Rabu, 21 Desember 2011

MEMULAI USAHA BARU


MEMULAI  USAHA BARU

Di zaman Globalisasi ini kehidupan kita semakin sulit, apalagi dalam hal berbisnis/berwira usaha. Namun  hendaknya kita jangan takut bayangan dahulu sebelum kita mencoba untuk memulai usaha kita. Apalagi bagi yang sekarang masih bekerja pada suatu instansi atau pabrik-pabrik, dengan membuka usaha bisa untuk persiapan masa pensiun kelak. Bukankah kita tidak selamanya bekerja di suatu instansi atau pabrik – pabrik ?

Berikut ini adalah salah satu alasan kenapa kita harus memulai usaha baru :

Sebagaimana disebutkan dalam Al Qur’an Surat Ar Ra’du ayat 11 yg artinya:

“ Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, kecuali kaum itu sendiri yang akan merubahnya. “

Rezeki tidak hanya ada di tempat kita bekerja sekarang, akan tetapi ada di semua tempat di dunia ini.

Tips – tips untuk memulai usaha baru :

  1. Mulailah dari hobi.
Contohnya : bagi yang senang dengan fotografi bisa dengan mencoba menjadi fotografer di acara pernikahan tetangga – tetangga terdekat dahulu.

  1. Mulai dengan modal yang kecil dahulu
Untuk membuka usaha tidak harus dengan modal yang besar, bahkan dengan modal Rp 50.000 saja kita bisa memulai sebuah usaha, contohnya jualan makanan ringan/snack Bahkan dengan modal nol rupiah pun kita bisa memulai usaha baru, yaitu dengan menjualkan barang dagangan punya kenalan kita lalu kita jual lagi kepada orang lain.

  1. Mulailah saat ini juga
Tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang baik. Selagi ada kesempatan untuk mengubah nasib kita segeralah lakukan. Semakin cepat kita memulai usaha kita maka kita akan semakin tahu juga permasalahan-permasalahan dalam usaha serta dapat menjadi pelajaran yang sangat berharga buat kehidupan kita.

  1. Memperbanyak bergaul dengan pengusaha.
Dalam membuka suatu usaha sebaiknya kita kenal dengan pengusaha yang lain sebagai motivasi bagi kita untuk mengembangkan usaha kita.

  1. Menciptakan Branding/ sesuatu yang baru atau unik
Dengan menciptakan sesuatu yang baru atau unik akan mudah di kenal dan diingat oleh orang lain, sehingga selalu membuat penasaran orang lain untuk membeli barang dagangan kita.

  1. Menciptakan pemasaran yang berpeluang.
Dalam menjual barang dagangan kita hendaknya tidak hanya memperbanyak kuantitas penjualannya saja, akan tetapi harus berkualitas juga, sehingga orang akan selalu membeli/ menggunakan produk kita.

  1. Tidak takut dengan kegagalan
Jangan jadikan kegagalan membuka usaha sebagai akhir dari segalanya akan tetapi jadikan kegagalan sebagai awal dari kesuksesan kita. Tidak ada orang yang sukses tanpa mengalami kegagalan. Sebagaimana manusia bisa berlari pasti berawal dari merangkak, berdiri, berjalan dan baru berlari.

  1. Memperbanyak ibadah, berdoa,beramal dan bertawakkal kepada Allah SWT
Hal paling penting dari itu semua adalah seluruh hidup kita harus berorientasi akhirat maka Insya Allah dunia akan melayani kita.Berbisnis semata-mata untuk mengejar materi, kita akan capek sendiri dan tidak ada akhirnya, akan tetapi berbisnis untuk bermanfaat bagi orang lain, rezeki pasti akan datang.

Demikian beberapa tips untuk memulai suatu usaha baru, mudah-mudahan bisa memotivasi dan bermanfaat bagi kita semua. Amien. ( Sumber : berbagai sumber dan pengalaman pribadi ) (Agus sulis wahyudi/12.1B.24/12119066)

Tidak ada komentar: