Analisa
pasar adalah suatu cara untuk mengumpulkan informasi dan mengolah data yang
terus menerus, baik dari sumber-sumber intern maupun sumber-sumber extern,
mengenai semua faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan tentang pemasaran.
Tujuan dari
analisa pasar adalah memberikan kemampuan dalam mengidentifikasi, memilih, mengumpulkan
dan memanfaatkan informasi pasar dan perilaku konsumen bagi program pemasaran dan
program lainnya.Berikut adalah tujuan dasar analisa pasar konsumen ;
ü Mengidentifikasikan sasaran konsumen
ü Perencanaan barang
ü Penentuan harga
ü Distribusi fisik
ü Saluran distribusi
ü Promosi
Tahap-tahap yang
ada dalam proses pembelian adalah :
- Kebutuhan yang dirasakan
- Kegiatan konsumen sebelum membeli
- Keputusan untuk membeli
- Perilaku waktu memakai
- Perasaan setelah membeli
Ø siapa saja yang ada dalam ruang lingkup
konsumen ?? Pasar konsumen terdiri dari seluruh individu-individu dan rumah tangga yang membeli atau membutuhkan
barangbarang dan jasa untuk keperluan pribadi. Konsumen ini dapat dibedakan berdasarkan :
v umur
v pendapatan
v tingkat pendidikan
v pola mobilitas
v selera, dsbnya
Ø apa yang dibeli konsumen ?? Berdasarkan
tingkat pemakaiannya dan keberujudan-nya barang konsumsi dapat digolongkan
sebagai :
ü barang tidak tahan lama
ü barang tahan lama
ü jasa
Ø kapan konsumen membeli juga merupakan factor penting
dalam analisa pasar konsumen.Waktu pembelian yang dilakukan konsumen dapat
dianalisa berdasarkan beberapa faktor :
·
Frekuensi
pembelian suatu produk tergantung dari tingkat pemakaian produk tersebut.
·
Tingkat
pembelian juga dipengaruhi oleh faktor musiman.
·
Keadaan
ekonomi sangat mempengaruhi waktu pembelian konsumen
Ø Siapa yang terlibat dalam pembelian ?? Salah
satu tugas pokok perusahan adalah menentukan siapa yang mengambil keputusan
untuk suatu pembelian barang atau jasa.
Ø Mengapa Konsumen membeli ?? Konsumen membeli suatu
produk karena ingin memuaskan kebutuhan dan keinginnya. Timbulnya kebutuhan dan
keinginan tersebut disebabkan Oleh beberapa
faktor seperti :
§ faktor sosial
§ ekonomi
§ psikologis
§ perkembangan fisik
§ keagamaan, dsbnya
Ø Bagaimana konsumen membeli ?? Bagi konsumen
pembelian bukanlah hanya merupakan satu tindakan saja, melainkan terdiri dari
beberapa tindakan yang meliputi keputusan tentang jenis produk, bentuk, merk,
jumlah, penjual, dan waktu serta cara pembayarannya. Hal ini banyak dipengaruhi
oleh kebiasaan membeli dari para konsumen. Salah satu diantaranya adalah
pembelian yang dilakukan tanpa rencana, yang dapat dibedakan atas :
Ø Pembelian tanpa rencana dan berdasarkan saran
orang lain
Ø Pembelian yang tak direncanakan lebih
dulu yang didasarkan ingatan saja
Jadi bagi
para wirausahawan,analisa pasar konsumen sangat erat penting karna analisa
pasar konsumen sangat erat kaitan nya dengan penentuan 4P,antara lain ;
§ PRICE
§ PRODUCT
§ PROMOTION
§ PLACE
(Juliana mangku rahayu / 11101978 / 11.4A.24)
HUBUNGAN 6 O DAN 4 P
RESENTATION
Tidak ada komentar:
Posting Komentar