Kamis, 07 Juni 2012

Pengertian Manajemen

Menurut George .R. Terry, manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang nyata.
Manajemen sebagai “proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan : perencanaan, pengorganisasian, menggerkan dan pengawasan yang dialkukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia serta sumber-sumber lain”. (George R. Terry, Ph.D)

George R. Terry memberikan pengertian bahwa :
“Manajemen adalah suatu proses yang berbeda terdiri dari planning, organizing, actuating, dan controling yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang ditentukan dengan menggunakan manusia dan sumber daya lainnya. Dengan kata lain, berbagai jenis kegiatan yang berbeda itulah yang membentuk manajemen sebagai suatu proses yang tidak dapat dipisah-pisahkan dan sangat erat hubungannya.” (Yayat M. Herujito , 2001: 3

Sebenarnya teori GR Terry inilah yang paling mudah diingat.
P O A C
Planning, Organizing, Actuating, Controlling
Planning --> perencanaan
Organizing --> Pengorganisasian atau pembagian tugas
Actuating --> Pelaksanaan
Controlling --> Pengontrolan/Pengawasan

Menurut GR Terry
manajemen adalah suatu proses tertentu yang terdiri dari POAC yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan menggunakan manusia dan sumber daya lain. suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang nyata. Manajemen juiga adalah suatu ilmu pengetahuan maupun seni. Seni adalah suatu pengetahuan bagaimana mencapai hasil yang diinginkan atau dalm kata lain seni adalah kecakapan yang diperoleh dari pengalaman, pengamatan dan pelajaran serta kemampuan untuk menggunakan pengetahuan manajemen.

Menurut G. R. Terry dalam bukunya, Principle of Management :
• Koordinasi adalah suatu usaha yang sinkron / teratur untuk menyediakan jumlah dan waktu yang tepat dan mengarahkan pelaksanaan untuk menghasilkan suatu tindakan yang
seragam dan harmonis pada sasaran yang telah ditentukan.
Menurut tinjauan manajemen, koordinasi menurut Terry meliputi :
1. Jumlah usaha baik secara kuantitatif, maupun secara kualitatif
2. Waktu yang tepat dari usaha-usaha tersebut
3. Directing atau penentuan arah usaha-usaha tersebut
• Wewenang adalah kekuasaan resmi dan kekuasaan pejabat untuk menyuruh pihak lain supaya bertindak dan taat kepada pihak yang memiliki wewenang itu

Fungsi-fungsi manajemen menurut George R.Terry:
Ada 4 yaitu :
1.perencanaan(planning)
a.menjelaskan,,emantapkan dan memastikan tujuan yang di capai.
b.meramalkan keadaan untuk yang akan datang.
c.memperkirakan kondisi pekerjaan yang di lakukan.
d.memilih tugas yang sesuai untuk pencapaian tujuan .
e.membuat rencana secara menyeluruh dengan menekankan kreativitas.
f.membuat kebijaksanaan,prosedur,standar&metode untuk pelaksanaan kerja.
g.mengubah rencana sesuai dengan petunjuk dan hasil pengawasan.
h.membiarkan peristiwa dan kemungkinan akan terjadi.
2.pengorganisasian (organizing)
a.membagi pekerjaan ke dalam tugas-tugas operasional.
b.Mengelompokan tugas-tugas  ke dalam posisi secara operasional.
c.menggabungkan jabatan operasional ke dalam unit yang berkaitan.
d.memilih dan menempatkan orang untuk pekerjaan sesuai.
e.menjelaskan persyaratan dari tiap jabatan.
f.menyesuaikan wewenang  dan tanggung  jawab dari tiap anggota.
g.menyediakan berbagai fasilitas untuk pegawai.
h.menyelaraskan organisasi sesuai petunjuk hasil pengawasan.
3.penggerakan(actuating)
a.Melakukan partisipasi terhadap keputusan tindakan dan perbuatan.
 b.mengarahkan orang lain dalam bekerja.
c.memotivasi anggota.
d.berkomunikasi secara efektip.
e.meningkatkan anggota agar memahami potensinya secara penuh.
f.memberi imalan penghargaan yang sesuai terhadap pekerja.
g.memcukupi keperluan pegawai sesuai dengan kegiatan pekerjaannya.
h.berusaha memperbaiki pengarahan sesuai petunjuk pengawasan.
4.pengendalian(controlling)
a.membandingkan hasil pekerjaan dengan rencana secara keseluruhan
b.menilai hasil pekerjaan dengan standar hasil kerja.
c.membuat media pelaksanaan secara tepat.
d.memberitahukan media pengukur pekerjaan.
e.memindahkan data secara rinci untuk melihat perbandingan & penyimpangannya.
f.membuat saran dan tindakan perbaikan.
g.memberitahukan anggota yang bertanggungjawab terhadap pemberian penjelasan.
h.melaksanakan pengawasan sesuai dengan petunjuk hasil pengawasan.

Kegiatan dalam Fungsi Pengawasan dan Pengendalian antara lain :
• Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan. Hal ini harus secara rutin dilakukan supaya terlihat pada point mana target yang telah tercapai dan target yang belum tercapai sehingga dapat diambil langkah penyelesaian.
• Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan. Langkah ini harus selalu dilakukan agar setiap kesalahan yang ada dapat segera diperbaiki.
• Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis. (ANITA CHRISMAWATI SIRWINDANI/12118433/12.1A.14)
                                  

2 komentar:

tataa sadewa mengatakan...

kakak.punya biografiny G.R
Terry nggak,aku dpt tugas
10jam utk mengumpulkan biografinya.tapi sudah bingung nyarinya
dimana..aku boleh minta??

Afif kamal mengatakan...

wahh pak terimakasih sekali ya infonya, sangat bermanfaat.