Sabtu, 11 Oktober 2014

Pengguna dan Pelaku Sistem Informasi Manajemen

Manajemen adalah sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi penggunanya. Informasi adalah sekumpulan data yang sudah diolah menjadi sesuatu yang berarti serta memiliki nilai dan dapat digunakan oleh penerimanya sebagai alat pengambilan keputusan. Pelaku Sistem Informasi Manajemen adalah orang yang melakukan suatu pekerjaan yang berhubungan dengan sistem informasi manajemen. Pengguna Sistem Informasi Manajemen adalah orang yang menggunakan atau memanfaatkan sistem informasi manajemen. 

Lalu siapa sajakah para pengguna dan pelaku sistem informasi manajemen ? Pengguna dan pelaku sistem informasi manajemen ada 3 kelompok, yakni : 1. Manajer, yang terdiri dari 3 tingkatan yaitu : a. Manajer Puncak (Top Manager) yang bertugas sebagai perencana strategis, bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen dalam sebuah organisasi. b. Manajer Garis Menengah (Middle Manager) yang bertugas sebagai pengendali manajemen, dapat mencakup lebih dari satu tingkatan dalam sebuah organisasi. c. Manajer Garis Pertama (First Line) yang bertugas sebagai pengendali operasional, dan merupakan tingkatan manajer paling rendah dalam sebuah organisasi, bertanggung jawab atas pekerjaan orang lain. 

Tugas manajer secara umum adalah : Perencanaan (Planning) Pengorganisasian (Organizing) Pengarahan (Directing) Pengendalian (Controlling) Seorang manajer setidaknya harus mempunyai 2 keahlian dasar, yaitu : Keahlian Komunikasi (Communication Skill) dan Keahlian Pemecahan Masalah (Problem Solving) 2. Non Manajer, yaitu : • Karyawan adalah sumber daya manusia yang merupakan penggerak utama sebuah perusahaan. 

Tanpa karyawan maka sebuah perusahaan tidak akan berjalan dengan baik, karena tidak semua pekerjaan manusia dapat digantikan dengan mesin. Meskipun ada perusahaan yang secara keseluruhan menggunakan mesin tetap saja membutuhkan karyawan yang bertugas sebagai pengontrol dan pengendali mesin. 3. Orang-orang dan perusahaan-perusahaan yang ada dalam lingkungan perusahaan, seperti : a. Supervisor adalah seseorang yang menangani orang-orang yang memproduksi atau melakukan kinerja pelayanan. b. Pimpinan Proyek adalah seseorang yang menerima tanggung jawab untuk mengelola sebuah proyek. (Nuraeni Herlinawati/11.1A.14/11141953)

Tidak ada komentar: