Senin, 11 Juni 2012

VISI DAN MISI ORGANISASI


Devinisi Visi Dan Misi.
1.Visi(vision).
Menurut Wibisono(2006,p.43)visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi/perusahaan yang ingin dicapai di masa depan.Atau boleh dikatakan  Visi adalah want to be organisasi.
Menurut Kolter yang dikutip Nawawi(2000:122)Visi adalah peryataan tentang tujuan organisasi yang diekpresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan,kebutuhan yang dapat ditanggulangi,kelompok masyarakat yang dilayani,nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita-cita massa depan.
Menurut Burt Nanus visi sebagai gambaran masa depan suatu individu ,kelaompok maupun organisasi yang reliastis,kredibel dan kreatif.Visi pribadi merupakan gambaran harapan/cita-cita seseorang yang timbul dari perhatian yang mendalam terhadap sesuatu yang diyakininya baik yang mendorong timbulnya komitmen yang tinggi pada dirinya.

2.Misi(mission).
Misi adalah apa sebabnya kita ada(why we exist/what we believe we can do).
Menurut Prasetyo dan Benidicta(2004:8)di dalam  misi produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan,pasar yang dilayani dan teknologi yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam pasar tersebut.Pernyataan misi harus mampu menentukan kebutuhan apa yang dipuasi oleh perusahaan,siapa yang memiliki kebutuhan tersebut,dimana mereka berada dan bagaimana pemuasan tersebut dilakukan.
Menurut Drucker(2000:87)misi merupakan alasan mendasar extensi suatu organisasi.
Menurut Wheelen yang dikutip oleh wibisono(2006,p.46-47)misi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan atau alasan existensi organisasi yang memuat apa yang disediakan perusahaan kepada masyarakat,baik berupa produk ataupun jasa. Misi adalah pengaturan komprehensif dan singkat mengenai tujuan suatu organisasi.
Menurut impress No.7/1999 misi adalah sesuatu yang diemban dan dilaksanakan semua instansi pemerintah sessuai yang ditetapkan agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik.

KESIMPULAN .
Menurut  Sandra Vandermerwe Visi adalah keinginan suatu institusi menjadi apa,Misi merupakan apa yang harus dilakukan untuk mencapai visi tersebut.
Visi adalah cita-cita atau impian organisasi atau perusahaan yang ingian dicapai di masa depan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang.
Misi adalah peryataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh organisasi dalam usaha mewujudkan visinya.

*Contoh Visi dan Misi perusahaan.
1.Bank BNI.
Visi BNI.
Menjadi bank kebanggaan nasional yang unggul,terkemuka dan terdepan dalam layanan dan linerja.
Misi BNI.
·         Memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada seluruh nasabah.
·         Meningkatkan nilai investasi yang unggul bagi investor.
·         Menciptakan kondisi terbaik sebagai tempat kebanggaan untuk berkarya dan berprestasi.
·         Meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan social.
·         Menjadi acuan pelaksanaan kepetuhan dan tata kelola perusahaan yang baik.
2.RCTI.
Visi
Media Utama Hiburan dan Informasi.
Misi
Bersama menyediakan layanan prima,dengan interaksi kerja di prusahaan lebih mengutamakan kebersamaan sebagai sebuah tim kerja yang kuat.
Hal ini memungkinkan seluruh komponen perusahaan mulai level teratas sampai level bawah mampu bersama-sama terstimulasi,terkoordinasi dan tersistemasi memberikan karya terbaiknya demi mewujudkan pelayanan terbaik.
 Sumber:
(WAHYU SEPTIAWAN/12114799/12.2A.14)

Tidak ada komentar: