Minggu, 09 Februari 2014

Peranti Lunak yang User Friendly

Peranti lunak yang user friendly adalah peranti lunak yang secara tampilan menarik dan sederhana serta penggunaannya mudah (user friendly). Istilah mudah ini mungkin dapat memiliki suatu arti negatif dimana secara tidak langsung dapat diartikan bahwa aplikasi ini telah dibuat dengan begitu sederhana sehingga semua orang dapat mempergunakannya. Peranti lunak juga dapat diartikan sebagai sebuah perangkat lunak (software) yang digunakan untuk melakukan fungsi tertentu yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.
            Saat ini telah banyak terdapat perangkat lunak yang dapat digunakan dalam proses mempermudah user. Salah satu kriteria yang harus dimiliki oleh piranti lunak yang ‘user friendly’ adalah :
    *Enak dilihat
setiap orang yang menggunakan perangkat lunak pertama kali adalah melihat tampilannya setelah tampilanya menarik maka selanjutnya akan mempelajari cara menggunakanya.
    *Mudah dioperasikan
Maksud mudah dioperasikan disini mudah untuk dimengerti dan digunakan oleh user yang membutuhkan software tersebut. Software yang kita buat dirancang memberikan kemudahan user untuk mengembangkan nalar sendiri.
   * Mudah dipelajari
dengan criteria mudah di pelajari maka user akan cenderung lebih memilih aplikasi ini ketimbang aplikasi yang lain jika saja fungsi dan kegunaanya tidak jauh beda (outputnya).
    *User merasa senang menggunakan/menjalankan
setelah ketiga kriteria di atas terpenuhi maka dengan sendirinya akan memunculkan kriteria ini yaitu user merasa senang dalam penggunannya.
Untuk membuat antarmuka yang memenuhi kriteria di atas, maka sistem harus dapat menangani piranti-piranti yang terhubung dengan sistem, misalnya piranti masukan (keyboard, mouse, dll), dan juga piranti keluaran, misalnya layar dan printer.
Saat ini alat bantu untuk membuat antarmuka sudah banyak tersedia. Banyaknya compiler-compiler bahasa pemrograman visual seperti Visual dBase, Visual Basic, Visual Delphi, Visual C/C++,  merupakan bahasa pemrograman yang dapat dipakai mengembangkan aplikasi sekaligus membuat antarmuka berbasis grafis yang mudah digunakan.
Pada pembahasan kali ini saya akan mencoba memberikan salah satu contoh software yang user friendly yang paling umum di gunakan saat ini yaitu software operating system Windows yang ada di computer kita.
Windows XP merupakan versi sistem operasi Windows yang paling lama karena sudah bertahun-tahun menemani para pengguna Windows, dari tahun 2001 hingga tahun 2007, dan sampai sekarang masih banyak yang menggunakan.

Setelah meraih kesuksesan dengan Windows XP nya, Microsoft tidak berhenti begitu saja dalam mengembangkan Windows. Pada 30 November 2006, versi terbaru dari Windows lahir dengan nama Windows Vista. Pada OS satu ini Microsoft meningkatkan keamanan sistem operasinya, serta menampilkan fitur grafis yang lebih keren ketimbang Windows XP.

Tidak lama sejak Windows Vista rilis, pada 22 Oktober 2009 Microsoft meluncurkan lagi OS baru yang disebut Windows 7. OS yang satu ini memiliki tampilan yang sangat cantik bila dibandingkan dengan Windows XP (walaupun ada Windows XP yang tampilannya dikustomisasi mirip Windows 7)

Pada Windows XP dan Windows 7 atau sistem operasi komputer lainnya yang menggunakan menu grafis agarmempermudah para pengguna-nya untuk berinteraksi dengan komputer atau sistem operasi sering disebut GUI (Graphical User Interface). Menu grafis ini maksudnya terdapat tampilan yang lebih ditekankan untuk membuat sistem operasi yanguser-friendly agar para pengguna lebih nyaman menggunakan komputer. Menu grafis itu seperti ada grafis-grafis atau gambar-gambar dan tampilan yang tujuannya untuk memudahkan para pengguna menggunakan sistem operasi.

Perbedaan tampilan pada Windows XP dan Windows 7 mempengaruhi user interface dalam mengoperasikan sistem operasi. Berikut beberapa contoh pendekatan dalam user friendly pada Windows dan perbedaan user friendly pada windows XP dan Windows 7 :
·         Windows XP masih ada kekurangan pada efek efek desktopnya dan efeknya tidak kelihatan begitu menonjol. Windows 7 memiliki banyak sekali efek untuk tampilannya, salah satunya adalah Aero Glass, windows 7 lebih optimal untuk urusan efeknya.

·          Start menu pada Windows 7 lebih keren tapi sederhana, Untuk mencari program di Windows 7 kita tidak perlu lagi susah-susah buka All Program layaknya Windows XP atau kotak Search yang membutuhkan waktu lama. Kita cukup mencarinya dari kotak search di Start Menu. SAEFUR ROHMAN

Tidak ada komentar: