Kamis, 07 Juni 2012

Pengertian Manajemen

Dari sudut istilah manajemen berasal dari kata kerja "manaje" kata ini menurut kamus the random house dictionary of the English Language, college edition, berasal dari bahasa Italia "manegg (iare)" yang bersumber pada perkataan latin "manus" yang berarti "tangan". Secara harfiah manegg (iare) berarti "menangani atau melatih kuda", sementara secara maknawiah berarti "memimpin membimbing atau mengatur". Ada juga yang berpendapat bahwa manajemen berasal dari kata kerja bahasa Inggris "to manage" yang sinonim dengan to hand, to control, dan to guide (mengurus, memeriksa dan memimpin). Untuk itu dari asal kata ini manajemen dapat di artikan pengurusan, pengendalian, memimpin, atau membimbing.

Pengertian manajemen juga dapat kita lihat di beberapa sumber yang cukup terkenal. Secara universal manajemen adalah penggunaan sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran dan kinerja yang tinggi  dalam berbagai  tipe organisasi profit maupun non profit. Pengertian manajemen menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah "pengguna secara efektif untuk mencapai sasaran" atau "pimpinan yang bertanggung jawab atas jalannya perusahaan dan organisasi".

Selanjutnya pengertian manajemen menurut beberapa ahli, yang pertama yaitu menurut Federick Winslow Taylor manajemen adalah suatu percobaan yang sungguh-sungguh untuk menghadapi setiap persoalan yang timbul dalam pimpinan perusahaan (dan organisasi lain) atau setiap sistem kerjasama manusia dengan sikap dan jiwa seorang sarjana dan dengan menggunakan alat-alat perumusan. Yang kedua yaitu menurut Prof. Eiji Ogawa manajemen adalah perencanaan, pengimplementasian dan pengendalian kegiatan-kegiatan termasuk sistem pembuatan barang yang dilakukan oleh organisasi usaha dengan terlebih dahulu telah menetapkan sasaran-sasaran untuk kerja yang dapat disempurnakan sesuai dengan kondisi lingkungan yang berubah. Sedangkan menurut Mary Parker Follet manajemen adalah suatu seni, karena untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain dibutuhkan keterampilan khusus.
Plunket dkk.(2005:5) mendefinisikan manajemen sebagai  "One or more managers individually and collectively setting and achieving goals by exercising related fungtions (planning organizing staffing leading and controlling) and coordinating various risources (information materials money and people)". Pendapat tersebut kurang lebih mempunyai arti bahwa manajemen merupakan satu atau lebih manajer yang secara individu maupun bersama-sama menyusun dan mencapai tujuan organisasi dengan melakukan fungsi-fungsi terkait (perencanaan pengorganisasian penyusunan staff pengarahan dan pengawasan) dan mengkoordinasi berbagai sumber daya (informasi material uang dan orang).

Dengan demikian dapat di pahami bahwa manajemen adalah sebuah proses yang khas terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan pengawasan serta evaluasi yang dilakukan pihak pengelola organisasi untuk mencapai tujuan bersama dengan keterampilan khusus dan memberdayakan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya. (ELSA WULANDITA ROSIANTY / 11111326 / 11.2A.14)

Tidak ada komentar: