Jumat, 27 April 2012

PERANAN KELUARGA DALAM MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA


Peranan keluarga dalam menumbuhkan jiwa wirausaha

Menurut saya,peranan keluarga dalam kewirausahaan sangatlah penting,disamping sebagai penyemangat disaat kita gagal dalam menjalankan usaha kita,juga sebagai acuan untuk berfikir kedepannya.

Untuk ,kita ketahui bahwa umur orang tua kita akan terus bertambah. Keadaan fisik mereka pun juga semakin lemah,tidak seperti saat mereka muda dulu. Disinilah kita dituntut untuk berfikir ke depan. Suatu saat nanti kita akan jadi tulang punggung untuk menghidupi mereka. Maka kita harus menciptakan usaha sedini mungkin sebelum kita menghidupi mereka. Jadi bila sudah saatnya nanti kita tinggal menjalankan usaha kita tersebut.

Dalam berwirausaha,pasti akan ada suatu kegagalan dalam menjalankannya. Disinilah peran keluarga akan kita rasakan dengan sangat. Mereka akan selalu mensupport kita untuk pantang mnyerah dalam menghadapi suatu hal apapun. Mereka pun akan membantu sebisa mereka dalam hal wirausaha kita.

                Dari segi permodalan,kita tentunya ingat akan Bank dan Orang tua/keluarga. Apabila kita berfikir secara matang,maka kita akan membuang jauh-jauh kata-kata Bank dari pemikiran kita. Karena jika kita mengambil modal dari Bank,maka mau tidak mau kita harus menyertakan agunan.  Berbeda dengan perencanaan dengan keluarga kita.

                Disaat kita memerlukan modal,maka keluarga akan mensupport dengan memberikan pinjaman kepada kita. Sifatnya pun tidak seperti Bank yang mengikat dan ditentukan masa pengembaliannya. Dengan begitu,kita tidak akan merasa terbebani dalam menjalankan usaha,kita bisa berfikir tenang,focus akan kemajuan usaha dan tentunya bisa memulai meraih impian dengan semangat dan dukungan dari pihak keluarga.

Dari segi kepercayaan atau partner,kita akan lebih nyaman dalam menjalankannya apabila dengan kalangan keluarga. Kita tidak perlu tahu seluk beluk partner kita dulu,karena kita sudah lama mengenalnya di dalam keluarga.berbeda apabila kita bekerja sama dengan orang lain,sebelum kita menjalin usaha dengan orang tersebut,kita harus lebih dahulu mengetahui latar belakang partner usaha kita,hal ini kita lakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan.

Dengan penjelasan di atas,kita bisa mengambil  kesimpulan bahwa di samping dari segi moral,keluarga bisa membantu dari segi apapun juga yang menurut kita bersama sangatlah penting halnya dalam berwirausaha.

Maka,dalam berwirausaha harusnya kita menyertakan keluarga dalam menjalankannya.karena dengan dukungan dari keluarga,secara tidak langsung kita merasakan dukungan moral yang tidak akan kita dapatkan dari orang manapun juga.

(Purwanto/12.1C.24/12121790)

Tidak ada komentar: