Sabtu, 24 Maret 2012

PERAN DAN FUNGSI MANAGER KEUANGAN

Di dalam perusahaan bidang keuangan dipimpin oleh seorang manajer keuangan(chief funancial manager). Manajer keuangan atau sering disebut direksi keuangan melaporkansecara langsung kepada direktur keuangan atau presiden direktur.Manajer keuangan bertanggung jawab untuk mempersiapkan dan memperbaiki bugdet operasi(operating bugdet) serta bertanggung jawab untuk mempersiapkan analisis pengeluaran modal meningkatkan dana perusahaan sehingga kebutuhan perusahaan dapat terpenuhi, investasi dalam aset-aset perusahaan dan kemampuan mengelolanya secara efisien .Manajer keuangan berkepentingan dengan penentuan jumlah aktiva yang layak dari investasi pada berbagai aktiva dan memilih sumber-sumber dana untuk membelanjai aktiva tersebut.
Untuk memperoleh dana, manajer keuangan bisa memperolehnya dari dalam maupun luar perusahaan. Sumber dari luar perusahaan berasal dari pasar modal, bisa berbentuk hutang atau modal sendiri. Manajer kuangan harus memusatkan perhatian pada berbagai keputusan investasi dan pembiayaan, dan berbagai hal yang berkaitan dengannya.
Manajer keuangan harus mampu menghubungkan perusahaan dengan pasar keuangan, dimana perusahaan dapat memperoleh dana dan surat berharga perusahaan dapat diperdagangkan. Kegiatan mencari alternatif sumber dana menimbulkan adanya arus kas masuk, sementara kegiatan mengalokasikan dana dan pembayaran dividen menimbulkan arus kas keluar.
Dengan demikian tugas manajer keuangan adalah merencanakan untuk memaksimumkan nilai perusahaan dan bertanggung jawab untuk program manajemen risiko secara keseluruhan termasuk mengidentifiksi risiko dan kemudian mengelolanya secara efisien untuk pertumbuhan kekayaan perusahaan dan pertumbuhan ekonomi secara menyeluruh dalam membentuk masa depan perusahaan. (Hasrul apip/Akuntansi)

Tidak ada komentar: