Kamis, 14 Juni 2012

Manajemen munurut H.B Siswanto

Menurut H.B Siswanto Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemotivasian, dan pengendalian terhadap orang dan mekanisme kerja untuk mencapai tujuan. Tujuan manajemen menurut H.B. Siswanto adalah sesuatu yang ingin direalisasikan, yang menggambarkan cakupan tertentu dan menyarankan pengarahan kepada usaha seorang manajer.

Berdasarkan pengertian di atas, maka dapat diambil minimal empat elemen pokok sebagai berikut:
1.Sesuatu yang ingin direalisasikan (goal)
2.Cakupan (scope)
3.Ketepatan (definitness)
4.Pengarahan (direction)

Menurut cakupan kegiatannya, Siswanto membagi manajer menjadi 4 kelompok :
1.       Dewan direksi. Mengelola organisasi secara keseluruhan.
2.       Presiden organisasi. Mengelola para manajer agar terdapat kesatuan gerak dan tindakan.
3.       Departemen atau kepala divisi. Mengelola bawahan yang meliputi spesialisasi masing-masing.
4.       Manajer hierarki pertama. Pekerjaannya sesuai dengan tujuan organisasi.

Elemen-Elemen dasar manajemen
Elemen Fungsi
  1. Perencanaan yaitu proses dan rangkaian kegiatan untuk menentapkan tujuan terlebih dahulu pada jangka waktu periode tertentu serta tahapan/langkah-langkah yang harus di tempuh untuk mencapai tujuan tersebut.
  2. Pengorganisasian yaitu suatu proses rangkaian dan kegiatan dalam pembagian kerja yang di rencanakan untuk di selesaikan oleh anggota kelompok pekerjaan, penetuan hubungan pekerjan yang baik diantara mereka, serta pemberian lingkungan, dan fasilitas yang kondusif.
  3. Pengarahan yaitu suatu rangkaian kegiatan untuk memberikan petunjuk dan intruksi dari seorang atasan kepada bawahan atau kepada orang yang diorganisasikan dalam kelompok formal dan untuk mencapai tujuan bersama.
  4. Pemotivasian yaitu suatu proses dan rangkaian kegiatan yang di lakukan oleh seorang atasan dalam memberikan inspirasi, semangat, dan kegairahan kerja serta dorongan kepada bawahan untuk dapat melakukan kegiatan yang semestinya.
  5. Pengendalian/ Pengawasan yaitu proses dan rangkaian kegiatan untuk mengusahakan agar suatu pekerjaan dapat di laksanakan sesuai dengan rencana yang telah di tetapkan dan tahapan yang harus di lalui . dengan demikian, apabila ada kegiatan yang tidak sesuai dengan rencana dan tahapan tersebut, diadakan suatu tindakan perbaikan (coorective actions).
Elemen Sasaran
  1. Orang yaitu mereka yang telah memenuhi syarat tertentu dan telah menjadi unsur integral dari organisasi atau badan tempat ia berkerja sama untuk mencapai tujuan.
  2. Mekanisme kerja yaitu tata cara dan tahapan yang harus di lalui orang yang mengadakan kegiatan bersama untuk mencapai tujuan.
Elemen Tujuan
Yaitu hasil akhir yang ingin kita capai atas suatu pelaksaan kegiatan. Dalam arti luas, tujuan mengandung hal seperti objective, purpose, mission, deadline, standart, target, dan quota. tujuan merupakan rangkaian dalam proses perencanaan dan juga merupakan elemen-elemen penting dalam proses pengendalian. >>Ahmad Syahroni/12.2A.14/12112708

Tidak ada komentar: