Kamis, 21 Juni 2012

PERINGKASAN DATA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

Akuntansi merupakan sistem informasi karena fungsinya yang mengolah data yang berupa data transaksi menjadi informasi keuangan yang berguna untuk pengambilan keputusan. Karena akuntansi memiliki fungsi sebagai sistem informasi, maka sering disebut sebagai sistem informasi akuntansi.
Informasi keuangan yang dihasilkan oleh sistem informasi akuntansi dapat berupa informasi akuntansi keuangan dan informasi akuntansi manajemen. Informasi akuntansi keuangan berupa laporan keuangan yang berguna untuk pengambilan keputusan bagi pihak di luar perusahaan yang mempunyai kepentingan terhadap perusahaan. Informasi akuntansi manajemen yaitu informasi yang diperlukan oleh manajemen untuk pengambilan keputusan. Karena informasi yang digunakan oleh manajemen terfokus pada biaya maka sering juga disebut dengan akuntansi biaya.
Pengelolaan transaksi dapat dikerjakan secara manual atau menggunakan komputer. Penggunaan komputer tidak merubah hakikat dari sistem informasi akuntansi, tetapi hanya merubah cara pengolahan transaksi menjadi laporan. Pengolahan data dengan bantuan komputer dapat lebih akurat dan tuntutan kebutuhan informasi dapat segera terpenuhi.
Tujuan sistem informasi akuntansi adalah untuk menyediakan informasi yang diperlukan dalam pengambilan keputusan yang dilaksanakan oleh aktivitas yang disebut pemrosesan informasi. Sebagian dari keluaran yang diperlukan oleh pemroses informasi disediakan oleh sistem pemrosesan transaksi, seperti laporan keuangan dari sistem pemrosesan transaksi. Pengguna utama pemrosesan transaksi adalah manajer perusahaan. Mereka mempunyai tanggung jawab pokok untuk mengambil keputusan yang berkenaan dengan perencanaan dan pengendalian operasi perusahaan. Pengguna output lainnya adalah para karyawan penting seperti akuntan, insinyur serta pihak luar seperti investor dan kreditor.
Data dan Informasi Akuntansi Setiap sistem informasi akuntansi melaksanakan lima fungsi utama, yaitu pengumpulan data, pemrosesan data, manajemen data, pengendalian data (termasuk security), dan penghasil informasi. >>POPY MARETHA PUTRI/11111910/11.2A.14

Tidak ada komentar: