1. Tiga definisi manajemen :a. Manajemen adalah proses penggunaan sumber
daya organisasi denganmenggunakan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi
secaraefisien dan efektif. (Wibowo, 2008:2).b. Manajemen adalah suatu proses
pencapaian tujuan organisais lewatusaha orang-orang lain. (Mifta, 2007:8)c.
Manajemen pada dasarnya merupakan suatu seni atau proses dalammenyelesaikan
sesuatu yang terkait dalam pencapaian tujuan. (Erniedkk, 2005:6)
2. Manajemen digunaka dalam kegiatan mengelolah kegiatan sekelompok oranguntuk
mencapai tujuan dengan efisien dan efektif.
3. Definisi manajemen berdasarkan ketiga pendapat di atas bahwa manajemenadalah
suatu kegiatan usaha kearah pencapaian tujuan tertentu dengan melaluikerja sama
orang lain serta dengan pemamfaatan sumber-sumber lain yangtersedia untuk itu
antara lain orang, uang, materi, peralatan atau mesin, metodekerja dan
pemasaran
.4. Perbedaan Manajemen dan manajer adalah bahwa manajemen adalahprosesnya
dari suatu kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama orang lain,sedangka
Manajer adalah orangnya yang senantiasa memikirkan kegiatanpencapaian tujuan
dimaksud.
B. Definisi
Kepemimpinan
1. Tiga definisi kepemimpinan (leadership)
a. Kepemimpinan adalah keterampilan dan kemampuan seseorangmempengaruhi
perilaku orang lain, baik yang kedudukannya lebih tinggi,setingkat maupun yang
lebih rendah dari padanya, dalam berpikir danbertindak agar perilaku yang
semula mungkin individualistik danegosentrik berubah menjadi perilaku
organizasional (Siagian, 1982:12)
b. Kepemimpinan menyangkut sebuah proses mempengaruhi sosialdengan pengaruh
yang disengaja digunakan oleh seseorang terhadaporang lain untuk menstruktur
kegiatan-kegiatan dan hubungan-hubungandalam sebuah kelompok atau organisasi.
(Gary Yulk, 1998:815)
c. Kepemimpinan sebagai proses menggerakkan dan mempengaruhi oranglain
untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. (Pangewa, 1989:18)
2. Cara kepemimpinan diterapkan adalah dengan menjaga integritas
individusehingga mampu memancarkan pengaruh dan wibawa sedemikian rupansehingga
orang lain mau melakukan apa yang dikehendaki, dengan cara atautaktik tertentu
sehingga orang lain bersedia digerakkan atau dipengaruhi untukmencapai tujuan
tertentu.
3. Definisi kepemimpinan berdasarkan ketiga pendapat di atas bahwakepemimpinan
adalah proses mempengaruhi dan menggerakkan orang laindengan sengaja untuk
menapai tujuan yang telah ditentukan.
C.
Perbedaan manajemen dan kepemimpinan adalah Kemimpinan terjadi setiap
saatdan di mana pun asalkan ada seseorang yang berusaha untuk
mempengaruhiperilaku orang lain atau kelompok, tanpa mengindahkan bentuk alasannya.
Kepemimpinan dapat dipergunakan setiap orang dan tidak hanya terbatas
berlakudalam suatu organisasi atau kantor tertentu, tidak harus dibatasi oleh
aturar-aturanatau tatakrama birokrasi. Kepemimpinan tidak harus diikat dalam
suatu organisasitertentu. Kepemimpinan.bisa terjadi di mana saja, asalkan
seseorangmenunjukkan kemampuannya mempengaruhi perilaku orang-orang lain
kearahtercapainya suatu tujuan tertentu
Manajemen terjadi bila mana pengertian kepemimpinan dibatasi olehtatakrama
birokrasi atau dikaitkan terjadinya dalam suatu organisasi tertentu,maka
dinamakan manajemen, Fungsi-fungsi seperti perencanaan, pengaturan,motivasi dan
pengendalian senantiasa ada di dalamnya
Jadi dapat terjadi seorang manajer berperilaku sebagai seorang
pemimpin,asalkan dia mampu mempengaruhi perilaku orang lain untuk mencapai
tujuantertentu. Tetapi seorang pemimpin belum tentu harus menyandang
jabatanmanajer untuk mempengaruhi perilaku orang lain. Dengan kata lain
seorangleader atau pemimpin belum tentu seorang manajer, tetapi seorang manajer
bisaberperilaku sebagai seorang leader atau pemimpin. (Suhendra/18111136/12.2A.14)
1 komentar:
Thanks pak,
lumayan buat tugas PR saya :D
Posting Komentar