Selasa, 20 Desember 2011

MEMULAI USAHA DARI NOL


Memulai Usaha Dari Nol
Anda mungkin pernah atau bahkan sering memikirkan atau memimpikan untuk memulai suatu wirausaha. Namun, keinginan ini selalu terhambat oleh pikiran bahwa anda tidak mempunyai pengalaman berbisnis, tidak datang dari keluarga pewirausaha, dan tidak memiliki bakat untuk menjadi seorang "wirausahawan", atau melakukan pekerjaan sebagai seorang wirausahawan. Akibatnya, keinginan ini hanya sekadar menjadi keinginan yang tidak anda realisasikan ke dalam dunia nyata yaitu dunia kewirausahaan.
Namun, untuk memulai sesuatu yang baru, anda memang harus keluar dari zona nyaman diri anda. Sadari bahwa wirausaha merupakan langkah yang baru sehingga anda harus bersedia belajar untuk mengerti apa itu wirausaha. Untuk itu, kenali lebih dulu langkah awal untuk memulai sebuah wirausaha yang mungkin akan dapat membantu anda dalam menjalankan usaha yang anda pilih.
Jika anda ingin merintis usaha dari nol atau dari awal ada beberapa hal yang harus anda perhatikan yakni:
a. Percaya Diri
Untuk memulai suatu usaha, anda harus "berani malu". Meskipun banyak orang di sekeliling anda meremehkan usaha yang sedang anda jalankan, teguhkan niat dan pendirian anda, tetaplah konsisten dengan bisnis yang anda pilih. Anda tidak perlu merasa malu dalam menjalankan usaha dan memasarkan produk anda, serta anda tidak perlu malu dan putus asa jika anda menemui sebuah kegagalan, sebaliknya anda harus belajar banyak dari sebuah kegagalan yang anda alami.

b. Berani Menghadapi Resiko
Dalam setiap usaha sudah barang tentu  akan menghadapi suatu masalah yang tentunya pasti akan selalu berbeda-beda dalam setiap usaha, oleh karena itu seorang wirausahawan harus berani mengambil sebuah resiko. Keadaan yang mendesak merupakan motivasi dalam berwirausaha. Banyak orang berani mengambil sebuah tindakan atau keputusan yang mungkin dapat menimbulkan suatu resiko pada saat dalam keadaan terdesak. Faktor ini merupakan energi tambahan bagi seseorang untuk mencapai kesuksesan.

c. Berani Sukses dan Tidak Takut Gagal
Kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda, demikian kata bijak yang sering kita dengar. Melalui serangkaian kegagalan, anda dapat menambah pengetahuan sehingga tidak mengulangi kesalahan yang sama.
"Habiskanlah jatah kegagalan anda. Setelah itu, anda akan menuai keberhasilan dan kesuksesan. Jangan takut dengan kegagalan yang terus-menerus".
Jadikanlah kegaalan itu sebagai pelajaran agar anda tidak melakukan kesalahan yang sama di masa depan.

d. Inovatif dan Kreatif
Untuk berwirausaha, anda harus kreatif dan banyak memberikan inovasi untuk bisnis anda. Ketika pasar mulai bosan dengan produk yang anda keluarkan, itu tandanya anda harus mulai berinovasi dengan produk yang baru, atau varian baru.
Dalam hal ini anda dapat menuangkan ide-ide anda yang mungkin untuk orang lain merupakan suatu hal yang gila dan sangat tidak mungkin.
            Hal lain yang tidak kalah penting dalam memulai sebuah usaha adalah berani bermimpi, beranikan diri anda untuk memulai mimpi-mimpi anda yang telah tertunda mulai dari sekarang dan wujudkanlah dalam berwirausaha.
(Nama:Ketut Ria Purwati, Kelas:12.1E.24, Nim:12114678)

Tidak ada komentar: