Kamis, 21 Juni 2012

Pengertian Manajemen Menurut T.Hani Handoko

 T. HANI HANDOKO

Pengertian manajemen menurut T. Hani Handoko
Dalam melaksanakan kegiatan produksi diperlukan manajemen yang berguna untukmenerapkan keputusan-keputusan dalam upaya mengatur dan mengkoordinasikanpenggunaan sumber-sumber daya dalam proses produksi untuk mencapai tujuan organisai.Pengertian manajemen menurut James AF Stoner, yang dialih bahasakan oleh T.HaniHandoko, sebagai berikut :
“Manajemen adalah suatu proses
perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, danpengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber
daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.”

Elemen Fungsi
a.Perencanaan (planning)
adalah pemilihan atau penetapan tujuan organisasidan penentuan strategi, kebijaksanaan, proyek, program, prosedur, metode,sistem, anggaran dan standar yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan.

 b.Pengorganisasian(organizing )
T. Hani Handoko mengemukakan tiga langkah dalam proses pengorganisasian, yaitu : (a) pemerincian seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan untuk mencapai tujuan organisasi;(b) pembagian beban pekerjaan total menjadi kegiatan-kegiatan yang logik dapatdilaksanakan oleh satu orang; dan (c) pengadaan dan pengembangan suatu mekanismeuntuk mengkoordinasikan pekerjaan para anggota menjadi kesatuan yang terpadu danharmonis.

c.Penyusunan Personalia
berarti perekrutan sumber daya – sumber daya manusia dalamorganisasi ( bawahan ) atau staffing dalam suatu organisasi.

d.Pengarahan
berarti bahwa para manajer mengarahkan, memimpin dan mengaruhi para bawahan. Manajer tidak melakukan semua kegiatan sendiri, tetapi menyelesaikan tugas – tugas esensial melalui orang – orang lain.

e.Pengawasan
berarti manajer berupaya untuk menjamin bahwa organisasi bergerak kearahtujuan – tujuannya. Bila beberapa bagian organisasi ada pada jalur yang salah, manajer harus membetulkannya.Dengan kata lain “Pengawasan manajemen adalah suatu usaha sistematik untuk menetapkan standar pelaksanaan dengan tujuan – tujuan perencanaan, merancanakan
informasi umpan balik, membandingkan kegiatan nyata dengan standar yang telahditetapkan sebelumnya, menentukan dan mengukur”Proses pengawasan memiliki lima tahapan, yaitu :(a) penetapan standar pelaksanaan(b) penentuan pengukuran pelaksanaan kegiatan(c) pengukuran pelaksanaan kegiatan nyata(d) pembandingan pelaksanaan kegiatan dengan standar dan penganalisaan penyimpangan- penyimpangan(e) pengambilan tindakan koreksi, bila diperlukan.
Elemen Sasaran
Anggota Sasaran ( bawahan ) berarti anggota atau sumber daya – sumber daya yang ada dalamorganisasi itu sendiri. Biasanya di bawahi manajer atau pemimpin dalam organisasi itu sendiri.
Elemen Tujuan
Tujuan Organisasi berarti atasan atau manajer berusaha untuk merencanakan, mengorganisir,merekrut staff atau anggota, mengarahkan dan mengawasi anggota organisasi atau bawahanuntuk mencapai suatu tujuan organisasi tersebut

Menurut TH Handoko: manajemen melibatkan pencapaian ³tujuan ± tujuan organisasi yangtelah ditetapkan ³(state goals)artinya bekerja dengan orang ± orang untuk menentukan,mngintpretasikan dan mencapai tujuan ± tujuan organisasi dengan
P ««««PLANNING««««.PERENCANAAN
O ««««ORGANIZING«««..PENGORGANISASIAN
S ««««.STAFFING«««««..PENYUSUNAN PERSONALIA
D ««««.DIRECTING««««..PENGARAHAN
C«««««CONTROLLING««.PENGAWASAN
L«««««.LEADING«««««.KEPEMIMPINAN
>>Rain Rizqi Azhar/12113098/12.2E.14

Tidak ada komentar: