Setiap
mausia, organisasi dan suatu kegiatan membutuhkan yang namanya manajemen, untuk
mengatur dan mengarahkan agar bentuk kegiatan tersebut menjadi seperti yang
di inginkan, dan di bawah ini adalah manajemen menurut T.H. Handoko :
“Manajemen
adalah suatu proses
perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi
dan penggunaan sumber daya-sumber daya
organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.”
Dari
pengertian manajemen di atas dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah
suatu proses bekerja untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya
secara efektif danefisien dengan menggunakan orang-orang melalui fungsi
perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian dengan memanfaatkan
sumber daya-sumber daya yang tersedia.
Mengapa Manajemen Dibutuhkan?
Ada
tiga alasan utama mengapa manajemen diperlukan :
11. Untuk mencapai tujuan.
22. Untuk menjaga keseimbangan diantara
tujuan-tujuan yang saling bertentangan.
33. Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas
kerja organisasi.
Efisiensi
adalah kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar,sedangkan
Efektivitas merupakan kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat atauperalatan
yang tepat untuk pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. Menurut ahli
manajemen Peter Drucker efektivitas adalah melakukan pekerjaan yang benar(doing
the right things), sedang efisiensi adalah melakukan pekerjaan dengan benar
(doing things right).
Aplikasi-aplikasi yang berbeda dari
istilah Manajemen
Ada
empat aplikasi yang berbeda dari istilah manajemen. Istilah manajemen
dapatdigunakan untuk hal-hal yang berhubungan dengan :
1. Pengelompokan
Pekerjaan. Manajemen berarti suatu kelompok orang yang melaksanakan tugas-tugas
atau fungsi-fungsi manajerial.
2. Seorang
Individu. Individu yang melaksanakan fungsi-fungsi manajerial atau bagiandari
kelompok secara keseluruhan dapat disebut bagian manajemen.
3. Suatu
disiplin akademik. Manajemen adalah suatu bidang spesialisasi akademik,
atausuatu bidang studi.
4. Suatu
proses. Manajemen juga merupakan suatu proses; karena mencakuppelaksanaan suatu
rangkaian tipe-tipe khusus kegiatan atau fungsi
Menurut TH Handoko : manajemen
melibatkan pencapaian “tujuan-tujuan organisasi yang telah ditetapkan” (state
goals) artinya bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, mnginterpretasikan
dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi :
P = Planning ( Perencanaan )
O = Organizing ( Pengorganisasan
)
S = Staffing ( Penyusunan Personalia
)
D = Directing ( Pengarahan )
C = Controling ( Pengawasan )
L = Leading ( Kepemimpinan )
Artinya Manajemen itu
memiliki perencanaan, Pengorganisaian, Penyususnan Personalia, Pengarahan dan
Pengawasan terhadap Anggota Organisasi ( bawahan ) sehingga mencapai Tujuan
Organisasi tersebut.
(Kartika Nur Umami/12119881/12.2A.14)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar