Selasa, 05 Juni 2012

Personil dan Pengembangan Sistem Operasi

Di dalam sebuah komputer sistem operasi sangatlah penting karena jika tidak ada sistem operasi komputer sama saja halnya sebuah rongsokan yang tidak bisa dipakai.  Sistem operasi sendiri (operating system) adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web. Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari computer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing-masing.
     Sistem informasi dapat di artikan juga sebagai suatu system terintegrasi yang mampu menyediakan informasi yang bermanfaat bagi penggunanya atau orang lain pengelola system informasi memiliki tingkatan manajemen yang telah terstruktur.
      Sistem operasi merupakan suatu perangkat lunak sistem yang bertanggung jawab untuk mengendalikan langsung dan mengelola perangkat keras dan pengoperasian dasar sistem, termasuk juga menjalankan bermacam aplikasi di atasnya misalnya pengolah kata atau perambah website. Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.
Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
1. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
2. Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
3. Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
4. Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar      yang dapat dipanggil     oleh aplikasi lain
5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk    mengontrol mereka.
     Sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu, tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru, mengizinkan beberapa aplikasi yang berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem Operasi seperti itu disebut sebagai Multi-tasking Operating System.
Sistem Informasi memiliki komponen fisik,seperti :
1.     Perangkat Keras Komputer
2.     Perangkat Lunak Komputer
3.     Basis Data
4.     Prosedur
5.     Personil untuk pengelolaan operasi
     Pengelola system informasi terorganisasi dalam suatu struktur manajemen.oleh karenanya  jenis system informasi dan jumlah orang yang diperlukan sesuai dengan level manajemennya. Sebagaimana diketahui,salah satu komponen suatu system informasi adalah manusia ,sumber daya manusia menjadi komponen system informasi.
     Pengembangan system merupakan penyusunan system yang baru untuk menggantikan system yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki system yang telah ada.Pengembangan suatu operasi system tentunya harus didukung oleh para personal yang ahli dalam bidangnya.
     Tekhnologi informasi sangat diperlukan untuk meningkatkan penyediaan informasi agar dapat mendukung proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh manajemen.
     Tingkatan manajemen adalah tingkatan perencanaan strategis ,seperti Direktur dan wakil Direktur.Manajer tingkat menengah meliputi mencakup Manajer wilayah , Direktur Produk dan Kepala Devisi dinamakan pengendalian manajemen.sedangkan Manajer tingkat bawah mencakup kepala department ,dan pimpinan proyek yang bertanggung jawab pada pelaksanaan rencana-rencana tingkat yang lebih tinggi yang disebut tingkat pengendalian operasional.
     Untuk bisa mendapatkan peluang/kesempatan dalam persaingan pasar yang ketat,kecepatan serta ketepatan informasi sangat diperlukan untuk  menentukan berhasil atau tidaknya strategi dan pengembangan suatu system informasi.
(Hidayaturrohmah/11.2A.14/11110886)

Tidak ada komentar: