Devinisi Visi Dan Misi.
1.Visi(vision).
Menurut
Wibisono(2006,p.43)visi merupakan rangkaian kalimat yang
menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi/perusahaan yang ingin
dicapai di masa depan.Atau boleh dikatakan
Visi adalah want to be organisasi.
Menurut
Kolter yang dikutip Nawawi(2000:122)Visi adalah peryataan
tentang tujuan organisasi yang diekpresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan,kebutuhan yang dapat
ditanggulangi,kelompok masyarakat yang dilayani,nilai-nilai yang diperoleh
serta aspirasi dan cita-cita massa depan.
Menurut
Burt Nanus visi sebagai gambaran masa depan suatu individu
,kelaompok maupun organisasi yang reliastis,kredibel dan kreatif.Visi pribadi
merupakan gambaran harapan/cita-cita seseorang yang timbul dari perhatian yang
mendalam terhadap sesuatu yang diyakininya baik yang mendorong timbulnya
komitmen yang tinggi pada dirinya.
2.Misi(mission).
Misi
adalah apa sebabnya kita ada(why we exist/what we believe we can do).
Menurut
Prasetyo dan Benidicta(2004:8)di dalam misi produk dan jasa yang dihasilkan oleh
perusahaan,pasar yang dilayani dan teknologi yang digunakan untuk memenuhi
kebutuhan pelanggan dalam pasar tersebut.Pernyataan misi harus mampu menentukan kebutuhan apa yang dipuasi oleh perusahaan,siapa yang memiliki kebutuhan tersebut,dimana mereka berada dan bagaimana pemuasan tersebut dilakukan.
Menurut
Drucker(2000:87)misi merupakan alasan mendasar extensi
suatu organisasi.
Menurut Wheelen yang dikutip oleh wibisono(2006,p.46-47)misi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan atau alasan existensi organisasi yang memuat apa yang disediakan perusahaan kepada masyarakat,baik berupa produk ataupun jasa. Misi adalah
pengaturan komprehensif dan singkat mengenai tujuan suatu organisasi.
Menurut impress No.7/1999 misi adalah sesuatu yang
diemban dan dilaksanakan semua instansi pemerintah sessuai yang ditetapkan agar
tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik.
KESIMPULAN
.
Menurut
Sandra Vandermerwe Visi adalah keinginan suatu institusi menjadi
apa,Misi merupakan apa yang harus dilakukan untuk mencapai visi tersebut.
Visi adalah cita-cita atau impian organisasi atau
perusahaan yang ingian dicapai di masa depan untuk menjamin kelestarian dan
kesuksesan jangka panjang.
Misi adalah peryataan tentang apa yang harus
dikerjakan oleh organisasi dalam usaha mewujudkan visinya.
*Contoh Visi
dan Misi perusahaan.
1.Bank
BNI.
Visi BNI.
Menjadi bank kebanggaan nasional yang
unggul,terkemuka dan terdepan dalam layanan dan linerja.
Misi BNI.
·
Memberikan layanan prima dan solusi yang
bernilai tambah kepada seluruh nasabah.
·
Meningkatkan nilai investasi yang unggul
bagi investor.
·
Menciptakan kondisi terbaik sebagai
tempat kebanggaan untuk berkarya dan berprestasi.
·
Meningkatkan kepedulian dan tanggung
jawab terhadap lingkungan social.
·
Menjadi acuan pelaksanaan kepetuhan dan
tata kelola perusahaan yang baik.
2.RCTI.
Visi
Media Utama Hiburan dan Informasi.
Misi
Bersama menyediakan layanan prima,dengan interaksi
kerja di prusahaan lebih mengutamakan kebersamaan sebagai sebuah tim kerja yang
kuat.
Hal ini memungkinkan seluruh komponen perusahaan
mulai level teratas sampai level bawah mampu bersama-sama terstimulasi,terkoordinasi
dan tersistemasi memberikan karya terbaiknya demi mewujudkan pelayanan
terbaik.
Sumber:
- http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/10/devinisi-visi-misi-dan-strategi-dan.html.
- http://id.shvoong.com/law-and-poltics/public-adminitration/2204648-pengertian-visi-misi/#ixzzlx0YGzPCF.
- http://maulanusantara.wordpress.com/about/visi-dan-misi-organisasi/.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar