Minggu, 17 Juni 2012

Definisi Manajemen Menurut TH.Handoko

Dalam melaksanakan kegiatan produksi diperlukan manajemen yang berguna untuk menerapkan keputusan-keputusan dalam upaya mengatur dan mengkoordinasikan  penggunaan  sumber-sumber  daya  dalam proses  produksi untuk mencapai tujuan organisai. Manajemen pada dasarnya adalah sama dalam setiap organisasi.Misalnya pada organisasi olahraga atau rukun warga dikelola tidak terlalu formal dibanding dengan oragnisasi dijalankan.Fungsi manajerial tersebut adalah universal tapi wujud kegiatan – kegiatannya berbeda tergantung pada variabelnya.Seperti dalam kasus manajemen di Jepang, di Jepang penerapan fungsi dan prinsip – prinsipnya 95% menerapkan manajemen barat, namun perbedaan yang 5 % itulah yang membuat Jepang di pandang tidak sama dengan manajemen barat. Manajemen bersifat universal dengan menggunakan kerangka ilmu pengetahuan yang sistematis mencakup kaidah – kaidah prinsip – prinsip, konsep – konsep. Ilmu pengetahuan dapat diterapkan dalam smua organisasi, perusahaan, pendidikan , dan pemerintah. Jadi jika seseorang manajer mempunyai pengetahuan dasar manajemen dan mengetahui cara – cara menerapkan pada situasi  yang ada. Dia akan melakukan fungsi – fungsi manajerial  dengan efisien dan efektif. Mengapa manajemen di butuhkan ?????
·         Untuk mencapai tujuan bersama
·         Menjaga keseimbangan di antara tujuan – tujuan yang bertentangan.
·         Untuk mencapai efisien dan fektifitas.
Sampai saat ini belum ada definisi manajemen  yang dapat diterima secara universal. Pengertian manajemen menurut James AF Stoner, yang dialih bahasakan oleh T.HaniHandoko, sebagai berikut :“Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.”
 Dari pengertian manajemen di atas dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah “suatu proses bekerja untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya secara efektif dan efisien dengan menggunakan orang-orang melalui fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian dengan memanfaatkan sumber daya-sumber daya yang tersedia”.
Demikianlah telah saya jelaskan definisi manajemen menurut T.H.Handoko apabila masih ada yang kurang dari paparan di atas, teman – teman bisa membaca buku karangan T. H. Handoko agar lebih jelasnya....>>Atik Wahyuni/18112060/12.2E.14

Tidak ada komentar: