Rabu, 09 Mei 2012

Mensikapi Kegagalan dalam Usaha

Kegagalan adalah suatu hal yang paling tidak bisa diterima oleh seseorang, karena setiap orang tidak pernah berpikir untuk pernah gagal tetapi selalu berpikir untuk terus dan terus berhasil sampai pada akhirnya mencapai puncak yang dicitacitakan. Ternyata pada suatu saat dia gagal maka akibatnya dia akan kehilangan semangat bekerja dan merasa bahwa dia sudah gagal total. Beliau lupa bahwa menurut orang bijak bahwa : ”kegagalan adalah suatu kunci keberhasilan” dimana dari kegagalan yang ada dia mengadakan evaluasi dan akirnya didapat suatu hal penyebab kegagalan dan dengan bercermin dari kegagalan maka dia bisa bangkit lagi dan berhasil. Tetapi ada juga yang merasa bahwa kegagalan yang dihadapi adalah sudah total dan tidak mungkin untuk bangkit lagi.

a. Arti Sebuah Kegagalan                                                                                                         
Dalam kehidupan ini kita semua pernah menghadapi suatu kegagalan baik dalam usaha, dalam bidang pendidikan, maupun dalam keluarga dimana kegagalan itu kelihatannya disebabkan hal kecil dan tidak pernah diperhitungkan. Apabila kita menghadapi kegagalan tersebut kerap kali kita tidak mengetahui jalan keluar dan kita tidak bisa menerimanya dengan alasan kok bisa, padahal kita sudah perhitungkan dengan masak-masak akan segala risikonya yang mungkin timbul. Jarang terjadi suatu usaha yang langsung berhasil apabila tidak didukung oleh dana yang kuat atau seorang anak yang orangtuanya adalah “seorang kuat” dinegara ini dengan fasilitas yang wah dan selalu mendapat kemudahan-kemudahan untuk itu:
  • Perlu diingat bahwa apa sesungguhnya yang membuat adanya kegagalan membuat kita akan berusaha mengatasinya. Dengan demikian maka kita sudah mendapat ilmu baru perihal penyebab kegagalan dan cara mengatasinya dan untuk selanjutnya kita akan lebih hati-hati lagi. Seperti kata orang bijak: ”Experience is a best teacher” pengalaman adalah guru yang baik bagi orang yang mau belajar dari hal telah dialaminya.
  • Kegagalan kemungkinan timbul karena terlalu banyak mempergunakan teori atau juga berdasarkan keberhasilan orang lain tanpa mempelajari lebih mendalam akan keberhasilan orang lain tersebut. Untuk itu perlu diadakan semacam penelitian terlebh dahulu atas apa yang diinginkan oleh pasar. Berarti ada usaha untuk belajar mengetahui kondisi lingkungan.
  • Seorang yang selalu berusaha untuk mengatasi kegagalan adalah akan menjadi kuat dan tahan banting karena kegagalan bukan untuk dihindari tetapi diatasi dengan sikap terbuka dan positif. Memang perlu diakhiri bahwa kegagalan adalah suatu hal yang sulit diterima oleh siapa saja pada umumnya.
b. Kegagalan Sebagai Pembelajaran
Kegagalan bisa terjadi apabila seseorang merasa tidak berhasil mencapai apa yang diharapkan atau dicita-citakan misalnya tidak dapat menyelesaikan pendidikan karena tidak ada biaya, setelah menyelesaikan pendidikan tetapi sulit mendapat pekerjaan seperti yang diharapkan, sudah mendapat pekerjaan tetapi kemudian kena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), membuat usaha tetapi tidak berhasil dll. Untuk itu bagi seseorang yang harus mencari pekerjaan maka jauh-jauh hari dia sudah harus bekerja keras untuk menuntut ilmu. Seperti kata orang bijak: Kalau kamu mau keadaan nanti ramah kepada anda maka sekarang anda harus keras kepada dirimu tetapi sebaliknya apabila kamu sekarang ramah kepada diri anda maka nanti keadaan akan keras kepada anda.
c. Menyikapi Kegagalan Dalam Proses Realisasi Hidup
Bagaimana kita harus menyikapi kegagalan dalam realisasi hidup bisa dilaksanakan sbb:
  • Kita harus mengadakan evaluasi dan koreksi diri mengapa hal itu terjadi apakah memang ada kekurangan atau kelalaian kita selama ini sehingga kita bisa mendapat jalan keluar.
  • Kegagalan adalah awal dari keberhasilan kata-kata dari mereka yang dulu pernah gagal tetapi diatas puing-puing kegagalan itu dia berusaha bangkit lagi. Seperti Henry Ford pengusaha mobil yang terkenal. Saat dia diambang kebangkrutan dan semua assetnya disita dia hanya berkata: silakan ambil semuanya kecuali pegawai saya. Dan dengan pegawai-pegawai tadi dia bangkit lagi sampai sekarang.
  • Gagal untuk menjadi pegawai jangan menjadi patokan atau dasar untuk putus harapan. mungkin anda bertalenta bukan pegawai tetapi pedagang, pengusaha dll. Cari usaha lain yang tidak memerlukan biaya besar. Seorang pengusaha terkenal dia mulai usaha hanya dengan menjual/berdagang beberapa butir telur.
  • Kegagalan harus disikapi dengan tenang dan tetapi berusaha karena hidup harus jalan terus berarti pemasukan tentunya harus tetap ada dan jangan malu untuk berusaha apapun asal tetap halal.
  • Jangan cepat-cepat memutuskan bahwa saya sudah gagal tetapi usahalah bergaul dengan banyak orang yang kemungkinan ada yang dapat memberi jalan yang baik.
  • Usahakan bahwa anda mempunyai satu kelebihan dari orang lain biarpun hanya sedikit sehingga kelebihan itu menjadi modal yang dapat dikembangkan pakailah prinsip bisnis orang Jepang dimana apabila anda berjalan dihutan bersama seorang kawan dan tiba-tiba ada harimau mengejar anda maka usahakan agar anda setengah langkah lebih maju dari kawan anda dan akhirnya yang diterkam oleh harimau adalah orang yang paling belakang berarti selamatlah anda.
  • Dan jangan lupa dan terutama yaitu berdoa selalu karena Allah s.w.t akan memberi kesempatan pada umat-NYA yang tekun didalam doa dan sabar dalam pengharapan.

Allah selalu memberikan Hidayah & Rahmat-Nya untuk kita semuanya, Amiiin.   
(Adwi Seputra/12120271/12.1B.14).

Tidak ada komentar: