Manajemen Menurut James AF.Stoner & Charles Wankel
James A. Stoner & Charles Wankel : management is the process
of planning, organizing, leading, and controlling the efforts of organization
members and of using all other organizational resources to achieve stated
organizational goals
(manajemen adalah proses perencanaan,
pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya anggota organisasi dan
penggunaan seluruh sumber daya organisasi lainnya demi tercapainya tujuan
organisasi)
Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan,
dan pengendalianupaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber
daya yang ada pada organisasi untukmencapai tujuan organisasi yang telah
ditetapkan sebelumnya.
Menurut
James A.F. Stoner dan Charles Wankel (dalam Siswanto, 2005:2) memberikan
batasan manajemen sebagai berikut: manajemen adalah proses perencanaan,
pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya anggota organisasi dan
penggunaan seluruh sumber daya organisasi lainnya demi tercapainya tujuan
organisasi
Manajemen
sebagai proses, oleh para ahli diberikan pengertian yang berbeda-beda. Menurut
Daft (2002:8) manajemen adalah pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan
cara efektif dan efisien melalui perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan,
dan pengendalian sumber daya organisasi. The Liang Gie (dalam Mahtika, 2006:6)
mengemukakan bahwa manajemen adalah segenap perbuatan menggerakkan sekolompok
orang atau mengerahkan segala fasilitas dalam suatu kerja sama untuk mencapai
tujuan tertentu.
Berdasarkan
definisi tersebut diatas, maka manajemen mempunyai tiga unsur pokok yaitu: (1)
adanya tujuan yang ingin dicapai, (2) tujuan dapat dicapai dengan menggunakan
kegiatan orang lain, dan (3) kegiatan-kegiatan orang lain itu harus dibimbing
dan diawasi. Dengan demikian manajemen dapat dipastikan adanya maksud untuk
mencapai tujuan tertentu dari kelompok atau organisasi yang bersangkutan.
Sedangkan untuk mencapainya suatu perencanaan yang baik, pelaksanaan yang
konsisten dan pengendalian yang kontinyu, dengan maksud agar tujuan yang
diinginkan dapat tercapai dengan efisien dan efektif. Efisien dapat dikatan
suatu kondisi atau keadaan, dimana penyeiesaian suatu pekerjaan dilaksanakan
dengan benar dan dengan penuh kemampuan yang dimiliki. Sedangkan efektivitas
adalah suatu kondisi atau keadaan dimana dalam memilih tujuan yang hendak
dicapai menggunakan sarana ataupun peralatan yang tepat, disertai dengan
kemampuan yang dimiliki, sehingga tujuan yang diinginkan dapat dicapai dengan
hasil yang memuaskan.
Manajemen
sebagai seni berfungsi untuk mencapai tujuan yang nyata mendatangkan hasil atau
manfaat, sedangkan manajemen sebagai ilmu berfungsi menerangkan
fenomena-fenomena, kejadian¬kejadian, keadaan-keadaan sebagai penjelasannya. >>Febryani Damayanti
Tidak ada komentar:
Posting Komentar