Apakah Yang
Kamu Tahu Mengenai Sistem Informasi Manajemen..??
Sistem informasi manajemen merupakan
sistem informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan
masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu
dalam suatu kegiatan manajemen.
Satu keahlian dari berbagai ilmu pengetahuan
dapat menjadi senjata manusia untuk dapat berperang di dunia ini. Perang apakah
yang dimaksud ? Yang dimaksud disini adalah perang dalam mencari kehidupan
dunia. Yakni perang bertahan hidup serta memenuhi kebutuhan hidup. Dalam
hidupnya manusia perlu diatur dan memiliki aturan dengan sebuah aturan terikat.
Dalam kehidupan sehari-hari, sebagai masyarakat informasi, kita selalu
memproduksi dan mengkonsumsi data dan informasi baik sebagai individu, sebagai
lembaga, maupun sebagai pelaku bisnis. Bahkan beberapa lembaga tidak akan
berfungsi bila tidak didukung oleh data dan informasi.
Sebagaimana diketahui bahwa, salah satu
komponen sistem informasi adalah manusia. Sumber daya manusia yang menjadi
komponen sistem informasi dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu :
·
Pemakai akhir ( end-user
). Disebut juga Klien, adalah orang yang memakai sistem informasi atau
informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi.
Dalam organisasi, pemakai akhir dapat
diklasifikasikan menjadi :
1. Staf
2. Manajer tingkat rendah
3. Manajer tingkat menengah
4. Manajer tingkat atas
5. Pekerja berpengetahuan ( knowledge worker )
Pekerja berpengetahuan adalah pekerja
spesialis yang menggunakan informasi dan pengetahuan sebagai bahan mentah dan
yang bergantung pada teknologi informasi untuk merancang produk-produk atau
sistem bisnis baru. Termasuk dalam kategori ini adalah insinyur dan analis
bisnis.
Pada awalnya pemakai output komputer
adalah adalah pegawai administrasi di bagian akuntansi, yang komputernya
melakukan aplikasi pembayaran gaji, pengelolaan persediaan, dan penagihan. Para
pemakai komputer meliputi: manajer, non-manajer, dan orang-orang dan
organisasi-organisasi dalam lingkungan perusahaan.
Tingkatan
manajemen adalah tingkat perencanaan strategis, seperti direktur dan para wakil
direktur. Manajer tingkat menengah mencakup manajer wilayah, direktur produk
dan kepala devisi dinamakan tingkat pengendalian manajemen. Dan manajer tingkat
bawah mencakup kepala departemen, penyelia, dan pimpinan proyek yang
bertanggung jawab pada pelaksanaan rencana-rencana tingkat yang lebih tinggi
disebut tingkat pengendalian operasional.
·
Spesialis teknologi informasi. Mereka adalah orang yang bertanggung jawab
terhadap kelangsungan operasi dan pengembangan sistem informasi. Analis sistem,
program aplikasi, analis pemrograman, administrator basis data adalah termasuk
dalam spesialis teknologi informasi.
Seorang spesialis teknologi
informasi (TI) bekerja dengan komputer. Tugas-tugas pekerjaan mencakup
instalasi dan perbaikan perangkat keras, menjaga database untuk aplikasi
pengguna atau mengawasi departemen TI spesialis lainnya. Umumnya, seorang
spesialis teknologi informasi memiliki berbagai kemampuan komputer dan bekerja
dalam beberapa kapasitas di dalam sebuah departemen TI.
Selain fokus pekerjaannya pada
komputer, spesialis teknologi informasi biasanya membutuhkan berbagai
keterampilan. Mulai dari hardware, desain departemen TI, kadang-kadang
menginstalasi infrastruktur jaringan dan membangun atau upgrade sistem
komputer. Ketika berhadapan dengan perangkat lunak, ada sejumlah besar
pekerjaan yang harus dilakukan, diantaranya men-ginstall dan meng-uninstall
paket perangkat lunak, troubleshooting dan memperbaiki sistem yang rusak serta
membangun dan memelihara database. Terakhir, mereka membutuhkan beberapa
keterampilan sosial dan manajemen, seorang manajer TI biasanya mantan spesialis
IT.
Keterampilan spesialis teknologi
informasi kadang sulit untuk ditentukan dan diukur hingga mereka melakukannya
pada posisi yang diberikan di tempat kerja. Meski dimungkinkan untuk
melakukan pekerjaan ini tanpa melalui pendidikan khusus, kebanyakan perusahaan/lembaga
biasanya mensyaratkan pendidikan formal dibidang teknologi informasi.
Akibatnya, tidak jarang orang yang memiliki keterampilan IT yang didapatkan
dari pengalaman atau belajar otodidak dan bukan lulusan pendidikan di bidang IT
tidak dapat diterima.
Data merupakan fakta mengenai objek, orang atau entiti.
Data dapat berupa kuantitatif, dan kualitatif. Data tinggi badan suatu kelompok
orang merupakan data kuantitatif, sedangkan hasil pengukuran evaluasi pekerjaan
atau deskripsi kerja merupakan bentuk data kualitatif. Data dikumpulkan oleh
suatu lembaga dan dimanfaatkan oleh berbagai jenis pemakai dengan cara yang
berbeda-beda.
Informasi merupakan hasil analisa dan sintesa data. Informasi
merupakan data yang telah diorganisasikan dalam bentuk yang sesuai untuk
digunakan oleh pemakai data yang sesuai, misalnya untuk jurutulis, analis,
manajer dan lain-lain.
Bahwa sistem
informasi manajemen dengan computer saat ini sangat berhubungan. Karena computer
berguna sebagai alat bantu pada sistem informasi. Selain itu computer juga
sebagai salah satu komponen yang dibutuhkan untuk membentuk sistem informasi
manajemen. Usaha awal untuk menerapkan computer dalam area bisnis terfokus pada
data.
(Fitrianita
Wulandari/11113047/11.2A.14)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar