Selasa, 05 Juni 2012

Manajemen, Manajer dan Kepemimpinan


A. Definisi Manajemen
1. Tiga definisi manajemen :a. Manajemen adalah proses penggunaan sumber daya organisasi denganmenggunakan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi secaraefisien dan efektif. (Wibowo, 2008:2).b. Manajemen adalah suatu proses pencapaian tujuan organisais lewatusaha orang-orang lain. (Mifta, 2007:8)c. Manajemen pada dasarnya merupakan suatu seni atau proses dalammenyelesaikan sesuatu yang terkait dalam pencapaian tujuan. (Erniedkk, 2005:6)
2. Manajemen digunaka dalam kegiatan mengelolah kegiatan sekelompok oranguntuk mencapai tujuan dengan efisien dan efektif.
3. Definisi manajemen berdasarkan ketiga pendapat di atas bahwa manajemenadalah suatu kegiatan usaha kearah pencapaian tujuan tertentu dengan melaluikerja sama orang lain serta dengan pemamfaatan sumber-sumber lain yangtersedia untuk itu antara lain orang, uang, materi, peralatan atau mesin, metodekerja dan pemasaran
.4. Perbedaan Manajemen dan manajer adalah bahwa manajemen adalahprosesnya dari suatu kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama orang lain,sedangka Manajer adalah orangnya yang senantiasa memikirkan kegiatanpencapaian tujuan dimaksud.

B. Definisi Kepemimpinan
1. Tiga definisi kepemimpinan (leadership)

a. Kepemimpinan adalah keterampilan dan kemampuan seseorangmempengaruhi perilaku orang lain, baik yang kedudukannya lebih tinggi,setingkat maupun yang lebih rendah dari padanya, dalam berpikir danbertindak agar perilaku yang semula mungkin individualistik danegosentrik berubah menjadi perilaku organizasional (Siagian, 1982:12)

b. Kepemimpinan menyangkut sebuah proses mempengaruhi sosialdengan pengaruh yang disengaja digunakan oleh seseorang terhadaporang lain untuk menstruktur kegiatan-kegiatan dan hubungan-hubungandalam sebuah kelompok atau organisasi. (Gary Yulk, 1998:815)

c. Kepemimpinan sebagai proses menggerakkan dan mempengaruhi oranglain untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. (Pangewa, 1989:18)

2. Cara kepemimpinan diterapkan adalah dengan menjaga integritas individusehingga mampu memancarkan pengaruh dan wibawa sedemikian rupansehingga orang lain mau melakukan apa yang dikehendaki, dengan cara atautaktik tertentu sehingga orang lain bersedia digerakkan atau dipengaruhi untukmencapai tujuan tertentu.

3. Definisi kepemimpinan berdasarkan ketiga pendapat di atas bahwakepemimpinan adalah proses mempengaruhi dan menggerakkan orang laindengan sengaja untuk menapai tujuan yang telah ditentukan.
C.
Perbedaan manajemen dan kepemimpinan adalah Kemimpinan terjadi setiap saatdan di mana pun asalkan ada seseorang yang berusaha untuk mempengaruhiperilaku orang lain atau kelompok, tanpa mengindahkan bentuk alasannya.

Kepemimpinan dapat dipergunakan setiap orang dan tidak hanya terbatas berlakudalam suatu organisasi atau kantor tertentu, tidak harus dibatasi oleh aturar-aturanatau tatakrama birokrasi. Kepemimpinan tidak harus diikat dalam suatu organisasitertentu. Kepemimpinan.bisa terjadi di mana saja, asalkan seseorangmenunjukkan kemampuannya mempengaruhi perilaku orang-orang lain kearahtercapainya suatu tujuan tertentu

Manajemen terjadi bila mana pengertian kepemimpinan dibatasi olehtatakrama birokrasi atau dikaitkan terjadinya dalam suatu organisasi tertentu,maka dinamakan manajemen, Fungsi-fungsi seperti perencanaan, pengaturan,motivasi dan pengendalian senantiasa ada di dalamnya

Jadi dapat terjadi seorang manajer berperilaku sebagai seorang pemimpin,asalkan dia mampu mempengaruhi perilaku orang lain untuk mencapai tujuantertentu. Tetapi seorang pemimpin belum tentu harus menyandang jabatanmanajer untuk mempengaruhi perilaku orang lain. Dengan kata lain seorangleader atau pemimpin belum tentu seorang manajer, tetapi seorang manajer bisaberperilaku sebagai seorang leader atau pemimpin. (Suhendra/18111136/12.2A.14)

2 komentar:

Akmal Dirgantara mengatakan...

Thanks pak,
lumayan buat tugas PR saya :D

UII Official mengatakan...

Terimakasih atas informasinya, sangat membantu.
salam kenal dari saya mahasiswa fakultas Ekonomi :)