Kamis, 22 Desember 2011

macam-macam profesi akuntansi


                             MACAM-MACAM PROFESI AKUNTANSI

             Jabatan-jabatan dalam lapangan akutansi dapat dikelompokkan dalam berbagai bidang. Umumnya akuntansi dibedakan menjadi dua bidang yaitu : Akuntasi publik dan akuntasi intern.

               Akuntan publik adalah akuntansi yang memberikan jasanya untuk melayani kebutuhan masyarakat. Untuk itu akuntansi publik menerima imbalan jasa dari pemakai jasa. Bidang pekerjaan akuntan publik adalah : 

1.      Pemeriksan Laporan keuangan (auditing). Bidang ini merupakan bidang pekerjaan profesi paling utama yang di berikan kepada publik.  
  
2.      Akuntansi perpajakan. Adalah jasa akuntan publik yang banyak dibutuhkan masyarakat dalam rangka memenuhi peraturan perpajakan yang berlaku dan untuk menekan pajak seminimal mungkin.

3.      Konsultasi manajemen. Adalah pemberian jasa yang meliputi aspek yang luas mengenai operasi perusahaan.

          Sedangkan akuntan intern bertugas untuk membantu manajemen dalam pengawasan baiaya, peranggaran, perancangan sistem informasi dan pemeriksaan internal.

          Selain itu dalam berbagai khasanah literature akuntansi, pembidangan akuntasi sering disederhanakan menjadi dua kelompok, yaitu : Akuntansi Keuanagn dan Akuntansi Manajemen.    

           Akuntansi keuangan adalah akuntansi yang bertujuan utama menghasilkan laporan keuangan untuk kepentingan pihak luar seperti investor, badan pemerintah, dan pihak luar lainya. Sedangkan akuntansi manajemen akun tansi yang bertujuan utama menghasilkan informasi untuk kepentingan manajemen.                    

                                               
                                                      NAMA : FIKRI HAMZAH
                                                      KELAS  : 12,1C,24
                                                      NIM     : 18110774

Tidak ada komentar: