Selasa, 12 Juni 2012

Elemen-elemen dan Karakteristik Sistem


ELEMEN – ELEMEN DAN KARAKTERISTIK SISTEM

A. Elemen Sistem
Beberapa elemen atau unsur yang membentuk sebuah sistem, yaitu :
          Tujuan (goal). Setiap sistem memiliki tujuan. Tujuan bisa lebih dari satu. Tujuan inilah yang menjadi daya dorong atau motivasi yang mengarahkan ke arah mana sistem bergerak. Tujuan antara satu sistem dengan sistem yang lain berbeda termasuk berlaku juga dalam sistem informasi.
Sekalipun tujuan dari setiap sistem berbeda, secara umum ada tiga macam tujuan utama (Hall, 2001), yaitu :
·         Untuk mendukung fungsi kepengurusan manajemen
·         Untuk mendukung pengambilan keputusan manajemen
·         Untuk mendukung kegiatan operasi perusahaan
Secara khusus, tujuan sistem informasi bergantung pada kegiatan yang ditangani. Namun, kecenderungan pengguna sistem informasi lebih ditunjukan pada usaha menuju eunggulan kompetitif, yaitu mampu bersaing dan mengungguli pesaing.
          Masukan (input). Adalah segala sesuatu yang masuk kedalam sistem dan selanjutnya menjadi bahan untuk di proses.
          Proses. Merupakan bagian yang melakukan perubahan atau transformasi dari masukan menjadi keluaran yang berguna.
          Keluaran (output). Merupakan hasil dari pemrosesan yang bisa berupa suatu informasi, saran, cetakan laporan dan lain – lain.
          Mekanisme pengendalian dan Umpan balik. Mekanisme pengendalian dilakukan dengan menggunakan umpan balik (feedback) dari keluaran.
          Batas (boundary). Adalah pemisahan antara sistem dan daerah diluar sistem (lingkungan). Batas sistem menentukan konfigurasi, ruang lingkup atau kemampuan sistem.
B. Karakteristik Sistem
Suatu sistem memiliki karakter atau sifat –sifat tertentu yang mencirikan suatu sistem. Karakteristik juga menggambarkan sistem secara logis. Adapun karakteristik – karakteristik sistem tersebut adalah, sebagai berikut :
1)   Komponen – komponen Sistem (components system). Komponen – komponen sistem dapat berupa suatu subsistem atau bagian – bagian dari sistem. Di mana setiap sistem memiliki sifat – sifat dari sistem dan menjalankan fungsi tertentu dari sistem. Subsistem yang menjalankan fungsi tertentu tersebut dapat mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan.
2)   Lingkungan luar Sistem  (environment system). Lingkungan luar dari suatu sistem adalah apapun yang berada diluar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem. Lingkungan luar sistem dapat berupa sesuatu yang menguntungkan dan merugikan.
3)   Batasan Sistem (boundary). Batasan sistem merupakan daerah yang dibatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dibatasi dengan lingkungan luarnya. Batasan sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai satu kesatuan. Batasan sistem menunjukan ruang lingkup dari sistem tersebut.
4)   Penghubung Sistem (iterface system). Penghubung atau jalinan sistem merupakan media penghubung antara satu subsistem satu dengan subsistem lainnya. Kegunaan dari penghubung sistem adalah:
·         Memungkinkan sumber – sumber daya dapat mengalir dari subsistem yang satu ke subsistem yang lainnya.
·         Keluaran dari subsistem menjadi masukan untuk subsistem yang lainnya melalui media penghubung.
·         Satu subsistem dapat berintegrasi dengan subsistem yang lainnya membentuk satu kesatuan.
5)   Masukan Sistem (input system). Masukan merupakan energi yang dimasukan kedalam sistem. Masukan dapat berupa masukan perawatan (maintenance input) dan masukan signal (signal input).
·         Masukan perawatan. Merupakan energi yang dimasukkan agar sistem tersebut beroperasi. Contoh: program komputer
·         Masukan signal. Merupakan energi yang dimasukan agar didapatkan keluaran (output). Contoh: nformasi
6)   Pengolahan Sistem (process system). Suatu sistem harus memiliki suatu perangkat yang bertugas mengolah. Bagian pengolahan ini yang akan mengubah masukan menjadi keluaran. Sebagai contohnya adalah sistem produksi akan mengolah masukan berupa bahan baku dan barang – barang lainnya menjadi barang jadi.
7)   Keluaran Sistem (output system). Keluaran adalah hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan berupa sisa pembuangan. Keluaran dapat menjadi masukan untuk subsistem yang lainnya atau kepada sistem.
8)   Sasaran dan Tujuan (objective and goal system). Tujuan dan sasaran adalah merupakan sesuatu yang harus dimiliki sistem. Sasaran dari sistem menentukan sekali masuka yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang dihasilkan sistem. Suatu sistem dikatakan berhasil jika mengenai sasaran atau tujuannya.
Sumber : Buku Sistem Informasi Manajemen


(Rinda Mustika Dewi/11110578/11.2A.14)


Tidak ada komentar: