasi, melalui penggambaran hasil-hasil di waktu yang akan datang. Fungsi tujuan memberikan arah dan pemusatan kegiatan organisasi mengenai apa yang harus dan tidak harus dilakukan
2.   Sumber Legitimasi dengan meningkatkan kemampuan kegiatan-kegiatan yang dilakukan, berguna untuk  meningkatkan kemampuan organisasi untuk mendapatkansumber daya dan dukungan dari lingkungan di sekitarnya
4.   Sumber Motivasi untuk mendorong anggota lainnya dalam melaksanakan tugasnya, misalnya dengan memberikan intensif bagi anggota yang melaksanakan tugasnya dengan baik, menghasilkan produk di atas standar dan lain sebagainya yang akhirnya dapat mendorong para anggota lainnya.
5.   Dasar Rasional Pengorganisasian, tujuan organisasi merupakan suatu dasar perancangan organisasi yang saling berinteraksi dalam kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan.

Fungsi perumusan strategi dalam organisasi sering juga mengguna istilah “grand strategy”, diantaranya adalah perumusan visi, misi, tujuan (objective), kebijakan (policy), dan strategi, serta perencanaan tentang bagaimana pengorganisasian (organization planning) seluruh kegiatan dalam menjalankan strategi tersebut.
Organization Planning memberikan arahan kepada setiap awak organisasi, kemana organisasi akan dibawa di masa yang akan datang. Ditinjau secara hirarki, fungsi ini berada pada tingkatan tertinggi. Prosesnya memerlukan pemahaman yang mendalam serta analisis yang cermat dan cerdas tentang berbagai perkembangan kondisi lingkungan strategis, seperti perkembangan teknologi, ekonomi sosial budaya, politik, bahkan bagi beberapa organisasi diperlukan kajian tentang sejarah di masa silam. Permasalahan yang dihadapi sangat kompleks dan dinamis, sehingga penuh ketidakpastian, namun harus dapat dikenali secara cerdas untuk mengurangi tingkat ketidakpastian tadi. Untuk itu diperlukan personil yang memiliki daya abstraksi kuat, kemampuan yang solid dalam melakukan analisis terhadap perkembangan lingkungan strategik, serta melakukan sintesa terhadap perkembangan iptek. Tujuan utama dari penyelengaraan ini adalah tercapainya tujuan secara efektif. (FITRIANI MUSLIMAH)

Tidak ada komentar: