Langkah dasar dalam perencanaan
anggaran bisnis, gunakan orang-orang sebaik mungkin dan sumber daya yang
terbaik dengan kualifikasi yang terbaik yang sesuai dengan karakter perusahaan
anda dengan membantu anda dalam mewujudkan rencana anggaran bisnis anda. Dalam
hal ini anda harus terlebih dahulu memahami hal-hal yang masuk kedalam rencana
anggaran anda, dasar-dasar yang harus dimasukkan kedalam rencana anggaran
anda,anggaran untuk mencapai tujuan dan petunjuk untuk memeriksa dan
mengkomunikasikan rencana tersebut.
1. Organisasi
Departemen
Anggaran dan Komite Anggaran
Departemen
anggaran biasanya melapor ke kontroler korporat, menangani arus informasi dari
sistem pengendalian manajemen. Komite anggaran terdiri dari anggota-anggota manajemen
senior, seperti Chief Executive Officer (CEO), Chief Operating Officer (COO),
dan Chief Financial Officer (CFO). Komite tersebut meninjau dan
menyetujui atau menyesuaikan masing-masing anggaran.
2. Penerbitan Pedoman
Langkah
pertama dalam proses penyusunan anggaran adalah mengembangkan pedoman yang
mengatur penyusunan anggaran, untuk disebarkan ke semua manajer. Pedoman ini
adalah yang dinyatakan secara implisit dalam rencana strategis dan dimodifikasi
sesuai dengan perkembangan yang telah terjadi semenjak disetujui, khususnya
kinerja perusahaan sampai tanggal tersebut dan prediksi terakhir.
3. Usulan Awal Anggaran
Menggunakan
pedoman tersebut, manajer pusat tanggung jawab, dibantu dengan stafnya,
mengembangkan permintaan anggaran, Karena sebagian besar pusat tanggung jawab
akan memulai tahun anggaran dengan fasilitas, karyawan, dan sumber daya lain
yang sama seperti yang mereka miliki saat ini, maka anggaran ini didasarkan
pada tingkatan yang ada, yang dikemudian dimodifikasi sesuai dengan pedoman.
4. Negosiasi
Pembuat
anggaran mendiskusikan usulan anggaran dengan atasannya. Ini merupakan inti
dari proses tersebut. Alasan cenderung untuk menilai validitas dari tiap
penyesuaian
5. Tinjauan dan Persetujuan
Usulan
anggaran diajukan melalui beberapa tingkatan yang berjenjang dalam organisasi.
Ketika usulan tersebut mencapai puncak dari unit bisnis, analis mengumpulkan
potongan-potongan tersebut bersama-sama dan memeriksa totalnya. Sebagian,
analisis mempelajari konsistensi-misalnya, Persetujuan terakhir
direkomendasikan oleh komite anggaran kepada CEO. CEO juga menyerahkan
anggaran yang telah disetujui kepada dewan direksi untuk disahkan. Hal ini
terjadi pada bulan Desember, tepat sebelum awal tahun anggaran. (Ayu
Roswini/11101363/11.4A.24)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar