Jumat, 11 Mei 2012

Analisa Pasar Konsumen

*      Analisa pasar adalah suatu cara untuk mengumpulkan informasi dan mengolah data yang terus menerus, baik dari sumber-sumber intern maupun sumber-sumber extern, mengenai semua faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan tentang pemasaran.
*      Tujuan dari analisa pasar adalah memberikan kemampuan dalam mengidentifikasi, memilih, mengumpulkan dan memanfaatkan informasi pasar dan perilaku konsumen bagi program pemasaran dan program lainnya.Berikut adalah tujuan dasar analisa pasar konsumen ;
ü  Mengidentifikasikan sasaran konsumen
ü  Perencanaan barang
ü  Penentuan harga
ü  Distribusi fisik
ü   Saluran distribusi
ü   Promosi
*      Tahap-tahap yang ada dalam proses pembelian adalah :
  1.  Kebutuhan yang dirasakan
  2.  Kegiatan konsumen sebelum membeli                    
  3.  Keputusan untuk membeli
  4.  Perilaku waktu memakai
  5.  Perasaan setelah membeli                                



Ø  siapa saja yang ada dalam ruang lingkup konsumen ?? Pasar konsumen terdiri dari seluruh individu-individu dan rumah   tangga yang membeli atau membutuhkan barangbarang dan jasa untuk keperluan pribadi. Konsumen ini dapat dibedakan  berdasarkan :
v  umur
v  pendapatan
v  tingkat pendidikan
v  pola mobilitas
v  selera, dsbnya

Ø  apa yang dibeli konsumen ?? Berdasarkan tingkat pemakaiannya dan keberujudan-nya barang konsumsi dapat digolongkan sebagai :
ü  barang tidak tahan lama
ü  barang tahan lama
ü  jasa

Ø  kapan konsumen membeli juga merupakan factor penting dalam analisa pasar konsumen.Waktu pembelian yang dilakukan konsumen dapat dianalisa berdasarkan beberapa faktor :
·         Frekuensi pembelian suatu produk tergantung dari tingkat pemakaian produk tersebut.
·         Tingkat pembelian juga dipengaruhi oleh faktor musiman.
·         Keadaan ekonomi sangat mempengaruhi waktu pembelian konsumen
Ø  Siapa yang terlibat dalam pembelian ?? Salah satu tugas pokok perusahan adalah menentukan siapa yang mengambil keputusan untuk suatu pembelian barang atau jasa.
Ø  Mengapa Konsumen membeli ?? Konsumen membeli suatu produk karena ingin memuaskan kebutuhan dan keinginnya. Timbulnya kebutuhan dan keinginan tersebut disebabkan  Oleh beberapa faktor seperti :
§  faktor sosial
§  ekonomi
§  psikologis
§  perkembangan fisik
§  keagamaan, dsbnya
Ø  Bagaimana konsumen membeli ?? Bagi konsumen pembelian bukanlah hanya merupakan satu tindakan saja, melainkan terdiri dari beberapa tindakan yang meliputi keputusan tentang jenis produk, bentuk, merk, jumlah, penjual, dan waktu serta cara pembayarannya. Hal ini banyak dipengaruhi oleh kebiasaan membeli dari para konsumen. Salah satu diantaranya adalah pembelian yang dilakukan tanpa rencana, yang dapat dibedakan atas :
Ø  Pembelian tanpa rencana dan berdasarkan saran orang lain
Ø  Pembelian yang tak direncanakan lebih dulu yang didasarkan ingatan saja

*      Jadi bagi para wirausahawan,analisa pasar konsumen sangat erat penting karna analisa pasar konsumen sangat erat kaitan nya dengan penentuan 4P,antara lain ;
§  PRICE
§  PRODUCT
§  PROMOTION
§  PLACE
(Juliana mangku rahayu / 11101978  / 11.4A.24)
HUBUNGAN 6 O DAN 4 P
RESENTATION

Tidak ada komentar: