PENGERTIAN MANAJE
Manajemen dan administrasi sering dipersamakan, namun
yang jelas memang tidak dapat dipisahkan. Perlu dibedakan pengertian
Administrasi dalam arti sempit (Tata Usaha, Pekerjaan Perkantoran-Office
Work) dan Administrasi dalam arti luas (Manajemen Keseluruhan : Asas
Manajemen, Proses Manajemen, Fungsi Manajemen dan kelembagaan).
Dengan demikian manajemen adalah pokok atau inti dari
administrasi, sedang inti atau fokus manajemen adalah kepemimpinan.
Kepemimpinan sendiri kekuatannya terletak pada penggerakkan pelaksanaan.
Pemimpin atau manajer yang sukses pada dasarnya adalah orang yang
mampu menggerakkan orang lain dengan berkomunikasi, memotivasi dan
berhubungan secara manusiawi, untuk mencapai tujuan yang dikehendaki.
Oleh karenanya penyajian tentang manajemen akan lebih lengkap disertai
dengan teori kepemimpinan.
Manajemen hendaknya disadari bahwa ilmu ini adalah alat
dan bukan tujuan organisasi; sekaligus dalam alam pikiran kita tertera
antara lain fungsi manajemen, unsur manajemen, asas/prinsip organisasi (manajemen), teknik manajemen, dan berkaitan dengan kepemimpinan (managerial atau leadersip).
Manajemen pada dasarnya adalah ilmu yang menerapkan
berbagai disiplin ilmu karena menjelaskan konsep yang fundamental
bagaimana mengelola sumber daya (manusia, metode, mesin, uang) guna mencapai tujuan organisasi yang diharapkan.
Kita perlu memahami apa arti manajemen,
untuk mengetahui bagaimana mengembangkan keterampilan dan pengetahuan
seorang manajer dalam mengelola sebuah departemen atau sebuah
Perusahaan.
Ada berbagai pengertian manajemen yang dapat dijumpai di kepustakaan. Pengertian Klasik dari Mary Parker Follet
menyebutkan bahwa manajemen adalah suatu seni dalam menyelesaikan
pekerjaan melalui orang lain. Pengertian manajemen dari sisi lain oleh
George Terry menyebutkan pada dasarnya menyatakan bahwa manajemen
terdiri dari Planning, Organizing, Actuating dan Controlling (POAC).
Stoner Memberi Pengertian bahwa manajemen adalah proses perencanaan,
pengorganisasian, memimpin dan mengawasi usaha-usaha dari anggota
organisasi dan sumber organisasi lainnya untuk mencapai tujuan
organisasi yang telah ditetapkan. Longest (1978) menyatakan bahwa
manajemen adalah suatu proses yang melibatkan hubungan interpersonal
dan teknologi, yang akan digunakan untuk mencapai seluruh atau
setidaknya sebagian tujuan organisasi dengan menggunakan tenaga manusia
yang ada serta sumber daya lain dan teknologi yang tersedia.
John D. Miller, menyatakan manajemen adalah proses
pengarahan dan pemberian fasilitas kerja orang yang diorganisasikan
dalam kelompok formal untuk mencapai tujuan yang dikehendaki.
Baru-baru ini ahli teori manajemen terkemuka, Peter Drucker menyatakan
bahwa pekerjaan manajer adalah untuk memberikan arahan kepada
organisasi, memimpin, dan memutuskan bagaimana harusnya menggunakan
sumber daya untuk mencapai tujuan tertentu. Slamet Mulyadi/18111118/12.2A.14
| |||
Sabtu, 16 Juni 2012
Manajemen menurut John D.Miller
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar