Selasa, 05 Juni 2012

Manajemen menurut T. H. Handoko

Setiap mausia, organisasi dan suatu kegiatan membutuhkan yang namanya manajemen, untuk mengatur dan mengarahkan agar bentuk kegiatan tersebut menjadi seperti yang di inginkan, dan di bawah ini adalah manajemen menurut T.H. Handoko :
“Manajemen adalah suatu proses
perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.”
 Dari pengertian manajemen di atas dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah suatu proses bekerja untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya secara efektif danefisien dengan menggunakan orang-orang melalui fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian dengan memanfaatkan sumber daya-sumber daya yang tersedia.
Mengapa Manajemen Dibutuhkan?
Ada tiga alasan utama mengapa manajemen diperlukan :
11.   Untuk mencapai tujuan.
22. Untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan.
33.  Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas kerja organisasi.
Efisiensi adalah kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar,sedangkan Efektivitas merupakan kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat atauperalatan yang tepat untuk pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. Menurut ahli manajemen Peter Drucker efektivitas adalah melakukan pekerjaan yang benar(doing the right things), sedang efisiensi adalah melakukan pekerjaan dengan benar (doing things right).

Aplikasi-aplikasi yang berbeda dari istilah Manajemen
Ada empat aplikasi yang berbeda dari istilah manajemen. Istilah manajemen dapatdigunakan untuk hal-hal yang berhubungan dengan :
1. Pengelompokan Pekerjaan. Manajemen berarti suatu kelompok orang yang melaksanakan tugas-tugas atau fungsi-fungsi manajerial.
2. Seorang Individu. Individu yang melaksanakan fungsi-fungsi manajerial atau bagiandari kelompok secara keseluruhan dapat disebut bagian manajemen.
3. Suatu disiplin akademik. Manajemen adalah suatu bidang spesialisasi akademik, atausuatu bidang studi.
4. Suatu proses. Manajemen juga merupakan suatu proses; karena mencakuppelaksanaan suatu rangkaian tipe-tipe khusus kegiatan atau fungsi

Menurut TH Handoko : manajemen melibatkan pencapaian “tujuan-tujuan organisasi yang telah ditetapkan” (state goals) artinya bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, mnginterpretasikan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi :
P = Planning ( Perencanaan )
O = Organizing ( Pengorganisasan )
S = Staffing ( Penyusunan Personalia )
D = Directing ( Pengarahan )
C = Controling ( Pengawasan )
L = Leading ( Kepemimpinan )
Artinya Manajemen itu memiliki perencanaan, Pengorganisaian, Penyususnan Personalia, Pengarahan dan Pengawasan terhadap Anggota Organisasi ( bawahan ) sehingga mencapai Tujuan Organisasi tersebut.
(Kartika Nur Umami/12119881/12.2A.14)

Tidak ada komentar: